Senin, 29 April 2024
Muhammad Azy Aminullah | MataMata.com Minggu, 09 April 2023 | 15:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Di bulan suci Ramadhan, ada beberapa artis Tanah Air non Muslim yang ikut menunaikan ibadah puasa.

Cara tersebut dilakukan oleh mereka sebagai bentuk menghormati rekan kerja dan menjunjung rasa toleransi antar umat beragama.

Siapa sajakah deretan artis Tanah Air non Muslim yang ikutan puasa? Yuk kita bahas.

Baca Juga:
Deretan Artis Punya Orang Tua Angkat, Ada yang Sampai Menikahi

1. Jessica Jane

 Jessica Jane. (Instagram/@jessicajane99)

Jessica Jane menjadi nomor wahid sekaligus pembuka daftar artis Tanah Air non Muslim yang turut menunaikan ibadah puasa.

Setiap bulan Ramadhan tiba, Jessica Jane diketahui selalu mengunggah konten berpuasa. Dia tiap tahun rupanya ikutan berpuasa.

Baca Juga:
Deretan Artis yang Menikah dengan Idolanya, Terkini Ada Marshel Widianto

Menurut pengakuan adik Jess No Limit tersebut, dirinya ikutan berpuasa karena ingin merasakan sensasi berpuasa dari terbut hingga terbenamnya Matahari.

Tidak hanya berpuasa, Jessica Jane juga menyantap hidangan sahur sebagaimana orang-orang Muslim lain di bulan Ramadhan. Terbaru, dia memakan nasi padang sendirian tanpa ditemani oleh sang kakak.

Imbas aksinya ikutan berpuasa, adik ipar Sisca Kohl tersebut ramai menuai pujian bahkan doa agar segera memeluk agama Islam.

Baca Juga:
Deretan Artis Memilih jadi Pendeta, Tamara Geraldine Tobat dari Ratu Gosip

2. Amanda Manopo

Amanda Manopo (Instagram/amandamanopo)

Daftar artis non Muslim selanjutnya yang ikut berpuasa adalah Amanda Manopo. Dia banyak menghabiskan waktunya di lokasi syuting, termasuk saat bulan Ramadhan.

Selama berada di lokasi syuting, Amanda Manopo secara tidak langsung ikut berpuasa mengingat banyak rekan artis hingga kru di sekitarnya yang berpuasa.

"Puasa, puasa juga. Aku cuma nemenin orang yang puasa sih," kata Amanda manopo.

Selain itu, bintang sinetron Ikatan Cinta tersebut juga sering memasak sahur dan berbagi makanan dengan sesama artis jelang berbuka puasa.

"Mau buat orang yang puasa atau buat orang sahur karena takutnya cathering datangnya telat. Jadi, aku sudah stand by," sambung Amanda Manopo.

3. Ruben Onsu

Ruben Onsu. (Instagram/@ruben_onsu)

Sebagaimana Amanda Manopo, Ruben Onsu juga ikut berpuasa lantaran di kelilingi oleh rekan artis dan kru yang beragama Islam.

Seperti diketahui, Ruben Onsu banyak menghabiskan waktunya di lokasi syuting. Sebagai bentuk toleransi, dia pun turut menunaikan ibadah puasa.

Di tahun sebelumnya, Ruben Onsu bahkan pernah menggelar acara buka puasa bersama untuk karyawannya hingga mengundang ustaz untuk mengisi tausiah.

Aksi Ruben Onsu ikutan berpuasa ini sempat mengundang kekhawatiran sang istri, Sarwendah. Pasalnya, kondisi kesehatan Ruben Onsu sedang memburuk

Kendati demikian, Ruben Onsu tidak ikut puasa di tahun ini. Sebagai gantinya, dia membagikan seribu perlengkapan ibadah berupa sajadah hingga Al-Quran untuk ojek online.

4. Haruka eks JKT48

Haruka Nakagawa. (Instagram/@haruuuu_chan)

Bekerja di lingkungan yang mayoritas beragama Islam, Haruka memutuskan untuk ikut puasa Ramadan.

Penyanyi asal Jepang itu juga tak pernah lupa mengucapkan selamat puasa kepada umat Islam.

5. Brisia Jodie 

Brisia Jodie (instagram/@brisiajodie96)

Brisia Jodie menjadi daftar berikutnya artis non Muslim yang ikut berpuasa. Pasalnya, dia sempat berpacaran dengan cowok Muslim.

Selain berpuasa, Brisia Jodie juga bahkan ikut menunaikan ibadah salat Tarawih bersama pacarnya yang beragama Muslim tersebut.

"Rajin sekali aku puasa, salat, tarawin, dan lain-lain gitu," tutur Brisia Jodie.

Saking rajinnya menunaikan ibadah umat Muslim bersama pacarnya, jebolan Indonesia Idol tersebut bahkan kepikiran untuk pindah agama.

"Aku sempat hampir Mualaf," tambah Brisia Jodie.

Kendati demikian, hubungan asmara Brisia Jodie dengan pria yang beragama Islam tersebut harus kandas setelah lima tahun dijalani. Dia pun mengurungkan niatnya untuk menjadi Mualaf.

Terlepas dari itu, alasan Brisia Jodie memiliki toleransi yang tinggi karena latar belakang keluarganya yang heterogen.

"Keluarga besar aku kan campur ya. Ada yang Muslim, ada yang non Muslim. Muslim lima, non Muslim lima," pungkas Brisia Jodie.

6. Mahalini

Mahalini (instagram/@mahaliniraharja)

Selain Brisia Jodie, Mahalini Raharja juga tergolong artis Tanah Air non Muslim yang ikut berpuasa karena pacarnya. Dia berpacaran dengan Rizky Febian yang diketahui merupakan seorang Muslim.

Demi mendukung satu sama lain, Mahalini ikut berpuasa dan berbuka bersama Rizky Febian. Dia bahkan sesekali berbuka puasa bersama keluarga besar Sule.

"Kita suka buka bersama, rame-rame sama keluarga juga," tutur Rizky Febian.

Dengan aksi Mahalini yang ikutan berpuasa di bulan Ramadhan, Rizky Febian mengacungkan ibu jari untuk sang pacar. Dia memuju toleransi tinggi Mahalini.

"Toleransi kaya Lini ikut puasa, dia puasa sampai Maghrib. Maksudnya, dia jaga makan boleh minum segala macam, tapi dia pengen ngerasain juga sampe jam 6 gimana," sambung Rizky Febian.

Tidak seperti Brisia Jodie, Mahalini sejauh ini belum mengaku terbesit pemikiran untuk menjadi Mualaf mengikuti agama pacarnya.

7. Gempi

Potret Terbaru Gempi. (Instagram/gisel_la)

Gempi anak Gading Marten dan Gisella Anastasia pernah coba ikutan berpuasa karena penasaran dan ingin mencoba.

Itu karena banyak muslim di sekitarnya yang menjalankan ibadah tersebut.