Yohanes Endra | MataMata.com
Para Pemain dan Kru film 'Generasi 90an Melankolia'. (Matamata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Generasi 90an Melankolia resmi ditayangkan di platform streaming Netflix sejak hari Kamis (11/3/2021) lalu.  Film yang diangkat dari buku karya Marchella FP dengan judul yang sama ini dulunya sempat tayang di bioskop tepatnya pada April 2020. Tapi, pemutarannya terpaksa terhenti pada 24 Desember 2020 lalu karena adanya pandemi.

Seperti judulnya, Film Generasi 90an Melankolia disuguhkan dengan nuansa era 90-an. Mulai dari musi, game sampai gaya berpakaiannya. Tak heran, tidak sedikit dari penonton yang merasa throwback usai menyaksikan film Garapan Visinema ini.

Para Pemain dan Kru film 'Generasi 90an Melankolia'. (Matamata.com/Alfian Winanto)

Sinopsis Generasi 90an Melankolia

Baca Juga:
Ari Irham Ngaku Depresi Perankan Karakter Abby di Generasi 90an Melankolia

Film ini bercerita tentang kehidupan Abby (Ari Irham) yang dilanda kesedihan sekaligus rasa bersalah usai kematian kakaknya, Indah (Aghniny Haque) yang tewas akibat kecelakaan pesawat.

Kesedihannya ini membuat Abby menjalani hidupnya dengan penuh putus asa. Apalagi kedua orang tuanya juga merasakan hal yang sama.

Untung saja di tengah keterpurukannya, Abby dihampiri oleh Sephia (Taskya Namya) yang merupakan sahabat indah yang juga sudah mengenal Abby sejak kecil dan dianggap anak sendiri oleh kedua orang tua Abby.

Baca Juga:
Main Film Generasi 90an: Melankolia, Ari Irham Tak Kesulitan

Kehadiran Sephia perlahan mulai memunculkan kembali semangat Abby menjalani kehidupan. Tapi mampukah Abby sepenuhnya bangkit dari keterpurukan itu?

Secara keseluruhan Film Generasi 90an Melankolia menggambarkan 5 stages of grief atau 5 tahapan kesedihan yang terdiri dari penolakan (denial), kemudian menimbulkan rasa marah (anger), muncul pertimbangan (bargaining), perasaan depresi (depression), hingga akhirnya menerima (acceptance).

Para Pemain dan Kru film 'Generasi 90an Melankolia'. (Matamata.com/Alfian Winanto)

Pemeran Generasi 90an Melankolia

Baca Juga:
Generasi 90an: Melankolia, Film yang Kental dengan Sentuhan Khas

Sejumlah aktor dan aktris kenamaan Indonesia yang membintangi film ini diantaranya:

  • Ari Irham sebagai Abby
  • Aghniny Haque sebagai Indah
  • Taskya Namya sebagai Sephia
  • Jennifer Coppen sebagai Kirana
  • Wafda Saifan sebagai Bayu
  • Gunawan Sudrajat sebagai Ayah Abby
  • Marcella Zalianty sebagai Ibu Abby
  • Amaranggana sebagai Ibu Kirana
  • Francois Mohede sebagai Ayah Kirana

Fakta Menarik Generasi 90an Melankolia

1. Diadaptasi dari buku laris karya Marchella F.P

Selain penggarapan film apik dari Angga Dwimas Sasongko bersama Visinema. Keberhasilan, Marchella FP dalam mengembangkan cerita dalam bukunya patut diacungi jempol. Anda juga bisa membaca buku dengan judul sama yang sampai saat ini masih tayang di pasaran ini.

2. Dihiasi pemain-pemain baru

Ari Irham sebagai pemeran utama dalam film ini berhasil memerankan karakter Abby dengan baik. Tak heran meski terhitung baru dalam dunia seni peran kesuksesannya sudah pernah ditunjukkan Ari Irham melalui film Terlalu Tampan (2019)

3. Membawa kembali nuansa 90-an

Bagi Anda yang sempat menikmati kehidupan di tahun 90an mungkin akan semakin menikmati film ini. Pasalnya, Angga Dwimas Sasongko memberikan kesan sempurna untuk memutar ulang ingatan itu dengan adanya perabotan, gaya berpakaian hingga budaya di tahun itu.

Cara Menonton Generasi 90an Melankolia

Anda dapat menonton Film Generasi 90an Melankolia melalui layanan streaming Netflix cukup dengan mengetikkan judul film pada kolom search. Atau lebih mudahnya, cukup klik link berikut. 

Itulah sederet informasi mengenai film Generasi 90an Melankolia. Tertarik untuk menonton? (Hillary Sekar Pawestri)

Load More