Ahmad Dhani (Suara.com/Muhaimin A Untung)

Matamata.com - Setelah menggeluti dunia entertainment, banyak artis yang belum puas dan mencoba terjun ke dunia politik.

Banyak artis yang masih eksis di dunia politik sampai saat ini, seperti Pasha Ungu, Rachel Maryam, Hengky Kurniawan, dan masih banyak lagi.

Namun, ada juga 5 sosok artis malah kena kasus hukum setelah terjun ke dunia politik. Bahkan, di antara mereka juga masih ada yang masih mendekam di tahanan.

Baca Juga:
Satu Sel dengan Psikopat, Mandala Soji Bagikan Pengalamannya

Ada siapa aja? Berikut 5 sosoknya yang telah Matamata.com rangkum:

1. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani saat jalani sidang eksepsi di Surabaya, Selasa (12/2/2019) (Suara.com/Achmad Ali)

Sejak memasuki dunia politik, Ahmad Dhani kerap mengunggah cuitan maupun video soal kritik untuk Pemerintahan Jokowi. Kemudian, ia sempat mengunggah vlog yang membawanya pada kasus ujaran kebencian. Dilaporkan oleh Koalisi Bela NKRI, saat ini ia pun mendekam di LP Cipinang, Jakarta Timur.

Baca Juga:
Lucunya Sang Cucu Salma Heboh Tiup Lilin di Ultah Ratna Sarumpaet

2. Mandala Shoji

Mandala Shoji saat bebas dari penjara [Suara.com/Ismail]

Mandala Shoji sebelumnya terjun ke dunia politik dan jadi salah satu calon anggota legislatif di Pemilu 2019. Namun, baru-baru ini ia terkena kasus pelanggaran aturan kampanye dengan membagikan kupon umrah. Ia baru-baru ini dibebaskan dari penjara setelah vonis 3 bulan dan denda Rp 5 juta.

3. Angelina Sondakh

Baca Juga:
Dijenguk Ari Lasso di Penjara, Tampilan Ahmad Dhani Jadi Sorotan

Angelina Sondakh. (Suara.com/Oke Atmaja)

Jadi salah satu artis yang juga terjun di dunia politik, malah membuat Angelina Sondakh masuk ke penjara. Ia dinyatakan masuk dalam kasus suap pembahasan anggaran proyek Wisma Atlet Palembang. Ia pun divonis 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta.

4. Zumi Zola

Sidang tersebut beragendakan pembacaan surat dakwaan, sebelumnya KPK menetapkan Zumi Zola sebagai tersangka dalam dua kasus berbeda. Kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan kasus dugaan suap di Jambi. (Suara.com/Muhaimin A Untung)

Aktor ganteng Zumi Zola memang menyita perhatian saat jadi Bupati dan Gubernur di daerah Jambi. Namun, setelah hampir 9 tahun berkarier di dunia politik, ia justru tersandung kasus suap RAPBD Provinsi Jambi 2018 dan harus mendekam di penjara.

5. Ratna Sarumpaet

Aktivis perempuan Ratna Sarumpaet memberi keterangan tentang kasus penganiyaannya yang tersebar ke media sosial saat konferensi pers di rumahnya, Kampung Melayu kecil, Jakarta, Rabu (3/10). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Menjelang Pilpres 2019, sosok Ratna Sarumpaet yang sempat dikenal jadi artis tahun 1970-an ini terkena kasus hukum. Sosok yang mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ini jadi salah satu aktivitis 2019 Ganti Presiden dan menyebarkan hoax bahwa ia dipukuli oleh lawan politiknya.

Load More