Yohanes Endra | MataMata.com
Han Byul. (Koreaboo)

Matamata.com - Bukan hal yang mudah bagi seseorang yang ingin menjadi trainee untuk debut sebagai idol di Korea Selatan. Perlu latihan keras selama bertahun-tahun di agensi sebelum akhirnya dipinang untuk debut.

Beban berat masa latihan sering membuat para trainee memutuskan untuk meninggalkan agensi sebelum debut. Namun, hal tersebut rupanya tak selalu jadi faktor utama.

Suara.com menyadur Koreaboo, Jumat (14/5/2021), ada penyebab lain yang membuat trainee memilih untuk mundur, seperti suap hingga diputuskan secara sepihak. Hal tersebut diungkap oleh sejumlah mantan trainee YG. Simak sederet pengakuan trainee YG yang memilih untuk meninggalkan agensi sebelum debut.

Baca Juga:
Eks Trainee JYP, Na In Woo Ngaku Sering Latihan Bareng Jeongyeon TWICE

1. Han Byul

Han Byul. (YouTube/Mnet)

Idol blasteran Korea-Swedia yang baru muncul di acara survival MNET, CAP-TEEN, Han Byul, ini mengaku memilih angkat kaki dari YG karena tak kunjung debut.

Berlatih sejak umur 12 tahun, Han Byul mulai merasa hilang arah setelah mengalami penundaan debut. Karenanya, ia pun memilih untuk mengubur mimpi menjadi bintang dari YG.

Baca Juga:
Mantan Trainee Ini Bongkar Sikap Agensi KPop Perlakukan Calon Idol yang Gay

"Ketika saya berlatih, saya tiba-tiba bertanya-tanya, 'Apa yang saya lakukan di sini?', lalu berpikir, 'Saya tidak berarti apa-apa di sini," ujar Han Byul dikutip dari Koreaboo.

2. MAYDONI

MAYDONI. (YouTube/MAYDONI)

Penyanyi solo MAYDONI memutuskan untuk keluar dari YG sebelum debut lantaran mendapati seorang trainee kaya menyuap staf dengan barang-barang mewah.

Baca Juga:
3 Fakta Yoo Jimin, Trainee SM Rookies yang Dituding Hina BTS, EXO dan NCT

Ia bilang, suap itu akan membuat para staf melakukan trainee kaya secara istiwema. Sejak saat itu, MAYDONI benar-benar kehilangan kepercayaan terhadap pihak agensi.

3. Woong AB6IX

Woong AB6IX. (Instagram/ab6ix_official)

Sebelum sukses dengan grup AB6IX, Woong pernah menjadi trainee di YG. Namun, ia memilih untuk keluar sebelum debut.

Bukan karena keinginan sendiri, Woong mengaku mundur karena dihubungi langsung oleh CEO Yang Hyun Suk dan diminta untuk tak lagi datang latihan, "Setelah evaluasi bulanan ini, Woong tak perlu datang berlatih lagi". 

Itulah sederet pengakuan mantan trainee YG terkait alasan mereka meninggalkan agensi sebelum debut. Bagaimana menurutmu?

Load More