Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Album Red ‘Taylor’s Version’ (Instagram/@swifties_of_new_york)

Matamata.com - Sudah tahu kan kalau Taylor Swift baru saja merilis album baru pada tanggal 12 November 2021 kemarin? Kini, kalian dapat mendengarkan album terbaru yang dirilis oleh Taylor Swift tersebut di berbagai platform digital, termasuk juga kanal YouTube official Taylor Swift, lho. 

Tak sedikit para penggemar karya-karya Taylor Swift yang sangat menantikan album berjudul Red ‘Taylor’s Version’ tersebut sejak teaser album tersebut diunggah. Meskipun album berisikan lagu-lagu patah hati tersebut sudah pernah dirilis pada tahun 2012 silam, antusiasme mereka sama sekali tak berkurang. 

Apalagi, para penggeamr Taylor Swift atau yang dikenal dengan sebutan Swifties cukup penasaran dengan gaya Taylor Swift dalam mengemas ulang lagu-lagu lamanya tersebut. Ditambah lagi, versi terbaru dari album Red ini juga akan sedikit berbeda dari versi sebelumnya, lho. Jangan hanya mendengarkan lagunya, yuk cek fakta album Red ‘Taylor’s Swift’ berikut ini!

Baca Juga:
Profil Taylor Swift, Meraih Grammy Awards 2021 Berkat Album Folklore

1. Rekaman Ulang

Fakta Album Red ‘Taylor’s Version’ (Instagram/taylorswift)

Merasa tak asing dengan lagu-lagu yang ada di album terbaru Taylor Swift ini? Tentu saja, karena album tersebut sebenarnya merupakan rekaman ulang dari album lama Taylor Swift yang berjudul Red. 

Album berjudul Red tersebut sebenarnya bisa dibilang sebagai salah satu album Taylor Swift yang paling laris di pasaran dan bahkan laku sebanyak 1,208 juta kopi di Amerika Serikat di hari pertama perilisannya. 

Baca Juga:
Daftar Pemenang Grammy Awards 2021: Ada Billie Eilish sampai Taylor Swift

Namun, karena adanya konflik antara Taylor Swift dengan label rekaman Big Machine Records yang dulu menjadi mitranya selama belasan tahun, ia memilih untuk merekam ulang album tersebut dan mendistribusikannya melalui label baru yang menaunginya.

2. Album Kedua yang Direkam Ulang Bersama Republic Records

Fakta Album Red ‘Taylor’s Version’ (Instagram/taylorswift)

Rupanya, album bertajuk Red ‘Taylor’s Version’ tersebut merupakan album kedua yang direkam dan didistribusikan oleh Taylor Swift melalui label Republic Records milik Universal Music Grup (UMG). 

Baca Juga:
4 Bukti Taylor Swift Cantik Luar Dalam: dari Album Baru hingga Aksi Sosial

Pada bulan April lalu, Taylor Swift dan Universal Music Group telah mendistribusikan ulang album Fearless ‘Taylor’s Version’ yang terdiri dari 26 lagu, ditambah satu lagu bonus. Selain kedua album ini, Taylor Swift berjanji akan segera merekam ulang empat album lainnya.

3. Konflik Taylor Swift

Fakta Album Red ‘Taylor’s Version’ (Instagram/taylorswift)

Fakta album Red ‘Taylor’s Version’ ini sebenarnya diproduksi ulang karena Taylor Swift tak memiliki hak karya atas album Red dan lima album lainnya. 

Parahnya lagi, setelah Taylor Swift pindah ke Universal Music Grup, Big Machine Records, yang memiliki hak atas master atau rekaman pertama keenam albumnya, diakuisisi oleh Schooter Braun, yang konon telah mem-bully Taylor Swift secara online. 

Khawatir akan masa depan karya-karyanya di tangan Schooter Braun, Taylor Swift memutuskan untuk membuat rekaman baru dan mendistribusikan kembali keenam album tersebut.

4. Berisi 30 Lagu

Fakta Album Red ‘Taylor’s Version’ (Instagram/taylorswift)

Versi Taylor dari album Red ini akan terdiri dari 30 lagu. Beberapa dari lagu tersebut sudah pernah dirilis dalam album Red versi sebelumnya, sementara beberapa lagi merupakan koleksi lagu The Vault yang pernah ia rencakan untuk album Red 2012 tapi belum sempat dirilis. Jadi, album ini sangat cocok untuk kalian yang sangat suka mendengarkan lagu-lagu Taylor Swift selama berjam-jam.

5. Kolaborasi

Fakta Album Red ‘Taylor’s Version’ (Instagram/@taylorswiift.zone)

Masih sama dengan album Red versi 2012, dalam album Red ‘Taylor’s Version’ ini, Taylor Swift akan berkolaborasi bersama beberapa musisi. Salah satunya adalah Ed Sheeran yang telah berkolaborasi dan bersahabat dengannya sejak lama. Dua lagu duet dua sahabat lama ini adalah Everything Has Changed dan Run, lagu pertama yang pernah mereka buat namun selama ini tersimpan dalam koleksi The Vault. 

6. “Better Man” dan “Ronan”

Fakta Album Red ‘Taylor’s Version’ (Instagram/@swifties_of_new_york)

Menariknya lagi, album rekam ulang Red ‘Taylor’s Version’ ini juga akan diramaikan dengan lagu berjudul Better Man dan Ronan, lho. Better Man merupakan lagu yang dinyanyikan oleh grup penyanyi country Little Big Town pada 2016. Namun, lagu tersebut pada dasarnya merupakan lagu buatan Taylor Swift, lho.

Sementara itu, Ronan merupakan lagu ciptaan Taylor Swift di tahun 2012 yang terinspirasi dari blog milik Maya Thomson. Lagu tersebut berkisah tentang Ronan, putra Maya Thomson yang meninggal di usia 3 tahun karena penyakit kanker langka Neuroblastoma yang dideritanya.

7. Ada Film Pendek

Fakta Album Red ‘Taylor’s Version’ (Instagram/@taylorswift)

Tak hanya berisikan lagu-lagu lama yang lebih fresh, album Red ‘Taylor’s Version’ ini juga akan menyajikan lagu spesial dengan durasi 10 menit, lho. Menariknya, video musik lagu berjudul All Too Well tersebut dikemas dalam bentuk film pendek yang dibintangi oleh Sadie Sink, Dylan O’Brien, dan Taylor Swift.

Itulah fakta album Red ‘Taylor’s Version’. Jadi, kalian sudah mendengarkan semua lagu dalam album rekam ulang ini belum? Bagaimana pendapat kalian tentang album ini dibandingkan versi lamanya?

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More