Penampilan Megadeth di atas panggung JogjaROCKarta 2018, Stadion Kridosono, Yogyakarta, Sabtu (27/10/2018). (Rajawali Indonesia Communication)

Matamata.com - Bencana gempa dan tsunami Palu dan Donggala tak hanya menyita perhatian pemerintah dan masyarakat lokal, tapi juga internasional. Banyak figur publik yang menyampaikan rasa empatinya, mulai dari Korea Selatan hingga Amerika Serikat.

Beberapa figur publik mancanegara ini menyatakan bela sungkawa lewat akun media sosial mereka. Bahkan, ada pula yang berbaik hati membantu secara materi.

Ketika ada bencana alam, banyak pihak yang merasa tergerak hatinya untuk membantu secara langsung. Bahkan, ada yang rela melelang barang berharganya untuk kemudian hasilnya disumbangkan kepada korban bencana alam.

Baca Juga:
5 Pasangan Bollywood yang Sudah Tinggal Serumah sebelum Menikah

Berikut ini Matamata.com berikan deretan musisi yang rela melelang alat musiknya untuk membantu korban bencana alam.

1. Slank

Slank. (Instagram/@slankdotcom)

Abdee Slank pernah melelang gitar untuk korban gempa Sulawesi Tengah pada 2012 silam. Gitar itu dilelang ketika mereka mengisi acara konser bertajuk Senandung untuk Negeri di Hard Rock Cafe, Jakarta.

Baca Juga:
Cerita 5 Seleb Hollywood Selamat dari Kecelakaan Pesawat

Gitar itu kemudian berhasil dimiliki Aburizal Bakrie senilai Rp 80 juta.

2. Elek Yo Band

Elek Yo Band dalam acara penggalang dana untuk Palu dan Donggala. [suara.com/Wahyu]

Band yang beranggotakan kabinet kerja Joko Widodo ini mengadakan lelang gitar yang sudah ditandatangani oleh mereka. Harga lelang dibuka senilai Rp 100 juta. Akhirnya, lelang gitar itu berhasil tembus Rp 1 miliar oleh Jonathan Tahir.

Baca Juga:
Masih Ingat dengan Cu Pat Kai, Begini Kabarnya Sekarang

Lelang gitar Elek Yo Band di konser amal Gala Dana 100 Biduan Hits untuk Palu-Donggala Sulteng di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, pada 5 Oktober 2018.

3. Linkin Park

Linkin Park. (Instagram/@linkinpark)

Linkin Park menjual sekitar 200 alat musik milik mereka. Hasil penjualannya akan didonasikan kepada Music for Relief, sebuah program amal yang digagas oleh para personel Linkin Park untuk membantu korban bencana alam.

Linkin Park melelang gitar-gitar itu pada 4 April 2018 lalu.

4. Megadeth

Megadeth dan tim JogjaROCKarta bersama dua gitar yang akan di lelang, Hotel Hyatt, Yogyakarta, Jumat (26/10/2018). (Rajawali)

Band trash metal, Megadeth, baru saja menggelar konser di acara JogjaROCKarta di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Sabtu (27/10/2018) lalu. Tak hanya menghibur penonton, Megadeth juga melelang dua gitar milik mereka yang telah ditandatangani oleh para personelnya.

Hasil lelang kemudian disalurkan kepada korban gempa tsunami Palu dan Donggala.

5. Ebiet G Ade

Ebiet G Ade. (Instagram/@ebiet_g_ade)

Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) bersama PWI Jateng mengadakan konser peduli bencana. Menghadirkan Ebiet G Ade sebagai bintang tamu. Acara tersebut dilaksanakan pada 23 Januari 2015 lalu.

Saat itu, Ebiet G Ade melelang gitar dan CD terbarunya danlaku seharga Rp 45 juta oleh Ketua Umum GP Farmasi Jateng, Koesbianto Singgih.

Load More