Ismail | MataMata.com
Seleb Korea Punya Sertifikasi Unik. (Instagram/parkb0gum

Matamata.com - Sejumlah artis Korea mempunyai sertifikasi unik yang mereka dapatkan dengan usaha dan kerja keras.

Sertifikasi atau lisensi menjadi hal yang penting untuk membuktikan keahlian yang dimiliki.

Seperti diketahui industri hiburan Korea Selatan begitu ketat dalam hal persaingan kualitas artis-artisnya. Untuk menunjang karier mereka, para seleb Korea tak jarang mengambil kelas agar bisa mendapatkan sertifikat keahlian.

Baca Juga:
Resmi Dilamar, Venna Melinda Sampaikan Pesan Manis untuk Ferry Irawan

Tetapi, sertifikasi yang para artis Korea ini miliki ada yang unik dan tak biasa lho. Seperti sertifikasi pendidikan seks hingga ahli cukur rambut yang baru saja Park Bo Gum peroleh.

Penasaran siapa saja artis Korea yang memiliki lisensi dan keahlian khusus? Langsung saja simak daftar seleb Korea punya sertifikasi unik berikut ini.

1. Yuri SNSD

Baca Juga:
VIVIZ Resmi Debut, Ini Lirik Lagu BOP BOP!

Seleb Korea Punya Sertifikasi Unik. (Instagram/yulyulk)

Personel girlband legendaris SNSD, Yuri memiliki sertifikat scuba diver. Kemampuannya dalam menyelam pernah Yuri tunjukkan saat dirinya menjadi cast acara Law of the Jungle bersama Kim Byung Man dan kawan-kawan. Yuri dengan jago menyelam di laut lepas.

2. Lee Byung Hun

Seleb Korea Punya Sertifikasi Unik. (Instagram/byunghun0712)

Aktor senior Lee Byung Hun yang sudah dikenal dunia internasional atas aktingnya. Siapa sangka pemain drama Mr. Sunshine ini punya sertifikat barista. Saat syuting film Inside Men, Lee Byung Hun juga pernah unjuk kebolehannya dalam meracik kopi untuk para pemain di lokasi syuting.

Baca Juga:
Ukkasya Anak Zaskia Sungkar Positif Covid-19, Tingkahnya saat Makan malah Bikin Gemes

3. Soyou

Seleb Korea Punya Sertifikasi Unik. (Instagram/sooo_you)

Siapa sangka kalau Soyou memiliki rencana cadangan jika mimpinya sebagai penyanyi gagal. Rencana itu adalah menjadi ahli kecantikan, Soyou bahkan sudah memiliki sertifikat ahli kecantikan sejak dirinya masih duduk di bangku sekolah. Mimpi Soyou akhirnya berhasil, dan ia kini menjadi salah satu penyanyi paling diperhitungkan di Korea Selatan.

4. Minah Girl’s Day

Baca Juga:
10 Artis Muslim Keturunan Tionghoa, Ada yang dari Kecil Islam hingga Mualaf

Seleb Korea Punya Sertifikasi Unik. (Instagram/bbang_93)

Keahlian yang dimiliki oleh idol-artis Minah Girl’s Day ini sangat unik dan tak biasa. Lisensi yang dimiliki Minah adalah sertifikat untuk bisa mengemudikan excavator. Kemampuannya dalam mengendarai alat berat ini ia tunjukkan dalam acara Ecovillage. Keren abis Minah!

5. Kim Tae Hee

Seleb Korea Punya Sertifikasi Unik. (Instagram/kimtaehee99)

Istri Rain, Kim Tae Hee tak hanya cantik dan jago akting, tetapi juga punya sertifikasi keahlian. Pemain drama Love Story in Harvard ini punya sertifikat scuba diver seperti Yuri SNSD. Ia mengambil kelas scuba untuk mengatasi fobianya terhadap air.

6. Choo Sung Hoon

Seleb Korea Punya Sertifikasi Unik. (Instagram/choosarang_official)

Pria bertubuh kekar dan berotot Choo Sung Hoon yang merupakan ayah dari Choo Sarang, The Return of Superman juga punya lisensi unik. Di balik tubuh kekarnya, Choo Sung Hoon ternyata ahli memijat bayi, ia punya sertifikat baby massage.

7. Seo Ye Ji

Seleb Korea Punya Sertifikasi Unik. (Twitter/goldmedalistGM)

Lawan main Kim Soo Hyun dalam drama It’s Okay to Not Be Okay, Seo Ye Ji pun punya sertifikasi unik. Artis yang tengah hiatus karena skandalnya dengan Kim Jung Hyun ini punya lisensi pendidikan seks. Kini Seo Ye Ji masih mendapatkan kritikan dari netizen Korea, bahkan tawaran drama Eve’s Scandal yang ia terima juga tak lepas dari kritikan netizen.

8. Lee Seo Jin

Seleb Korea Punya Sertifikasi Unik. (Instagram/hook_entertainment)

Sertifikat unik lainnya yang dimiliki oleh seleb Korea adalah lisensi operating electric water leisure equipment. Sertifikasi ini dimiliki oleh aktor Lee Seo Jin. Keahliannya ia tunjukkan saat dirinya mengoperasikan boat di acara Three Meals a Day.

9. Park Bo Gum

Seleb Korea Punya Sertifikasi Unik. (Instagram/parkb0gum

Terbaru ada Park Bo Gum nih, lawan main Song Hye Kyo di drama Encounter ini berhasil memeroleh sertifikat ahli cukur rambut. Lisensi ini ia peroleh ketika menjalankan wajib militer. Siapa nih yang mau rambutnya dipotong oleh Park Bo Gum?

Itulah tadi deretan seleb punya sertifikasi unik dan tak biasa. Keahlian siapa nih yang menurutmu paling unik dan keren?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More