Yohanes Endra Farah Nabila | MataMata.com
Ria Ricis saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

Matamata.com - Ria Ricis dikritik netizen dan para pengguna media sosial karena dituding menjadikan kabar duka kematian ayahnya sebagai konten YouTube.  Meninggalnya sang ayah dituding jadi bahan konten bagi Ria Ricis dan timnya untuk mendulang adsense. Krikan pun mencuat seiring dengan munculnya deretan video yang diunggah lewat kanal YouTube Ricis Official pasca kematian sang ayah pada Jumat (4/6/2021).

Netizen pun merasa miris karena Ria Ricis mengunggah 5 konten dalam sehari yang berkaitan dengan meninggalnya sang ayah. Berikut deretan konten YouTube Ria Ricis yang menuai sorotan.

1. Sehari setelah kematian sang ayah, Ria Ricis mengungah sebuah video pemakaman almarhum berjudul "Rumah Baru Papa". Video ini sudah ditonton lebih dari 4 juta kali dan menduduki trending YouTube

Baca Juga:
Bikin Konten saat Ayah Meninggal, Ria Ricis Dibandingkan dengan BCL

Konten Ria Ricis yang menuai sorotan [YouTube/Ricis Official]

2. Di hari yang sama, Ria Ricis juga mengunggah vlog aktivitasnya. 

Konten Ria Ricis yang menuai sorotan [YouTube/Ricis Official]

3. Setelah itu, Ricis juga mengunggah video tentang kamar Papanya. Video berjudul "Liat Kamar Papa Terakhir Kali" ini juga banjir viewers dikarenakan mengulas soal properti pribadi almarhum.

Konten Ria Ricis yang menuai sorotan [YouTube/Ricis Official]

4. Ricis kemudian mengunggah videonya ketika di Waerebo, Nusa Tenggara Timur. Ia mengunggahnya dengan judul "Waerebo, Tempat Saya Berduka". Diketahui, saat sang ayah meninggal, Ricis masih berada di tempat tersebut.

Baca Juga:
Ngonten YouTube saat Ayah Wafat, Ria Ricis Diprotes: Sehina-hinanya Konten!

Konten Ria Ricis yang menuai sorotan [YouTube/Ricis Official]

5. Di hari yang sama, Ria Ricis kembali mengulas soal kepergian sang ayah dan mengaitkannya dengan ulang tahun sang ibu.

Konten Ria Ricis yang menuai sorotan [YouTube/Ricis Official]

Lima video Ria Ricis tersebut menuai sorotan lantaran dianggap menjadikan kematian ayahnya sebagai konten pendulang adsense. Hal ini lantaran adanya iklan dalam setiap video yang diunggah pada 6 Juni 2021 tersebut.

"Mendulang traffic dan adsense dari kematian ayah kandung adalah sehina-hinanya konten,” tulis Mazzini di akun Twitter @mazzini_gsp Senin (7/6/2021).

Baca Juga:
Biodata Ria Ricis: YouTuber yang Tak Bisa Dampingi Ayahnya saat Meninggal

Mazzini berpandangan sikap Ria Ricis sangat tak etis. Sebab, jika hanya satu video dokumentasi tanpa iklan, masih dianggap wajar seperti video YouTube yang diabadikan kakaknya, Oki Setiana Dewi.

"Ini kakaknya bikin video nggak ada iklan kok, isinya ya dokumentasi pemakaman, terus kronologi ayahnya pas sakit sama minta doa semuanya. Kalau begini masih bisalah kita bilang video dokumentasi," lanjutnya sambil melampirkan video Oki Setiana Dewi.

Mazzini berandai-andai kalau dia adalah Ria Ricis, ia tak akan sudi wafat ayahnya dijadikan bahan konten Youtube. Lebih baik mengenang ayahnya dengan menggelar pengajian.

"Misal gue jadi Ricis, ayah meninggal daripada suruh tim bikin konten untuk yutup mending ajakin tim yang rame itu yasinan daripada lemburan. Misal ini konten ide tim kreatif, kalau gue jadi Ricis, gue tabok yang ngasih ide bokap gue mokat dikontenin, sumpah aja," tulisnya.

Itulah 5 konten YouTube Ria Ricis yang dinilai kontroversial karena dituding menggunakan kematian ayahnya sebagai pendulang adsense.

Load More