Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Perjalanan karier Ahn Bo Hyun (Hancinema)

Matamata.com - Ahn Bo Hyun belakangan dikenal karena perannya di drama Yumi's Cells dan My Name. Ahn Bo Hyun berperan sebagai pengembang game di drama Yumi's Cells. Sedangkan di My Name, pria kelahiran 16 Mei 1988 ini berperan sebagai polisi dari Satres Narkoba.

Perjalanan karier Ahn Bo Hyun (Hancinema)

Kesuksesan Ahn Bo Hyun tidak diraih dengan mudah. Ia memulai karier aktingnya sebagai figuran sejak 2014 hingga baru menjadi pemeran utama di tahun 2021. Seperti apa perjalanan karier Ahn Bo Hyun? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Atlet Tinju

Baca Juga:
8 Potret Adu Gaya Ahn Bo Hyun di Yumi's Cells dan My Name, Kece Mana?

Perjalanan karier Ahn Bo Hyun (Hancinema)

Saat tampil di I Live Alone pada 2020, Ahn Bo Hyun mengaku sudah menekuni tinju sejak SMP. Ahn Bo Hyun kemudian dipercaya menjadi atlet tinju di sekolahnya. Salah satu motivasi Ahn Bo Hyun berolahraga lantaran berat badannya mudah bertambah. Tak sebatas berolahraga, Ahn Bo Hyun sempat bersekolah di Busan Sports Highschool dan memboyong medali emas di ajang nasional tinju kategori pemula.

2. Kerja Paruh Waktu

Perjalanan karier Ahn Bo Hyun (Hancinema)

Ahn Bo Hyun pernah tercatat sebagai mahasiswa Universitas Daekyung jurusan modeling. Karier model pria dengan tinggi 186 cm ini benar-benar dimulai dari nol. Untuk mencukupi kebutuhannya, Ahn Bo Hyun juga bekerja paruh waktu. Berbagai macam pekerjaan paruh waktu telah dilakoni sahabat Sehun EXO ini. Di antaranya bekerja di toko sebagai tenaga lepas, menjadi kuli panggul, pramusaji restoran, staf pom bensin, hingga pengantar koran.

Baca Juga:
10 Potret Ahn Bo Hyun, Lawan Main Kim Go Eun di Drakor Yumi's Cells

3. Awal Karier

Perjalanan karier Ahn Bo Hyun (Instagram/@bohyunahn)

Ahn Bo Hyun bermimpi menjadi aktor sejak menonton film Champion (2002). Di bawah naungan FN Entertainment, Ahn Bo Hyun debut sebagai aktor dengan membintangi drama Golden Cross (2014). Ia perlahan terus mendapat peran figuran di berbagai drama seperti Two Mothers (2014), The Dearest Lady (2015), dan Descendants of the Sun (2016).

Ahn Bo Hyun berperan sebagai Im Gwang Nam yang merupakan salah satu anggota prajurit Yoo Si Jin (Song Joong Ki) di drama Descendants of the Sun. Drama yang kerap disingkat DOTS tersebut begitu populer sehingga wajah Ahn Bo Hyun pun mulai familiar di kalangan pecinta K-Drama.

Baca Juga:
Sinopsis Yumi's Cells, Drakor Kim Go Eun dan Ahn Bo Hyun Paling Dinanti

Ahn Bo Hyun kemudian debut di film Hiya (2016) sebagai Lee Jin Sang. Tawaran casting untuk membintangi drama pun konsisten berdatangan menghampiri Ahn Bo Hyun, mulai dari My Only Love Song (2017), Dokgo Rewind (2019), Hide and Seek (2018), hingga Her Private Live (2019) sebagai adik dari karakter yang diperankankan Park Min Young. Di tahun 2019, Ahn Bo Hyun juga kembali membintangi film layar lebar berjudul Memories of a Dead End yang dibintangi Sooyoung SNSD.

4. Puncak Karier

Perjalanan karier Ahn Bo Hyun (Hancinema)

Ahn Bo Hyun menerima sorotan publik setelah memerankan karakter antagonis Jang Geun Won di drama Itaewon Class (2020). Jang Geun Won sukses membuat penonton 'kesal' hingga 'benci' karena membuat Park Sae Ro Yi yang diperankan Park Seo Joon mendekam di penjara.

Sejumlah penghargaan seperti Brand of the Year Awards 2020 dan Korea First Brand Awards 2021 sebagai aktor pendatang baru diraih Ahn Bo Hyun berkat Itaewon Class. Ia juga mendapat penghargaan Best Emotive Award dan Choice Award di Asia Artist Awards 2020.

Selain Itaewon Class, Ahn Bo Hyun juga membintangi Kairos (2020) sebagai Seo Do Kyun. Berkat perannya tersebut, pria yang hobi camping ini dianugerahi penghargaan sebagai Best New Actor di MBC Drama Awards 2020.

5. Jadi Pemeran Utama

Perjalanan karier Ahn Bo Hyun (Hancinema)

Ahn Bo Hyun akhirnya menjadi pemeran utama di drama Yumi's Cell dengan lawan main Kim Go Eun. Ahn Bo Hyun berperan sebagai Go Wong yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Yumi (diperankan Kim Go Eun). Go Wong berprofesi sebagai game developer dengan pesona jujur dan sederhana. Drama Yumi's Cell masih dapat disaksikan di iQiyi.

Selain itu, pesona Ahn Bo Hyun juga bisa disaksikan dalam serial Netflix berjudul My Name yang tayang sejak 15 Oktober 2021. Ahn Bo Hyun berperan sebagai detektif unit investigasi narkoba bernama Jeon Pil Do yang menjadi rekan Yoon Ji Woo (Han So Hee).

Ke depannya, Ahn Bo Hyun tentu akan lebih sering tampil di K-Drama sebagai pemeran utama. Debut Ahn Bo Hyun sebagai bintang layar lebar pun sedang diantisipasi. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More