Senin, 29 April 2024
Yohanes Endra Muhammad Azy Aminullah | MataMata.com Rabu, 22 Maret 2023 | 20:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Kabar duka menyelimuti belantika hiburan Tanah Air, artis senior Nani Wijaya meninggal dunia pada Kamis (16/3/2023). Nani Wijaya menghembuskan napas terakhirnya ketika sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Bagi sebagian kalangan, sosok Nani Wijaya sudah tidak asing lagi dalam dunia seni peran. Dia dikenal sebagai pemeran tokoh Emak di sitkom 'Bajaj Bajuri'.

Seperti apakah perjalanan karier Nani Wijaya? Mari simak ulasan berikut.

Baca Juga:
Bukan Cuma Masalah Pernafasan, Nani Wijaya Juga Terserang Bakteri Sebelum Meninggal

1. Awal karier

Perjalanan Karier Nani Wijaya. (Instagram/cahyakamila88)

Nani Wijaya memulai kariernya di industri perfilman Indonesia sejak tahun 1960. Kala itu usianya baru 16 tahun dan mengambil peran pertamanya sebagai pemeran pembantu lewat film berjudul Darah Tinggi. Sejak saat itu Nani Wijaya bermain dalam banyak film layar lebar dengan peran-peran kecil. Seperti Di Lereng Gunung Kawi (1961), DKN 901 (1962), A Sing Sing So (1963) dan banyak lainnya. Nani Wijaya tergabung dalam Golden Girls bersama beberapa artis senior lainnya yaitu Connie Sutedja, Rina Hasyim, dan Ida Kusumah.

2. Puncak popularitas

Baca Juga:
Keluarga Ungkap Detik-Detik Nani Wijaya Meninggal: Dia Tersenyum dan Melambaikan Tangan

Perjalanan Karier Nani Wijaya. (Instagram/cahyakamila88)

Setelah sekitar 10 tahun berkiprah di dunia film, nama Nani Wijaya akhirnya semakin dikenal berkat aktingnya dalam film Yang Muda yang Bercinta (1977). Berkat film ini, Nani Wijaya meraih penghargaan pertamanya dalam Festival Film Indonesia 1978 untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Festival Film Indonesia. Sejak saat ini namanya semakin diperhitungkan dan dilirik oleh para produser.

Nani Wijaya terlibat di banyak film hits seperti Roda-Roda Gila (1978), Puspa Indah Taman Hati (1979), hingga R.A Kartini (1983) yang membuatnya kembali meraih penghargaan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik FFI. Selama puluhan tahun menjadi aktris, Nani Wijaya sangat produktif beberapa film yang dibintanginya melegenda dan masih diingat sampai sekarang misalnya sekuel Catatan Si Boy (1987), Doa yang Mengancam (2008), juga Ummi Aminah (2012).

3. Penghargaan

Baca Juga:
Ucap Salam Perpisahan, Anak Nani Wijaya Lambaikan Tangan ke Liang Lahat Ibunda saat Pemakaman

Perjalanan Karier Nani Wijaya. (Instagram/cahyakamila88)

Selain dua penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita FFI terbaik Pada tahun 2010, Nani Wijaya menerima penghargaan Lifetime Achievement Award dalam ajang Festival Film Bandung. Lalu pada 2021 dan 2022 Nani Wijaya menerima penghargaan serupa dalam ajang Indonesian Movie Actors Awards dan Indonesian Drama Series Awards.

4. Debut sinetron

Perjalanan Karier Nani Wijaya. (Instagram/cahyakamila88)

Sukses di dunia layar lebar, Nani Wijaya mendulang sukses yang sama ketika terjun sebagai pemain sinetron. Lewat sinetron nama Nani Wijaya semakin melambung dan tenar. Puluhan judul sinetron sudah dibintanginya sejak tahun 1995. Tak hanya di dunia layar lebar, Nani Wijaya juga merambah ke dunia sinetron yang membuat namanya semakin lebih dikenal. Beberapa sinetron yang dibintangi oleh Nani Wijaya dan begitu lekat dengan dirinya misalnya Wah, Cantiknya (2001), Cintaku di Rumah Susun (2003), Bajaj Bajuri (2002-2007), Si Cecep (2004), Tukang Bubur Naik Haji (2012-2017). Perannya di Bajaj Bajuri dan Tukang Bubur Naik Haji membuatnya dikenal dengan sebutan Emak, seperti nama peran yang dimainkan olehnya.

5. Kehidupan pribadi

Perjalanan Karier Nani Wijaya. (Instagram/cahyakamila88)

Nani Wijaya menikah dengan Misbach Yusa Biran pada 1969 dan mempunyai enam orang anak termasuk Cahya Kamila dan Sukma Ayu. Ia menikah lagi dengan teman lamanya, Ajib Rosidi pada 2017 sebelum kembali menjanda setelah suami keduanya meninggal dunia pada 2020. Sejak beberapa tahun tahun, Nani Wijaya mengidap demensia yang membuatnya pikun dan kondisi kesehatannya kian menurun. Pada awal Maret 2023, Nani Wijaya dilarikan ke rumah sakit karena mengalami masalah pernafasan. Akhirnya pada Kamis (16/3/2023) dini hari, Nani Wijaya meninggal dunia di usia 78 tahun saat menjalani perawatan.

Itu tadi ulasan perjalanan karier Nani Wijaya yang telah berkiprah di dunia perfilman tanah air sejak usianya masih remaja. Kini semua karya Nani Wijaya akan menjadi memori indah untuk dikenang. Selamat jalan Emak, semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.