Yohanes Endra | MataMata.com
Film Komedi Korea Terlucu. (IMDb)

Matamata.com - Komedi menjadi salah satu genre film yang paling banyak disukai oleh pecinta film. Alur cerita yang biasanya ringan dan kocak mampu membuat rasa penat dan stress hilang setelah menyaksikan film komedi.

Korea Selatan dikenal dengan deretan film dan drama yang berkualitas mulai dari alur cerita sampai akting para pemainnya. Tak heran jika film komedi korea banyak yang telah di-remake di beberapa negara.

Ada cukup banyak film bergenre komedi dan sukses menjadi film box office yang digarap oleh sineas Korea Selatan. Tak hanya sepenuhnya komedi, memadukan bumbu romansa, sejarah, hingga kemanusiaan menjadikan film Korea ini menjadi sangat layak ditonton.

Baca Juga:
Sinopsis Honest Candidate 2, Film Komedi Baru yang Dibintangi Ra Mi Ran Sampai Kim Moo Yeol

Nah, berikut sudah MataMata.com himpun sederet film komedi Korea terlucu yang bikin tertawa lepas dan hilangkan stress tapi bisa juga bikin nangis haru. Yuk, langsung cek daftarnya!

1. My Sassy Girl (2001)

Film Komedi Korea Terlucu. (IMDb)

Berbicara soal film komedi romantis, My Sassy Girl adalah film yang wajib ditonton, Sebab, My Sassy Girl diyakini sebagai film Korea pertama yang sukses menarik perhatian dunia pada industri perfilman Korea Selatan. Dibintangi Cha Tae Hyun dan Jun Ji Hyun film ini bahkan telah diadaptasi di beberapa negara. Sebut saja Jepang, China, Amerika, India, juga Indonesia. Kesalahpahaman yang melibatkan dua pemain utama menjadi awal benih cinta yang dipenuhi adegan kocak yang mengocok perut.

Baca Juga:
Sinopsis 6/45, Film Komedi Baru Go Kyung Pyo Bareng Lee Yi Kyung dan Kwak Dong Yeon

2. Welcome to Dongmakgol (2005)

Film Komedi Korea Terlucu. (IMDb)

Memadukan unsur komedi dan sejarah, Welcome to Dongmakgol tak hanya menawarkan alur cerita lucu tapi berbobot. Mengambil latar waktu saat perang Korea berlangsung di sebuah desa bernama Dongmakgol. Ceritanya berkisah tentang warga desa yang tidak menyadari bahwa negaranya sedang menghadapi perang. Kehidupan tenang mereka terancam saat tentara Korea Utara, Korea Selatan, dan pilot Amerika Serikat terdampar di sana. Selain lucu unsur kemanusiaan juga ditonjolkan dalam film ini.

3. Baby and Me (2008)

Baca Juga:
Amitabh Bachchan Siap Menghibur Penonton Lewat Film Komedi!

Film Komedi Korea Terlucu. (IMDb)

Dibintangi Jang Geun suk, Baby and Me menjadi salah satu film komedi Korea yang laris pada masanya. Berkisah tentang seorang Siswa SMA pembuat onar bernama Joon Soo. Kedua orang tuanya sudah tak tahan dengan kelakuan Joon Soo hingga mereka meninggalkannya sendiri di rumah. Hidup Joon Soo jadi jungkir balik saat ia menemukan seorang bayi di depan pintu rumahnya. Ia yang awalnya ingin meninggalkan bayi itu perlahan makin terikat dan mencintai 'anaknya'. Selain lucu adegan penuh haru akan kasih sayang tanpa syarat dari orang tua terhadap anak juga akan membuat emosi penonton teraduk-aduk.

4. Sunny (2011)

Film Komedi Korea Terlucu. (IMDb)

Meski mengusung genre komedi film ini juga menceritakan kisah haru tentang persahabatan sekelompok perempuan sejak masa sekolah. Im Na Mi punya 5 orang teman yang membentuk geng bernama Sunny di sekolahnya. Setelah berpisah karena kesibukan masing-masing ia memutuskan mengumpulkan sahabatnya. Hal ini dilakukannya karena salah seorang temannya mengidap kanker. Menceritakan nostalgia masa indah SMA dan hangatnya persahabatan Sunny sangat layak ditonton. Saat menonton Sunny tidak hanya akan tertawa karena kelucuan ceritanya api juga menangis haru akan kisah persahabat mereka. Sunny belum lama ini dibuat versi Indonesianya dengan judul Bebas (2019).

