Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Ravi VIXX. (Instagram/ravithecrackkidz)

Matamata.com - Ravi VIXX adalah idol Kpop yang debut sebagai rapper yang tengah terseret kasus dugaan menghindar dari kewajiban wajib militer (wamil). Ravi VIXX dicurigai sudah melanggar undang-undang dinas militer Korea Selatan. 

Sebagaimana diketahui, di Korea Selatan ada beberapa level atau tingkatan dalam wamil yang salah satu kriterianya ditentukan oleh kondisi kesehatan. Nah, Ravi diduga telah menurunkan level wajib militernya lewat broker secara ilegal.

Ia dicurigai sudah melakukan kecurangan dengan memalsukan kondisi kesehatannya sehingga harus menjalani penyidikan dari jaksa. Lantas siapa sebenarnya Ravi VIXX? Kenalan lebih dekat dengan sosoknya lewat ulasan profil Ravi VIXX berikut.

Baca Juga:
Ravi VIXX Dituding Sengaja Hindari Program Wajib Militer, Agensi Angkat Bicara

1. Profil dan biodata Ravi VIXX

Profil Ravi VIXX. (Instagram/ravithecrackkidz)

Nama asli Ravi adalah Kim Won Sik, ia lahir pada 15 Februari 1993 di Jamsil-dong, Seoul, Korea Selatan. Sebelum menjadi idol, Ravi tinggal bersama dengan orang tua dan seorang adik perempuan. Ravi menempuh pendidikan di Baekseok University dan mengambil jurusan Practical Music. Ravi VIXX terbilang aktif di media sosial seperti Weverse, Instagram, dan Twitter. Ia pun rajin memposting foto-fotonya di Instagram.

2. Awal karier

Baca Juga:
Dihujat usai Buat Lirik Lagu Singgung Grup Red Velvet, Ravi VIXX Minta Maaf

Profil Ravi VIXX. (Instagram/ravithecrackkidz)

Ravi memulai kariernya di panggung hiburan Korea sebagai trainee. Ketika masih jadi siswa pelatihan, Ravi mengikuti reality show MyIDOL di Mnet. Ravi pun terpilih menjadi anggota VIXX bersama dengan 5 member lainnya. Bersama dengan VIXX, Ravi debut pada 24 Mei 2012 lewat lagu Super Hero.

Ravi menempati posisi rapper utama dalam VIXX, ia juga anggota dari sub-unit yaitu VIXX LR. Pada tahun 2014, Ravi merilis lagu kolaborasi dengan artis Amerika, Chad Future yaitu Rock the World. Selain menjadi rapper, Ravi juga menekuni pekerjaan sebagai komposer. Dari lagu-lagu VIXX, Ravi terhitung berkontribusi dengan menciptakan 28 lagu. 

3. Dirikan agensi sendiri

Baca Juga:
Sempat Dikabarkan Kencan, Taeyeon SNSD dan Ravi VIXX ternyata Cuma Teman?

Profil Ravi VIXX. (Instagram/ravithecrackkidz)

Ravi kini memilih untuk bersolo karier dan mendirikan agensinya sendiri yaitu GROOVL1N Entertainment. Agensi milik Ravi didirikan pada tahun 2019 lalu. Bersama dengan agensinya Ravi telah merilis beberapa single dan album. 

4. Anggota  2 Days 1 Night

Profil Ravi VIXX. (Instagram/ravithecrackkidz)

Popularitas Ravi melesat setelah ia ikut menjadi cast dalam reality show 2 Days 1 Night. Ravi bergabung pada musim keempat sejak Desember 2019 bersama dengan anggota lain yaitu Kim Jong Min, Yeon Jung Hoon, Moon Se Yoon, Na In Woo, dan DinDin. Namun pada 21 April 2022, Ravi mundur dari variety populer itu setelah 2 tahun 4 bulan. Alasan mundurnya adalah karena harus mengikuti persiapan jelang wamil.

Baca Juga:
Ravi VIXX dan Taeyeon SNSD Disebut Pacaran, GROOVL1N: Mereka Memang Kencan

5. Diduga hindari wajib militer secara ilegal

Profil Ravi VIXX. (Instagram/ravithecrackkidz)

Ravi VIXX menjadi perbincangan karena ia diduga menggunakan broker agar bisa menurunkan levelnya. Kabar itu muncul dari keterangan broker yang berhasil ditangkap polisi setempat. Si broker menyebut membantu rapper yang telah keluar dari acara hiburan terkenal. Rapper itu disebut memalsukan kesehatannya agar bisa menghindar dari wajib militer sebagai tentara aktif.

Ciri-ciri yang disebutkan dirasa mirip dengan Ravi VIXX. Ravi sendiri diketahui mendapatkan penilaian level 4. Dengan berada pada level 4 Ravi mendapat tugas non aktif sebagai pekerja sosial selama wajib militer. Alasan Ravi berada pada level 4 sendiri adalah karena sakit. 

6. Akan jalani penyidikan dengan kooperatif

Profil Ravi VIXX. (Instagram/ravithecrackkidz)

GROOVL1N selaku agensi Ravi pun segera memberikan pernyataan resmi atas masalah tersebut. Dilansir dari Soompi, agensi menyebut jika artisnya akan menjalani proses penyelidikan dengan setia dan kooperatif. Jika dugaan itu benar maka Ravi bisa didakwa telah melanggar Undang-Undang Dinas Militer. Jaksa pun kabarnya akan segera memanggil Ravi untuk dimintai keterangan.

Itu tadi profil Ravi VIXX yang sedang disorot karena tersandung kasus dugaan menghindari wajib militer secara ilegal. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More