Minggu, 28 April 2024
Nur Khotimah | MataMata.com Sabtu, 01 April 2023 | 17:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Mahar para artis belakangan jadi perbincangan karena terungkapnya kabar pernikahan siri Alshad Ahmad dan Nissya Asyifa. Gosipnya, Alshad Ahmad memberikan mahar Rp3 juta ketika menikahi sang mantan kekasih.

Netizen langsung ramai mengomentari mahar Alshad Ahmad lantaran dinilai terlalu kecil untuk ukuran YouTuber ternama sepertinya. Namun sebenarnya, cukup banyak artis yang menerima atau memberikan mahar sederhana ketika menikah.

Siapa sajakah artis yang menikah dengan mahar sederhana? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga:
10 Artis Menikah dengan Mahar Sederhana, Terbaru Ada Alshad Ahmad yang Jadi Sorotan

1. Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie

Artis pertama yang menggunakan mahar pernikahan murah adalah Nia Ramadhani. Meski dinikahi oleh Ardi Bakrie yang merupakan anak seorang konglomerat, Nia cuma mendapat mahar sebesar Rp2 ribuan saja.

Tepatnya, nilai mahar pernikahan Nia Ramadhani adalah Rp2.015. Ini merupakan jumlah dari tanggal, bulan dan tahun pernikahan mereka. Seperti diketahui, Nia Ramadhani menikah dengan Ardi Bakrie pada 1 April 2010.

Baca Juga:
Alshad Ahmad Diduga Kasih Mahar Cuma Rp3 Juta, Pekerjaan Sang Ayah Disorot

Pernikahan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie digelar dalam dua adat, yakni Sunda dan Lampung. Meski maharnya sederhana, pernikahan pasangan ini terbilang sangat meriah dan menjadi sorotan pada masanya.

Cincin pernikahan Nia Ramadhani juga cukup spesial. Sebab, ada darah sang artis dan Ardi Bakrie yang diabadikan dalam cincin kawin mereka.

"Iya, ada darahnya. Cincin yang aku pakai itu ada darahnya Ardi sama aku," kata Nia Ramadhani pada saat itu.

Baca Juga:
Detail Pernikahan Alshad Ahmad dan Nissa Asyifa Terbongkar, Jumlah Uang Tunai yang Jadi Mahar Disorot

2. Risty Tagor dan Stuart Collin

Mahar sederhana juga diterima oleh Risty Tagor ketika menikah dengan Stuart Collin pada 19 April 2015 lalu. Mahar Risty Tagor kala itu berupa Rp 19.415 sesuai dengan tanggal pernikahan.

Pernikahan Risty Tagor dan Stuart Collin digelar meriah di Hotel Novotel, Bogor, Jawa Barat. Ini adalah pernikahan kedua Risty Tagor setelah sebelumnya bercerai dengan Rifky Balweel.

"Saya terima nikahnya dan kawinnya Ariestia Ramadhany Tagor Harahap binti Johan Tagor Harahap dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," kata Stuart Collin saat menikahi Risty Tagor.

Sayangnya, pernikahan Risty Tagor dan Stuart Collin tidak bertahan lama. Pasangan ini resmi bercerai pada 24 Maret 2016.

3. Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran

Berikutnya ada Laudya Cynthia Bella yang menerima mahar kurang dari Rp1 juta. Seperti diketahui, Laudya Cynthia Bella pernah menikah dengan seorang pengusaha kaya raya asal Malaysia, Engku Emran.

Kendati dipersunting oleh pengusaha kaha, Laudya Cynthia Bella tidak berlebihan dalam hal mahar. Diketahui bahwa mahar Laudya Cynthia Bella saat menikah pada tahun 2017 adalah uang sebesar 300 ringgit atau senilai Rp940 ribu saja.

Kehidupan rumah tangga Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran bisa dibilang cukup harmonis. Tapi sayangnya, keharmonisan itu tak bertahan lama. Keduanya kini diketahui sudah cerai dan menjalani hidup masing-masing.

4. Lesti Kejora dan Rizky Billar

Lesti Kejora juga mendapat mahar sederhana saat dinikahi secara siri oleh Rizky Billar pada Agustus 2021 lalu. Beda jauh dari mahar pernikahan yang disiarkan live di TV yakni sapai Rp 1 miliar. Saat menikah siri mas kawinnya hanya 21 lembar uang Rp75 ribu dengan total Rp1.575.000.

Jumlah 21 lembar dipilih sesuai dengan tahun pernikahan mereka. Hal tersebut disampaikan oleh Ustaz Subki Al Bughury selaku pihak yang terlibat dalam pernikahan siri Lesti Kejora dan Rizky Billar kala itu.

"Itu duitnya adalah duit saya, pecahan Rp75 ribu ada 21 lembar karena kan tahunnya 2021. Pas di rumah itu ada 21 lembar 75 ribu, itu yang dipakai sama Billar," kata Ustaz Subki Al Bughury dikutip dari YouTube KH Infotainment, Rabu (22/9/2021).

Perihal kabar menikah siri, Rizky Billar juga sempat menyampaikan klarifikasinya. Ia menjadikan pernikahan siri itu sebagai bentuk tanggung jawabnya demi menjaga marwah Lesti Kejora sebagai wanita yang dicintainya.

"Pada intinya, ini adalah bentuk rasa tanggung jawab saya, di mana saya ingin menjaga marwah wanita yang saya cintai. Atas saran keluarga juga, kami memutuskan untuk melangsungkan pernikahan secara agama," jelas Billar.

5. Alshad Ahmad

Terakhir ada Alshad Ahmad yang kabarnya pernah menikah dengan mantan kekasihnya, Nissa Asyifa. Kabar pernikahan tersebut ramai dibahas setelah putusan cerai diduga milik Alshad dan Nissa beredar di media sosial.

Putusan cerai tersebut dikeluarkan oleh Pengadilan Agama Bandung. Disebukan bahwa Alshad Ahmad menikahi Nissa Asyifa pada 30 September 2022. Hanya beberapa bulan saja, Desember 2022 mereka sudah bercerai.

Mahar pun terungkap yakni hanya Rp 3 juta. Gara-gara itu, Alshad dihujat karena dikenal kaya raya namun cuma memberikan mahar sesuai standar saja.

"Bahwa pernikahan antara Pemohon dan Termohon dilakukan oleh Penghulu Nikah setempat atau P3N setempat yang bernama LEBE dan mas kawin berupa uang tunai sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah) dibayar tunai," bunyi keterangan yang tertulis dalam putusan cerai yang beredar.

Dijelaskan pula dalam putusan cerai Alshad Ahmad bahwa kehamilan Nissa Asyifa disebabkan hubungan seks di luar nikah antara keduanya.

"Sebelum menikah, antara Pemohon dan Termohon masing-masing berstatus Perjaka dan Perawan. Akan tetapi, Termohon sedang hamil dengan usia kehamilan sekitar 8 (delapan) bulan," bunyi poin dalam putusan cerai Alshad Ahmad.

"Kehamilan termohon adalah sebagai akibat hubungan terlarang yang dilakukan oleh pemohon dengan termohon sebagaimana tertuang dalam Surat Pernyataan Nikah antara pemohon dengan termohon," bunyi poin lainnya.

Demikian deretan artis yang menikah dengan mahar sederhana. Nantikan berita terupdate lainnya di kanal YouTube Sorot Mata.