Ismail | MataMata.com
Lee Young Ae (Soompi)

Matamata.com - Lee Young Ae telah berkiprah di dunia seni peran sejak berusia 22 tahun. Kini, ia genap berusia 51 tahun dan masih aktif sebagai aktris. Drama terbarunya, Inspector Koo, bahkan mendapatkan review positif.

Nama Lee Young Ae mulai dikenal setelah membintangi film Sympathy for Lady Vengeance pada tahun 2005. Namun di Indonesia, aktris kelahiran 1973 itu populer berkat perannya sebagai Jang Geum di drama bertema kerajaan, Jewel in the Palace.

Sempat vakum sejak 2005 hingga 2017, tak terasa Lee Young Ae telah berkarier selama puluhan tahun.

Baca Juga:
Setuju Dorce Gamalama Dimakamkan sebagai Perempuan, Ustazah Lulung Mumtaza: Dilarang Mengubah Wasiat

Di ulang tahunnya yang ke-52, simak rekomendasi drama dan film terbaik Lee Young Ae yang wajib kamu kepoin!

1. One Fine Spring Day (2001)

Drama dan Film Terbaik Lee Young Ae (NamuWiki)

One Fine Spring Day mengangkat manis dan pahitnya kisah cinta yang berawal di musim semi. Film yang diarahkan Hur Jin Ho ini dibintangi Lee Young Ae bersama aktor Yoo Ji Tae.

Baca Juga:
5 Film Terbaik Preity Zinta yang Lagi Ultah, Ada Koi Mil Gaya dan Dil Se

Kisahnya tentang Sang Woo (Yoo Ji Tae), seorang sound engineer yang bertemu DJ bernama Eun Soo (Lee Young Ae) dalam perjalanan rekaman dalam pencarian suara alam. Cinta mereka berkembang di musim semi, tapi Sang Woo sering mengingatkan Eun-soo tentang masa lalunya yang tragis.

2. Jewel in the Palace (2003)

Drama dan Film Terbaik Lee Young Ae (NamuWiki)

Drama ini menceritakan kisah seorang juru masak dapur yatim piatu yang kemudian menjadi dokter wanita pertama Raja Joseon. Di saat wanita memiliki pengaruh kecil di masyarakat, Jang Geum berusaha untuk mempelajari rahasia masakan Korea dan obat-obatan untuk menyembuhkan Raja dari berbagai penyakitnya.

Baca Juga:
9 Potret Terbaru Rosa Meldianti, Keponakan Depe yang Dikabarkan Bertunangan

Jewel in the Palace didasarkan pada kisah nyata Jang Geum, tabib kerajaan wanita pertama dari Dinasti Joseon. Tema utama yang ingin disampaikan adalah ketekunannya dan penggambaran budaya tradisional Korea, termasuk masakan istana Korea dan pengobatan tradisional.

3. Sympathy for Lady Vengeance (2005)

Drama dan Film Terbaik Lee Young Ae (NamuWiki)

Lee Young Ae berperan sebagai Lee Geum Ja, seorang wanita yang dibebaskan dari penjara setelah menjalani hukuman atas pembunuhan yang tidak dilakukannya. Film ini menceritakan kisahnya tentang balas dendam terhadap pembunuh yang sebenarnya.

Baca Juga:
Nurul Arifin Tetap Gelar Tahlilan buat Mendiang Anaknya meski Beda Agama

Sympathy for Lady Vengeance mendapatkan banyak penghargaan sejak dirilis, termasuk Best Film di Blue Dragon Film Awards ke-26. Film ini mulai rilis terbatas di bioskop Amerika Utara pada 5 Mei 2006, dan mendapatkan ulasan yang baik dari para kritikus.

4. Saimdang, Memoir of Colors (2017)

Drama dan Film Terbaik Lee Young Ae (NamuWiki)

Seorang dosen sejarah seni universitas Korea (Lee Young Ae) menemukan buku harian tokoh sejarah yang telah lama hilang. Buku ini mengungkap rahasia di balik lukisan kuno misterius, serta melihat kehidupan luar biasa yang dipimpin oleh Shin Saimdang, seorang penyair-seniman terkenal di era Joseon.

Saimdang, Memoir of Colors menggunakan alur maju mundur antara setting masa kini dan dinasti Joseon. Selain Lee Young Ae, drama ini juga dibintangi Song Seung Heon, Yang Se Jong serta Park Hye Soo.

5. Bring Me Home (2019)

Drama dan Film Terbaik Lee Young Ae (NamuWiki)

Bring Me Home dibintangi Lee Young Ae bersama Yoo Jae Myung sebagai pemeran utama. Film ini memulai debutnya dalam program Discovery Festival Film Internasional Toronto 2019.

Plot cerita berpusat di sekitar Jung Yeon (Lee Young Ae) yang telah mencari putranya tanpa henti sejak dia menghilang enam tahun lalu. Suatu hari, ia tiba-tiba menerima informasi anonim tentang keberadaannya yang membawanya ke desa nelayan.

6. Inspector Koo (2021)

Drama dan Film Terbaik Lee Young Ae (NamuWiki)

Inspector Koo merupakan drama terbaru Lee Young Ae. Dalam drama JTBC ini, ia beradu akting dengan bintang muda Kim Hye Joon, yang terkenal karena perannya dalam serial Netflix, Kingdom.

Drama ini mengikuti kisah Koo Kyung Yi (Lee Young Ae) yang suka mabuk-mabukan dan bermain games PC. Ia menggali kasus pembunuhan berantai misterius yang sepenuhnya disamarkan sebagai kecelakaan.

Dari semua drama dan film terbaik Lee Young Ae, mana favoritmu?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More