Yohanes Endra | MataMata.com
Joko Anwar dan poster film Perempuan Tanah Jahanam (Sumarni, Twitter/jokoanwar)

Matamata.com - Film Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore) resmi masuk nominasi Piala Oscar 2021. Perempuan Tanah Jahanam menjadi perwakilan Indonesia dalam kategori Best International Feature Film, yang dulunya bernama Best Foreign Film, dalam ajang Academy Awards ke-93.

"Sesuai pedoman Komite Seleksi Oscar di Indonesia dan regulasi Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), setelah dilakukan penilaian, komite menetapkan film berjudul Perempuan Tanah Jahanam menjadi wakil Indonesia sebagai film pilihan di kategori International Feature Film," ujar Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia Garin Nugroho, Selasa (10/11).

Bukan tanpa alasan, keberhasilan Perempuan Tanah Jahanam masuk nominasi Oscar tak lain karena film Indonesia tersebut sudah memenuhi kriteria seperti skenario dan penyutradaraan.

Baca Juga:
Pemeran Bu Tejo: Mas Joko Anwar, Tolong Saya Dinotice Buat Main Film Anda

Perempuan Tanah Jahanam masuk nominasi Piala Oscar 2021. (Instagram/@jokoanwar)

Garin Nugroho juga menilai bahwa film ini punya banyak unsur menarik. "Dalam film ini ada yang menarik. Mulai dari unsur-unsur yang telah teruji, hingga latar belakang budaya terkait mistisme di Indonesia juga menjadi swadaya kuat dari film ini," kata Garin.

Sementara, sutradara Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar juga ikut menyampaikan kabar gembira ini melalui akun Twitter dan Instagram. "Impetigore (Perempuan Tanah Jahanam) is Indonesia's official submission for the 93rd ACADEMY AWARDS," bunyi unggahan akun @jokoanwar.

Unggahan Joko Anwar tersebut mendapatkan banyak komentar dari para aktor, sutradara, dan seniman lainnya. "Layak," ujar Ernest Prakasa. "Congratssss abang," tulis akun melissa_karim.

Baca Juga:
Bioskop Segera Dibuka, Ini Komentar Joko Anwar

Load More