Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Kyuhyun. (Instagram/gyuram88)

Matamata.com - Maknae dari Boy Grup legendaris Super Junior Cho Kyuhyun berhasil membuat ELF Indonesia makin cinta. Sebab Kyuhyun yang didapuk menjadi juri grand final Indonesia’s Got Talent tampak fasih berbicara bahasa Indonesia.

Tak hanya jadi juri, member SUJU berjuluk Evil Maknae ini juga sempat membawakan lagu solonya At Gwanghwamun. Suara merdu Kyuhyun dengan lagu yang begitu indah itu berhasil memikat semua penonton.

Seiring penampilannya sebagai juri, warganet pun mulai penasaran dengan Profil Kyuhyun. Terutama mereka yang bukan ELF alias fans Super Junior. Kenalan lebih dekat dengan Kyuhyun lewat ulasan berikut, yuk!

Baca Juga:
Sikapnya ke Kyuhyun Super Junior Dikritik, Reza Arap Klarifikasi: Gue Gak Bisa Sok-Sok Deket

1. Profil dan biodata Kyuhyun

Profil Kyuhyun. (Instagram/gyuram88)

Lahir pada 3 Februari 1988 di Seoul, Korea Selatan dengan nama Cho Kyu Hyun. Ia memakai nama Kyuhyun sebagai nama panggung saat debut dengan Super Junior. Kyuhyun lahir di keluarga pebisnis, ia memiliki kakak perempuan bernama Cho Ahra yang juga diidolakan oleh ELF. Memiliki tinggi badan 180 cm dengan wajah yang tampan, membuatnya menjadi sosok boyfriend material yang sering bikin banyak perempuan halu.

2. Pendidikan

Baca Juga:
Reza Arap Ketemu Kyuhyun Super Junior, Rizky Billar Curhat ke Ady Sky

Profil Kyuhyun. (Instagram/gyuram88)

Kyuhyun adalah member kedua Super Junior yang memiliki IQ tertinggi setelah Kibum. Semasa sekolah, Kyuhyun pernah menjuarai olimpiade matematika hingga berhasil meraih medali emas. Ketika SMP ia menempuh pendidikan di SMP Shinchung yang kemudian dilanjutkan dengan SMA Yumkwang. Selepas SMA, Kyuhyun mengambil kuliah di Universitas Kyunghee. Ia menjadi salah satu member SUJU yang mementingkan pendidikan lho.

3. Awal karier

Profil Kyuhyun. (Instagram/gyuram88)

Kyuhyun memulai karier di dunia tarik suara di tahun 2005. Kala itu ia menjadi juara 3 dalam ajang menyanyi bertajuk Chin Chin Singing Competition. SM Entertainment mengontraknya dan beberapa penyanyi jebolan ajang tersebut. Lalu saat Lee Soo Man merencanakan proyek bernama Super Junior, Kyuhyun dikenalkan sebagai anggota termuda.

Baca Juga:
Ketemu Kyuhyun Super Junior, Attitude Reza Arap Jadi Sorotan: Kesel Banget Lihatnya!

4. Debut

Profil Kyuhyun. (Instagram/gyuram88)

Awalnya Super Junior hanya proyek sementara dan bukan grup permanen. Namun kesuksesan Leeteuk cs membuat SM memastikan bahwa Super Junior sebagai boy group mereka sejak 2006. Masuknya Kyuhyun sebagai member ke-13 awalnya ditolak fans. Ia pun mengalami masa sulit karena masuk ketika SUJU sudah mulai berproses. Akhirnya setelah melewati kesulitan, Kyuhyun diterima oleh anggota dan semua fans. Ia tak hanya jadi maknae tapi juga main vocalist yang debut pula di sub unit Super Junior seperti SUJU M dan KRY.

5. Pernah alami kecelakaan fatal

Baca Juga:
Lirik Lagu Promise You - Kyuhyun, OST Drama Forecasting Love and Weather

Profil Kyuhyun. (Instagram/gyuram88)

Tragedi 19 April 2007 mungkin tak akan pernah dilupakan oleh Super Junior. Kyuhyun, Leeteuk, Eunhyuk, dan Shindong bersama 2 manager mereka baru kembali dari siaran Super Junior Kiss the Radio pada dini hari. Mereka mengalami kecelakaan mobil dan Kyuhyun adalah korban yang paling parah terluka. Tulang pinggulnya patah dan merobek paru-parunya, patah tulang rusuk, luka-luka di wajah, juga memar-memar. Kyuhyun koma selama 4 hari dan harus menjalani dua kali operasi. Setelah sekitar 78 hari menjalani perawatan, Kyuhyun diperbolehkan keluar dari rumah sakit.

6. Jadi juri Indonesia’s Got Talent

Profil Kyuhyun. (Instagram/gyuram88)

Selain menjadi member Super Junior, Kyuhyun melebarkan sayapnya sebagai solois dengan merilis beberapa album solo termasuk At Gwanghwamun yang sukses besar. Ia juga menjadi aktor dan host di banyak reality show. Tak sampai di situ, ia bermain dalam drama musikal seperti The Man Who Laughs sebagai Gwynplaine. Kemampuan akting dan suaranya begitu luar biasa hingga membuatnya menjadi salah satu penyanyi ballad terbaik Korea. Tak heran dengan berbagai prestasinya, Kyuhyun berhasil memikat masyarakat Indonesia ketika jadi juri dalam final Indonesia’s Got Talent.

Kyuhyun adalah maknae Super Junior yang menjadi kesayangan ELF dan para hyung-nya. Meski ia menyandang gelar sebagai Evil Maknae karena keusilannya, tapi tak ada yang meragukan kemampuan bernyanyi dan akting dari Cho Kyuhyun. Sebagai informasi, Kyuhyun yang sempat foto bareng Rossa yang juga juri Indonesia's Got Talent, membuat Henry Lau mantan rekannya di Super Junior M, cemburu. Hayo, bias siapa nih?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More