Yohanes Endra | MataMata.com
Sinopsis Mr. Sunshine (IMDb)

Matamata.com - Mr. Sunshine merupakan drama Korea yang sudah rilis di tvN pada 2018. Meski begitu Mr. Sunshine masih bisa disaksikan sejak awal episode sampai tuntas melalui platform streaming Netflix.

Pada masa tayangnya, Mr. Sunshine banyak dinantikan karena merupakan karya penulis populer Kim Eun-sook. Drama yang ditulis Kim Eun-sook memang selalu digemari, sebut saja Goblin, Descendant of The Sun, The Heirs, serta Gentleman's Dignity.

Sebelum nonton, simak dulu sinopsis Mr. Sunshine dan alasan-alasan kamu wajib banget menikmati kisah drama ini!

Baca Juga:
7 Potret Jeon Mi Do, Dokter Chae Song Hwa dari Drakor Hospital Playlist

Sinopsis Mr. Sunshine

Sinopsis Mr. Sunshine (IMDb, TVN)

Mr. Sunshine menceritakan seorang anak laki-laki dari keluarga budak di masa Joseon bernama Eugene Choi yang kabur naik kapal perang Amerika Serikat. Ia hidup di tahun 1871 ketika Amerika Serikat menjalankan ekspedisi ke Joseon (Korea Selatan). Eugene Choi melihat orangtuanya dibunuh oleh keluarga bangsawan di depan matanya sendiri.

Eugene Choi lantas pergi ke Amerika dengan membawa perasaan dendam. Berkat kemampuannya, Eugene menjadi tentara dan diangkat sebagai kapten. Ia kemudian ditugaskan ke Korea sebagai tentara Amerika dan jatuh cinta kepada Ae Shin, anak bangsawan di Joseon.

Baca Juga:
6 Drakor Adaptasi Webtoon Minim Romance, Ada Itaewon Class dan Sweet Home

Namun Ae Shin sebenarnya adalah anggota pasukan rahasia yang bertugas mengusir tentara Jepang dari Joseon. Eugene Choi yang mengetahui hal tersebut kemudian jatuh cinta pada Ae Shin, pun sebaliknya.

Ae Shin ternyata membuat banyak pria jatuh cinta padanya. Kim Hee Sung yang tinggal di Jepang selama 10 tahun jatuh hati pada Ae Shin. Pun Goo Dong Mae, seorang samurai keji yang hidupnya diselamatkan Ae Shin saat kecil dan kini tinggal di Joseon.

Eugene, Hee Sung, dan Dong Mae ternyata mengetahui perasaan masing-masing pada Ae Shin. Mereka pun bertekad menjaga Ae Shin yang kerap mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan kemerdekaan Korea atas Jepang.

Baca Juga:
5 Karakter Utama Mr Sunshine, K-Drama Termahal Paling Dinanti

Dalam perjuangannya, Ae Shin juga dibantu Hina Kudo yang merupakan pemilik hotel tempatnya dan Eugene Choi menginap. Bagaimana akhir dari perjuangan Ae Shin dan siapa pria yang akan dipilihnya?

Pemain Mr. Sunshine

Sinopsis Mr. Sunshine (IMDb)

Lee Byung-hun sebagai Eugene Choi
Kim Tae-ri sebagai Go Ae Shin
Yoo Yeon-seok sebagai Goo Dong Mae
Byun Yo-han sebagai Kim Hui Seong
Kim Min-jung sebagai Kudo Hina
Lee Jeong-eun sebagai Haman Daek
Shin Jeong-geun sebagai Ah Beom
Bae Jeong-nam sebagai Choon Shik
Kim Byeong-cheol sebagai Il Shik
Choi Moo-sung sebagai Jang Seng Gu

Alasan Nonton Mr. Sunshine

Sinopsis Mr. Sunshine (IMDb, TVN)

Telah disebutkan sebelumnya bahwa naskah Mr. Sunshine ditulis oleh Kim Eun Sook yang juga memproduksi drama-drama hits seperti Secret Garden. Drama yang disutradarai Lee Eung-bok ini berjumlah total 24 episode.

Mr. Sunshine amat sayang dilewatkan lantaran menyajikan gambar yang berkualitas tinggi. Bayangkan saja, Korea JoongAng Daily mengungkap biaya produksi Mr. Sunshine yang menggaet aktor kelas A mencapai sekitar Rp539 miliar. Selain sinematografi berkelas, Mr. Sunshine juga menyajikan alur yang tak tertebak.

Mr. Sunshine juga masuk dalam nominasi dan memenangkan banyak penghargaan. Di antaranya penghargaan utama (daesang) APAN Star Award 2018. Kim Tae Ri juga memenangkan kategori Best New Actress dalam penghargaan tersebut. Selain APAN, Mr. Sunshine juga mendapat penghargaan di 2nd Seoul Awards dan 55th Baeksang Arts Awards.

Dilansir dari situs IMDb, Mr. Sunshine atau Miseuteo Shunsain mendapat rating 8,8 dari nilai sempurna 10 sampai tanggal 27 Juni 2021. Sedangkan di situs Rotten Tomatoes, nilai audience score Mr. Sunshine mencapai 93%.

Seru banget kan? Jangan sampai nyesel karena nggak nonton ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More