Kamis, 21 Oktober 2021
Yohanes Endra : Sabtu, 09 Oktober 2021 | 21:30 WIB

Matamata.com - Son Heung Min baru-baru ini menuai sorotan publik, tapi bukan berkaitan dengan prestasinya di lapangan hijau. Pesepak bola ganteng itu dikabarkan berkencan dengan Jisoo BLACKPINK.

Muda dan sukses, Son Heung Min diketahui pernah mengencani sejumlah idol K-Pop. Namun dengan Jisoo, tidak ada konfirmasi dari kedua belah pihak. Meski begitu nama Son Heung Min terus menjadi perhatian, mengingat popularitas Jisoo di dunia.

Son Heung Min memang telah dikenal luas di lapangan hijau. Namun bagi penggemar K-Pop, sosoknya mungkin terdengar asing. Bagi kamu yang penasaran dengan sosoknya, simak profil Son Heung Min dilansir dari berbagai sumber.

Profil Son Heung Min

Profil Son Heung Min (instagram/hm_son7)

Son Heung Min adalah pemain sepak bola profesional Korea Selatan yang bermain sebagai penyerang atau striker untuk klub Liga Premier Tottenham Hotspur. Pesepak bola yang akrab disapa Sonny itu juga menjadi kapten tim nasional Korea Selatan.

Selain sepak terjangnya di lapangan hijau, Son Heung Min kerap menuai sorotan karena kehidupan pribadinya. Son pernah menjalin hubungan asmara dengan artis dan yang terbaru, dikabarkan berpacaran dengan Jisoo BLACKPINK.

Masa Kecil Son Heung Min

Profil Son Heung Min (instagram/hm_son7)

Son Heung Min lahir pada 8 Juli 1992 di Chuncheon, Provinsi Gangwon. Ayahnya yang bernama Son Woong Jung adalah pensiunan pemain sepak bola yang pernah bermain untuk tim nasional sepak bola B Korea Selatan.

Lahir dari ayah pemain sepak bola, Son Heung Min masuk akademi di FC Seoul, klub yang sama dengan mantan bek Tottenham Hotspur, Lee Young Pyo. Ia menjadi ball boy dalam pertandingan kandang FC Seoul pada 2008.

Son Heung Min fasih berbahasa Jerman dan Inggris. Itu karena Son bertekad untuk membuat dirinya sukses di Eropa. Ia mati-matian belajar bahasa Jerman dengan menonton episode SpongeBob SquarePants.

Perjalanan Karier Son Heung Min

Profil Son Heung Min (instagram/hm_son7)

Son Heung Min pindah ke Jerman untuk bergabung dengan Hamburger SV pada usia 16, dan melakukan debutnya di Bundesliga Jerman pada 2010. Ia pindah ke Bayer Leverkusen pada 2013 sebelum menandatangani kontrak dengan Tottenham. Son menjadi pemain Asia termahal dalam sejarah.

Bergabung sejak 2015, Son Heung Min memperpanjang kontraknya dengan Tottenham hingga 2025. Pada tanggal 15 Agustus, Son mencetak gol pertamanya musim ini dalam pertandingan pembukaan melawan Manchester City, yang berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk timnya.

Karier Son sebagai timnas Korea Selatan juga sangat gemilang. Ia telah mewakili Korea Selatan di Piala Dunia 2014 dan 2018. Son merupakan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia, menyamai rekor Park Ji Sung dan Ahn Jung Hwan dengan tiga gol.

Son Heung Min juga mewakili Korea Selatan di Asian Games 2018, dan memenangkan emas. Sepak terjangnya berlanjut di Piala Asia AFC edisi 2011, 2015 dan 2019. Son berhasil membawa Korsel menjadi runner-up Piala Asia AFC 2015.

Prestasi Son Heung Min

Profil Son Heung Min (instagram/hm_son7)

Selama di Tottenham, Son Heung Min menjadi pencetak gol terbanyak Asia dalam sejarah Liga Premier dan Liga Champions. Pada 2019, Son menjadi orang Asia kedua dalam sejarah yang mencapai dan memulai final Liga Champions Eropa setelah Park Ji Sung.

Son secara luas dianggap sebagai salah satu pemain sayap terbaik di dunia dan juga salah satu dari tiga pemain Asia terbaik dalam sejarah sepak bola Eropa. Ia juga merupakan pemain Asia pertama dalam sejarah yang mencetak lebih dari 50 gol di Liga Premier.

Tak cukup sampai di situ, Son dinominasikan untuk Ballon d'Or pada 2019, peringkat tertinggi sejauh ini oleh pemain Asia. Di Korea, Son dipandang sebagai simbol kebanggaan nasional atas pencapaiannya. Sama seperti BTS, Son Heung Min adalah harta nasional Korea.

Kehidupan Asmara Son Heung Min

Profil Son Heung Min (instagram/hm_son7)

Son Heung Min telah menyatakan bahwa ia tidak berniat untuk menikah sampai pensiun dari sepak bola. Sebelumnya ia diketahui berkencan dengan Minah Girl's Day dan Yoo So Young. Saat ini statusnya masih lajang.

Namun baru-baru ini, Son Heung Min dikabarkan berkencan dengan Jisoo BLACKPINK. Rumor mereka berkencan merebak sejak 2019, ketika Jisoo pergi menonton pertandingannya. Namun hubungan mereka tidak pernah dikonfirmasi.

Itu dia profil Son Heung Min, penyerang Tottenham Hotspur yang dikabarkan tergocek oleh pesona Jisoo BLACKPINK.

Kontributor: Chusnul Chotimah

BACA SELANJUTNYA

6 Fakta Menarik Jisoo BLACKPINK, Si Cantik yang Bintangi Snowdrop