Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Grammy Awards 2022. (Instagram/recordingacademy)

Matamata.com - Ajang penghargaan Grammy Awards kembali digelar. Setelah sempat tertunda lantaran melonjaknya Covid-19 di AS, acara tersebut akhirnya dapat terlaksana pada Senin , 4 April 2022 waktu Indonesia. 

Acara penghargaan musik terbesar itu berlangsung di MGM Grand Arena, Las Vegas, Amerika Serikat. Grammy Awards ke 64 tersebut diramaikan oleh sederet artis dunia seperti Billie Eilish, Lil Nas X, hingga Olivia Rodrigo. 

Lantas, apakah fakta Menarik dari acara Grammy Awards tahun 2022 ini? Simak selengkapnya disini. 

Baca Juga:
Jin BTS Tampil di Grammy Awards 2022 saat Cedera Lengan, Tuai Pujian ARMY

1. Voters wajib pendengar setia

Fakta Grammy Awards 2022. (Instagram/recordingacademy)

Tahun ini, ada sekitar 22.000 lagu dan album yang diajukan untuk dinominasikan. Daftar pendek yang sebelumnya terbagi menjadi 8 kategoripun diperluas menjadi 10 kategori. 

Menurut CEO Recording Academy, Harvey Mason, Jr, ada lebih dari 60.000 lagu perhari dirilis. Hal tersebut membuat lebih banyak keunggulan untuk dikenali dan dirayakan. 

Baca Juga:
Grup Musik Legendaris Abba Bakal Bersaing dengan Penyanyi Muda di Grammy Awards 2022

2. Olivia Rodrigo masuk nominasi teratas 

Fakta Grammy Awards 2022. (Instagram/recordingacademy)

Olivia Rodrigo berhasil masuk di empat kategori nominasi teratas. Penyanyi 19 tahun tersebut otomatis memiliki peluang bagus untuk menyabet keempat kategori tersebut. 

Masuk daftar artis pendatang baru terbaik, Album debutnya bersaing dengan karya musisi sekelas Jon Batiste, Kanye West, dan H.E.R. 

Baca Juga:
Bersaing dengan Musisi Dunia, BTS Masuk Nominasi Grammy Awards 2022

3. Peraih nominasi terbanyak 

Fakta Grammy Awards 2022. (Instagram/recordingacademy)

Setiap tahun posisi nominasi terbanyak selalu berubah. Di tahun ini, nominasi terbanyak dipegang oleh pianis musik jazz, Jon Batiste. Ia berhasil masuk 11 nominasi, salah satunya adalah musik karyanya yang menjadi soundtrack film Pixar. 

Masuk dalam 11 nominasi merupakan pencapaian yang luar biasa untuk seorang musisi. Sepanjang sejarah Grammy Awards, baru 3 musisi yang berhasil memcapainya. Selain Jon Batiste, rekor tersebut pernah dipegang oleh Michael Jackson di tahun 1984 dan Baby Face pada 1997 silam. 

Baca Juga:
Profil Taylor Swift, Meraih Grammy Awards 2021 Berkat Album Folklore

4. Lagu lawas masuk jajaran nominasi 

Fakta Grammy Awards 2022. (Instagram/recordingacademy)

Satu lagi fakta Menarik di Grammy Awards 2022 adalah masuknya lagu lawas ke dalam nominasi. Bersama dengan 9 lagu lainnya, lagu I Get A Kick Out of You milik Cole Porter berhasil mencuri perhatian. 

Lagu tersebut kembali melejit setelah dicover oleh Lady Gaga dan Tony Bennett.  Nominasi record of the year tersebut memang telah menjadi tradisi  Grammy guna menghargai para musisi lawas berbakat. 

5. Kanye West diboikot

Fakta Grammy Awards 2022. (Instagram)

Tingkah laku Kanye West di media sosial merupakan penyebab pemboikotannya di Grammy Awards tahun ini. Padahal tahun ini mantan Kim Kardashian tersebut masuk 5 nominasi, termasuk album 'Donda' miliknya. 

Ujaran kebencian yang berikannya pada pacar Kim,  Pete Davidson membuatnya tak dapat hadir di ajang penghargaan musik  bergengsi tersebut. 

6. Grammy diboikot sederet musisi

Fakta Grammy Awards 2022. (Instagram/recordingacademy)

Kebalikannya, sederet artis berikut justru memboikot Grammy. Alasannya pun beragam, contohnya Drake yang memang sudah lama menjadi kritikus acara penghargaan musik tersebut. 

Sementara alasan The Weeknd enggan bergabung lantaran album fenomenal mereka tidak ada satupun yang masuk nominasi. Karena hal tersebut, beberapa penyanyi yang berduet dengan The Weeknd pun ikut menarik diri dalam ajang musik bergengsi tersebut. 

7. Persembahan spesial untuk Stephen Sondheim dan Taylor Hawkins

Fakta Grammy Awards 2022. (Instagram/recordingacademy)

Selain acara penghargaan musik populer, Grammy juga identik dengan acara penghormatan. Kali ini penghormatan tersebut ditujukan untuk Stephen Sondheim dan Taylor Hawkins. 

Stephen Sondheim yang merupakan legenda Broadway dikenang dengan penampilan Cynthia Erivo, Leslie Odom Jr.,  Ben Platt, serta Rachel Zegler. 

Pada Grammy Awards ke 64 tersebut, Foo Fighters meraih 3 piala sekaligus menjadi tribute untuk Taylor Hawkins. 

8. Aksi BTS 

Fakta Grammy Awards 2022. (Instagram/recordingacademy)

Kurang lengkap rasanya jika membicarakan Grammy tanpa artis K-Pop Satu ini. Yup, BTS ikut memeriahkan malah penghargaan tersebut dengan lagu andalan mereka Butter. Boy group asal Korea Selatan tersebut akhirnya dapat tampil live setelah tahun sebelumnya hanya tamp online. Salah satu member BTS, V pun membuat penonton histeris berkat aksinya membisikkan sesuatu pada Olivia Rodrigo saat mengawali penampilan mereka. 

Nah. Itu dia beberapa fakta menarik di acara Grammy Awards 2022. Bagaimana menurutmu? 

Kontributor: Nur Khasanah
Load More