Minggu, 28 April 2024
Muhammad Azy Aminullah | MataMata.com Senin, 12 Desember 2022 | 19:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, resmi melepas masa lajangnya pada Sabtu (10/12/2022). Kaesang Pangarep menyunting pujaan hatinya asal Yogyakarta, Erina Gudono.

Rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berlangsung empat hari lamanya. Agenda pernikahan dimulai dari pengajian hingga diakhiri dengan acara ngunduh mantu.

Di samping mahar dan souvenir, beberapa nama selebriti Tanah Air yang hadir di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono juga santer disorot publik.

Baca Juga:
Pakai Masker Melulu di Nikahan Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Tuai Cibiran: Trauma Ya?

Seperti apakah serba-serbi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono kemarin? Mari kita bahas.

1. Mahar dan Mas Kawin

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Instagram/@morden.co)

Kaesang Pangarep meminang Erina Gudono dengan mas kawin dan mahar berupa seperangkat alat shalat, puluhan gram emas, dan uang sebesar Rp 300 ribu.

Baca Juga:
Soimah Pulang Kondangan Langsung Buka Souvenir Nikahan Kaesang, Isinya Jadi Sorotan: Sederhana Banget!

Di balik mahar tersebut, rupanya ada makna yang cukup filosofis. Uang sebesar Rp 300 ribu dipilih lantaran Kaesang dan Erina sama-sama anak ketiga. Selain itu, nomor seri uang kertas tiga lembar Rp 100 ribu juga memiliki makna tersendiri.

Lembar uang pertama bernomor ESG111296 merujuk pada hari lahir Erina dan uang kedua bernomor KSP251294 merujuk pada tanggal lahir Kaesang. Sementara lembar uang ketiga, bernomor KSE101222 merujuk pada tanggal pernikahan keduanya.

Selaras dengan mahar, mas kawin juga memiliki makna yang unik. Kaesang menyerahkan logam mulia dengan berat 10 gram, 12 gram, dan 22 gram. Jika disatukan, maka akan membentuk tanggal pernikahan keduanya.

Baca Juga:
Bukan Sembarang Rp300 Ribu, Uang Mahar Kaesang dan Erina Ternyata Simpan Kode Rahasia

2. Dekorasi Pernikahan 

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Tangkapan layar Vidio.com)

Selain mahar dan mas kawin, dekorasi pernikahan Kaesang dan Erina juga memiliki makna yang cukup mendalam.

Konsep dekorasi pernikahan Kaesang dan Erina mengusung tema Jawa Klasik yang mengadaptasi kebudayaan era Mataram Islam.

Papan dekorasi pernikahan diukir dengan motif flora dan fauna. Motif fauna dibuat detail sebagai ciri khas Solo, sedangkan motif flora dibuat minimalis menyesuaikan gaya Yogyakarta.

Dekorasi tersebut kemudian dicat dengan warna hitam dan emas, sebagai gambaran kejayaan dan kedamaian alam semesta.

3. Hidangan resepsi 

Potret Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (MataMata.com/Suwarjono)

Usai bersalaman dengan kedua mempelai, para tamu undangan disuguhkan dengan hidangan khas Nusantara yang beragam serta beberapa makanan Barat.

Sejumlah hidangan khas Nusantara tersebut di antaranya adalah Tengkleng Solo, Selat Solo, Sate Ayam, Nasi Kebuli, dan Kambing Guling.

Sedangkan untuk makanan khas Barat, tamu undangan disajikan dengan hidangan seperti Salad, Lasagna, dan Chicken Cordon Bleu.

4. Souvenir Pernikahan  

Kumpulan Cuitan Twitter Kaesang setelah Menikahi Erina (Instagram/kaesangp)

Dalam pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, para tamu undangan tidak diperkenankan membawa amplop untuk pengantin.

Kendati tidak menyerahkan amplop, tamu undangan menerima souvenir pernikahan Kaesang Pangarep setelah meninggalkan lokasi resepsi.

Souvenir yang dibagikan berupa pouch serbaguna berwarna pink fuschia dengan inisial K dan E. Hadiah pernikahan ini juga dilengkapi dengan kartu garansi seumur hidup.

Di samping pouch, tamu undangan juga bisa membawa pulang sejenis buku kecil berisi foto-foto pernikahan Kaesang dan Erina.

5. Artis yang Datang 

Irfan Hakim numpang jet pribadi Raffi Ahmad ke nikahan Kaesang (Instagram/@raffinagita1717)

Sederet selebriti Tanah Air turut memeriahkan acara akad pernikahan putra bungsu Jokowi yang digelar di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo pada Sabtu (10/12/2022).

Salah satu selebriti ternama yang datang ke acara akad adalah Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Sultan Andara tersebut memboyong rombongan seperti babysitter Rayyanza dan Rafathar.

Selebriti lain yang ikut rombongan Raffi Ahmad adalah Irfan Hakim dan Deddy Mahendra Desta. Rombongan Raffi Ahmad ini berangkat ke Yogyakarta menggunakan pesawat pribadi.

Sementara di lokasi akad nikah Kaesang, selebriti yang sudah tiba lebih dulu adalah Arnold Poernomo dan Kevin Hendrawan. Kevin diketahui tampil menjadi groomsmen Kaesang Pangarep.

6. Kereta Kencana 

Kumpulan Cuitan Twitter Kaesang setelah Menikahi Erina (Twitter/kaesangp)

Sebelum rangkaian acara pernikahan ditutup, Kaesang dan Erina dikirab menggunakan kereta kencana di Solo pada Minggu (11/12/2022).

Kuda yang menarik kereta pengantin baru tersebut berjumlah enam ekor. Dua di antara kuda itu bernama Agustin dan Dinda.

Kuda bernama Agustin dan Dinda diketahui sudah menjadi langganan keluarga Jokowi untuk kirab. Pernikahan kedua kakak Kaesang sebelumnya juga menggunakan kedua ekor kuda tersebut.