Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Choi Siwon (Instagram/siwonchoi)

Matamata.com - Choi Siwon atau dikenal juga dengan Siwon Super Junior menjadi satu-satunya artis KPop yang diundang dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta. Kehadiran Siwon bukan sebagai anggota SUJU tapi Duta UNICEF Asia Timur dan Pasifik.

Siwon juga menjadi pembicara dalam sesi ASEAN Business & Investment Summit 2023 dalam acara yang dihadiri petinggi negara Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika tersebut. Kehadiran pelantun lagu Sorry Sorry itu membuat netizen kepo dengan profil Choi Siwon.

Apalagi sosoknya pun dekat dengan sejumlah artis Indonesia seperti Raffi Ahmad, Luna Maya, hingga Agnez Mo. Yuk kenalan lebih dekat dengan Siwon lewat ulasan lengkap tentang profilnya berikut.

Baca Juga:
Dua-duanya Keturunan Ningrat, Video Dita Karang dan Choi Siwon Isi Acara Bareng Tuai Decak Kagum

1. Profil Choi Siwon

Profil Choi Siwon (YouTube/ASEAN BAC INDONESIA 2023)

Choi Siwon sejatinya lahir pada 7 April 1986 tetapi dalam akta kelahiran, tanggal lahirnya didaftarkan dengan tanggal lahir 10 Februari 1987. Siwon adalah seorang chaebol seperti yang biasa disaksikan di dalam drama Korea.

Ayahnya, Choi Ki Ho merupakan CEO dari Boryung Medicine, sebuah perusahaan farmasi besar di Korea Selatan. Siwon mempunyai seorang adik perempuan bernama Choi Ji Won yang cukup populer meski bukan artis.

Baca Juga:
Fans Sebut Choi Siwon Tak Dihormati Rekan Bisnis asal Indonesia, Ini Penyebabnya

Siwon yang lulus dari Inha University tahun 2012 dikenal sebagai salah satu idol dan aktor religius, cerdas dan kompeten. Sampai sekarang Siwon populer sebagai member Super Junior, aktor, model, pengusaha, serta aktivis sosial.

2. Perjalanan Karier

Profil Choi Siwon (YouTube/ASEAN BAC INDONESIA 2023)

Sebagai anak dari pengusaha sukses dan kaya, Choi Siwon terjun ke dunia hiburan secara tidak sengaja. Ia ditemukan oleh pencari bakat ketika menunggu teman SMAnya dan ikut audisi tanpa sepengetahuan orang tuanya. Meski mendapat izin jadi artis tapi orang tuanya membiarkannya hidup mandiri.

Baca Juga:
8 Potret di Balik Layar Bloodhounds: Ada Woo Do Hwan, Lee Sang Yi dan Choi Siwon Super Junior

Siwon muncul dalam MV Dana The Grace (2003), drama Precious Family (2005) dan Eighteen, Twenty-Nine (2005) sebelum resmi debut. Kemudian Siwon diumumkan akan debut sebagai anggota Super Junior pada 2005. Bersama SUJU, Siwon meraih popularitas luar biasa. Sampai sekarang, Super Junior adalah grup senior yang masih aktif dan tetap tenar.

Selain sebagai idol Kpop, Siwon juga merupakan aktor yang sudah membintangi banyak film dan drama. Beberapa drama populer yang ia bintangi yaitu She Was Pretty hingga Work Later, Drink Now.

3. Kehidupan Pribadi

Baca Juga:
Choi Siwon Curhat Kesepian dan Butuh Pacar Pakai Bahasa Indonesia, Siap Antre Jadi Selir?

Profil Choi Siwon (Instagram/siwonchoi)

Siwon menjalani wajib militer pada 19 November 2015 usai merampungkan drama She Was Pretty. Selain sibuk sebagai idol dan aktor, Siwon memiliki kehidupan pribadi yang sangat sibuk. Sebab dirinya aktif di berbagai kegiatan sosial dengan sejumlah jabatan sosial sebagai duta.

Usai wamil pada 2017 Siwon bergabung dengan UNICEF Korea dan aktif dalam kampanye ‘SMile for U’ di Vietnam. Siwon ditunjuk menjadi Duta UNICEF Asia Timur dan Pasifik pada 2019 yang membuatnya turut hadir sebagai pembicara dalam KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Siwon juga baru saja didapuk jadi Duta Promosi Korea Selatan dalam rangka 50 Tahun Hubungan Persahabatan Indonesia dan Korea Selatan. Satu lagi jabatan sosial mentereng yang disandang oleh Siwon yaitu Penasihat Kampanye Anti Narkoba. Jabatan tersebut diterima Siwon pada Juli 2023 dari Korea Association Against Drug Abuse.

Siwon yang punya nama Indonesia Agung dikenal religius dan tak pernah terlibat skandal. Tak ayal Siwon menjadi idola sejuta umat paket komplit, tampan, kaya, dan berjiwa sosial.

4. Biodata Choi Siwon

Profil Choi Siwon (Instagram/siwonchoi)

Nama lengkap: Choi Si-won

Nama panggung: Siwon

Tempat, tanggal lahir: Seoul, Korea Selatan, 10 Februari 1987

Usia: 36 Tahun

Orang tua: Choi Ki Ho

Saudara: Choi Ji Won (adik perempuan)

Pekerjaan: Aktor, penyanyi, model, pengusaha, aktivis sosial

Grup: Super Junior, Super Junior-M

Label: S.M. Entertainment, Label SJ, Avex Trax

Instagram: @siwonchoi

Itulah profil Choi Siwon satu-satunya idol Kpop yang diundang dan jadi pembicara dalam KTT ASEAN 2023 sebagai Duta UNICEF Asia Timur dan Pasifik. Jadi makin ngefans, kan?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More