Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta film Moonfall (IndieWire)

Matamata.com - Film "Moonfall" mulai tayang di bioskop Indonesia sejak 2 Februari 2022. "Moonfall" menarik perhatian karena menyuguhkan petualangan fiksi ilmiah fantastis yang juga sekaligus menyajikan humor.

Seperti judulnya, film "Moonfall" berkisah tentang jatuhnya bulan karena kehilangan gravitasi. Sebuah kekuatan misterius di luar angkasa membuat bulan jatuh dari orbit. Tentu jatuhnya bulan ke bumi akan menimbulkan bencana dahsyat, bahkan kiamat.

Di film "Moonfall", Jo Fowler dan Brian Harper yakin bisa menyelamatkan dunia dari jatuhnya bulan. Dua mantan astronot tersebut dibantu KC Houseman, penggila konspirasi yang menemukan teori tersendiri tentang jatuhnya bulan. Mereka bertiga akhirnya pergi ke bulan untuk menyelamatkan bumi dari kemusnahan.

Baca Juga:
7 Fakta Film Sayap-Sayap Patah, Ariel Tatum Jadi Istri Nicholas Saputra

Tak hanya ceritanya, film "Moonfall" juga memiliki sejumlah fakta menarik yang patut disimak. Redaktur MataMata.com telah menyiapkan rangkumannya berikut ini.

1. Durasi Produksi Film

Fakta film Moonfall (YouTube/Lionsgate Movies)

Film "Moonfall" dibuat selama 61 hari. Kurun waktu itu terbilang lama karena dilaksanakan selama pandemi Covid-19. Film "Moonfall" dibuat dengan penuh efek. Namun apabila dilihat dari trailer, film "Moonfall" menyuguhkan visual yang tampak nyata.

Baca Juga:
10 Fakta Film Kukira Kau Rumah, Prilly Latuconsina jadi Perempuan Bipolar

2. Sutradara

Fakta film Moonfall (YouTube/Lionsgate Movies)

Banyak yang berekspektasi besar kepada film "Moonfall" karena digarap oleh Roland Emmerich. Sineas Jerman spesialis film bencana dan fiksi ilmiah ini menulis sekaligus mengarahkan film "Moonfall" di Montreal, Kanada. Emmerich menulis skenario film ini bareng Harald Kloser dan Spencer Cohen.

3. Teori Hollow Moon

Baca Juga:
Sinopsis dan Fakta Film Cinta Pertama, Kedua & Ketiga

Fakta film Moonfall (YouTube/Lionsgate Movies)

Teori Hollow Moon menjadi inspirasi utama Roland Emmerich dalam menulis skenario "Moonfall". Salah satu buku yang dibaca Roland Emmerich adalah "Who Built the Moon" yang ditulis Christopher Knight dan Alan Butler. Teori Hollow Moon mempercayai bahwa bulan adalah bola berongga yang besar dan memiliki ruang interior substansial meski tidak banyak bukti untuk meyakininya.

4. Gunakan GNS

Fakta film Moonfall (YouTube/Lionsgate Movies)

GNS (Guidance and Navigation Simulator) atau simulator pesawat ulang-alik merupakan salah satu dari tiga perangkat yang digunakan untuk melatih astronot. GNS digunakan untuk simulator pesawat ulang-alik kedua Johnson Space Center NASA di Houston, Texas. Film "Moonfall" rupanya menggunakan GNS atas izin NASA. Detail tersebut rupanya belum pernah ada di film fiksi ilmiah mana pun.

Baca Juga:
5 Fakta Film Escape, Lee Je Hoon Keturutan Main Bareng Goo Kyo Hwan

5. Film Kehancuran

Fakta film Moonfall (YouTube/Lionsgate Movies)

Sutradara Roland Emmerich sebelumnya telah dikenal mengarahkan film-film kehancuran seperti "2012", "Independence Day", dan "The Day After Tomorrow". Film "Moonfall" rupanya menyuguhkan campuran film "2012" dan "Independence Day" dengan garis cerita bumi terancam lenyap apabila bulan jatuh.

6. Anggaran Produksi

Fakta film Moonfall (YouTube/Lionsgate Movies)

Trailer film "Moonfall" menyuguhkan visualisasi yang menakjubkan. Bagaimana tidak, anggaran untuk memproduksi film "Moonfall" sebesar 146 juta dollar atau sekitar Rp2,1 triliun. Sebagai film independen, anggaran produksi tersebut tentu begitu fantastis.

7. Peran Utama

Fakta film Moonfall (YouTube/Lionsgate Movies)

Mantan astronot Jo Fowler di "Moonfall" akan diperankan Halle Berry. Tokoh yang diperankan Halle Berry ternyata seharusnya laki-laki. Namun sang sutradara merasa tidak ada salahnya membuat karakter Jo Fowler sebagai perempuan. Halle Berry dipilih karena telah berpengalaman sebagai aktris. Halle Berry pun diceritakan langsung menyetujui peran tersebut saat mendapatkan tawaran.

Selain Halle Berry, Patrick Wilson yang dikenal sebagai bagian dari film "Conjuring" berperan sebagai mantan astronot Brian Harper. Sedangkan John Bradley berperan sebagai K.C. Houseman yang akan menjadi 'jantung' bagi film "Moonfall". Wajahnya tentu tidak asing bagi pecinta serial "Game of Thrones".

Makin penasaran sekeren apa filmnya kan? Jangan sampai kelewatan nonton film "Moonfall" di bioskop terdekat ya! 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More