Nur Khotimah | MataMata.com
Fakta film Broker (IMDb)

Matamata.com - "Broker" sedang menjadi salah satu film yang jadi pembicaraan. Film Korea tersebut bercerita tentang perdagangan bayi yang dilakukan seorang pemilik tempat laundry bersama temannya. Mereka biasanya mencuri bayi di kotak adopsi di gereja.

Suatu hari, seorang ibu yang membuang bayinya memergoki pencurian tersebut. Ia kemudian ikut dalam perjalanan menjual bayi di pasar gelap adopsi untuk mengetahui siapa yang akan merawat anaknya.

Menarik bukan? Tertarik ingin nonton? Simak dahulu berbagai fakta film Broker berikut ini.

Baca Juga:
Rezky Aditya Kehilangan Banyak Job gegara Kasus dengan Wenny Ariani, Manajemen Bereaksi

1. Arahan sutradara Jepang

Fakta film Broker (IMDb)

Film Broker diproduksi dan diperankan oleh aktor-aktor kenamaan Korea seperti Song Kang Ho, IU, Kang Dong Won, dan Bae Doo Na. Film "Broker" juga berbahasa Korea. Namun sutradara film "Broker" adalah Hirokazu Kore-eda, orang berkebangsaan Jepang. Hirokazu Kore-eda diketahui pernah meraih penghargaan Palme d'Or (penghargaan tertinggi) di Festival Film Cannes 2018.

2. Pemenang Penghargaan Festival Film Cannes

Baca Juga:
10 Potret Transformasi Raisa yang Lagi Ulang Tahun Hari Ini, Sudah Cantik sejak Kecil

Fakta film Broker (IMDb)

Film "Broker" pertama kali tayang di Festival Film Cannes dan sukses menyedot perhatian. Tak sampai di situ, film "Broker" juga mendapat penghargaan Juri Ekumenis Film Terbaik dari festival film Internasional yang setiap tahunnya digelar di Cannes, Prancis itu.

Film "Broker" dipuji mampu menunjukkan ikatan keluarga tanpa hubungan darah. Film "Broker" juga dianggap mampu menyentuh dimensi spiritual menurut organisasi film Kristen Interfilm dan Signis sebagai Juri Ekumenis Festival Film Cannes.

3. Cetak Sejarah

Baca Juga:
5 Drama Populer Yoo In Na yang Baru Ultah ke-40, Ada My Love From The Star sampai Snowdrop

Fakta film Broker (IMDb)

Selain penghargaan Juri Ekumenis Film Terbaik, Festival Film Cannes juga menganugerahi Song Kang Ho dengan piala Best Actor. Penghargaan untuk Song Kang Ho mencetak sejarah aktor Korea pertama yang meraihnya di Festival Film Cannes.

Film "Broker" juga memecahkan rekor standing ovation (tepuk tangan sambil berdiri) terlama dari penonton Festival Film Cannes. Standing ovation untuk film "Broker" berlangsung selama 12 menit mengalahkan film asal Korea, "Thirst" (2009).

4. Kerja Sama Kedua Sutradara-Bae Doo Na

Baca Juga:
Jane Abel Anak Bambang Pamungkas Tulis Pesan Mengkhawatirkan: Sudah Saatnya Aku Tebus Dosaku di Akhirat

Fakta film Broker (IMDb)

Hirokazu Kore-eda selaku sutradara mengungkapkan bahwa film "Broker" merupakan proyek impiannya. Ide cerita film "Broker" telah dipikirkan Hirokazu Kore-eda sejak 6 tahun silam. Selain itu, Hirokazu Kore-eda, akhirnya bisa bekerja sama lagi dengan Bae Doo Na setelah terakhir kali di film "Air Doll" (2009).

5. Tayang di Indonesia

Fakta film Broker (IMDb)

Meski sudah meraih penghargaan, film "Broker" ternyata belum tayang di Korea Selatan. Rencananya film "Broker" baru tayang di Korea pada musim panas tahun ini, tepatnya pada Rabu (8/6/2022) mendatang.

Penonton film di Indonesia pun tak perlu khawatir apabila tertarik ingin menyaksikan "Broker". Pasalnya CGV telah mengumumkan akan menayangkan film "Broker" pada 16 Juni 2022 mendatang. Catat jadwalnya, jangan sampai kelewatan ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More