Baca Juga:
Sinopsis Beast, Film Komedi Aksi India Terbaru Thalapathy Vijay dan Pooja Hegde

5. The Thieves (2012)

Film Komedi Korea Terlucu. (IMDb)

Menggandeng sederet nama besar, The Thieves sukses jadi film terlaris. Sesuai judulnya, film ini menceritakan tentang aksi pencurian dari sekelompok pencuri hebat. Aksi mereka sangat di luar dugaan dan kocak sukses menghibur. Apalagi Jun Ji Hyun dan Kim Soo Hyun ikut menjadi pemain utama dalam film tersebut.

6. Twenty (2015)

Film Komedi Korea Terlucu. (IMDb)

Dibintangi oleh aktor muda dan tampan, Twenty sukses mengocok perut penonton dengan aksi kocak tiga pemain utamanya. Dibintangi oleh Kim Woo Bin, Kang Ha Neul, dan Junho 2PM, Twenty menerima banyak respon positif. Kisah tiga remaja yang mencari jati diri, cinta, dan persahabatan berhasil menghangatkan hati penonton. Aksi kocak dan konyol tiga sahabat berwajah ganteng ini pastinya bakal bikin perut sakit karena terlalu banyak tertawa saat menontonnya.

7. Extreme Job (2019)

Film Komedi Korea Terlucu. (IMDb)

Mengusung genre komedi aksi, Extreme Job mengisahkan penyamaran yang dilakukan oleh sekelompok polisi untuk menangkap gembong narkoba. Mereka menyamar dengan membuka restoran ayam goreng di seberang tempat yang diduga jadi markas bandar narkoba. Kocaknya, restoran yang hanya kamuflase itu malah sukses dan terkenal karena rasa ayam gorengnya yang enak. Film yang dibintangi Ryu Seung Ryong hingga Gong Myung ini sukses jadi box office dan meraup keuntungan lebih dari USD 125 juta. Pendapatan itu mengukuhkan film ini jadi film komedi dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa di Korea.

8. Exit (2019)

Film Komedi Korea Terlucu. (IMDb)

Dibintangi YoonA SNSD dan Jo Jong Suk, Exit bercerita tentang pemuda pengangguran bernama Yong Nam dan Eui Joo yang merupakan juniornya di kampus. Penghuni sebuah gedung harus dievakuasi karena adanya keracunan gas yang belum diketahui penyebabnya. Yong Nam dan Eui Joo pun bekerja sama untuk bisa menyelamatkan diri. Dilihat dari posternya sudah memperlihatkan ekspresi kocak dari Jo Jong Suk dan YoonA.

9. 6/45 (2022)

Film Komedi Korea Terlucu. (IMDb)

Terbaru ada 6.45, dari judulnya saja sudah terdengar unik bukan? Ide ceritanya juga tak kalah unik dan bisa dibilang anti mainstream. 6/45 menceritakan tentang selembar kertas lotre yang menjadi rebutan tentara Korea Selatan dan Korea Utara di wilayah perbatasan. Tiket lotre itu adalah milik sersan Chun Woo yang akan selesai wamil dan secara tak sengaja menemukan sebuah tiket lotre. Siapa sangka tiket yang ditemukannya memenangkan 5.7 Miliar Won. Namun, sial, tanpa sengaja tiket lotrenya terbang ke Korea Utara saat Chun Woo menjalankan tugas. Tiketnya kemudian ditemukan oleh Yong Ho, tentara Korea Utara. Aksi kocak para tentara yang memperebutkan sebuah lotre di garis batas ini bakal mengocok perut penonton.

Perpaduan unsur komedi dengan berbagai genre lain seperti romansa, aksi, sejarah hingga kisah sedih membuat beberapa film komedi tadi wajib ditonton. Mana film favoritmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More