Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Beyonce. (Instagram/beyonce)

Matamata.com - Ajang penghargaan musik bergengsi di dunia, Grammy Awards ke-65 telah digelar pada (5/2/2023) di Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam ajang penghargaan yang dihadiri oleh puluhan penyanyi dan artis papan atas dunia itu Beyonce mencetak sejarah baru.

Ya, Beyonce mencatatkan rekor sebagai pemenang Grammy Awards terbanyak dalam sejarah. Penyanyi yang tenar sejak tahun 90an ini setidaknya sudah mengumpulkan sebanyak 32 piala dalam ajang tersebut. Rekor ini mengalahkan Georg Solti yang meraih 31 piala Grammy dan sebagai bukti bahwa pamor Beyonce di dunia tarik suara masih cemerlang.

Dalam gelaran Grammy Awards 2023 kemarin, istri rapper dan penyanyi Jay-Z itu sendiri berhasil memborong 4 gelar sekaligus. Nah berikut adalah profil Beyonce yang sukses mencetak sejarah baru sebagai penyanyi yang meraih gelar Grammy Awards sepanjang sejarah.

Baca Juga:
Daftar Pemenang Grammy Awards 2023 Lengkap, Harry Styles Menang Banyak

1. Kehidupan awal

Profil Beyonce. (Instagram/beyonce)

Beyonce lahir dengan nama lengkap Beyonce Giselle Knowles Carter pada 4 September 1981 di Houston, Texas. Ia merupakan putri dari pasangan Mathew Knowles dan Celestine Ann 'Tina' Beyince. Dari garis keturunan ibunya, Beyonce merupakan keturunan dari pemimpin kolonial Arcadia, Joseph Broussard. Beyonce memiliki adik perempuan yaitu Solange yang juga merupakan penyanyi dan aktris. Di awal karier, keluarganya sempat terpecah karena berkurangnya pendapatan keluarga setelah ayahnya memutuskan mengurus grup musik Beyonce. Orang tuanya yang sempat berpisah akhirnya bersatu kembali ketika karier Beyonce mulai stabil.

2. Pendidikan

Baca Juga:
Tampil Memukau di Grammy Awards 2022, Suga BTS Banjir Lamaran Nikah

Profil Beyonce. (Instagram/beyonce)

Semasa kecil Beyonce menimba ilmu di St. Mary's Elementary School yang ada di Fredericksburg, Texas. Ia mengambil kelas dansa yang kemudian membuat bakat bernyanyinya ditemukan oleh instruktur dansanya Ia kemudian mendaftar di Parker Elementary School, sekolah musik di Houston pada tahun 1990. Di sekolahnya Beyonce bergabung dengan paduan suara. Selanjutnya ia bersekolah di High School for the Performing and Visual Arts sebelum kemudian melanjutkan ke Alief Elsik High School.

3. Perjalanan sebagai penyanyi

Profil Beyonce. (Instagram/beyonce)

Beyonce menjadi juara dalam pertunjukan sekolah saat umurnya baru 7 tahun mengalahkan peserta lain yang usianya 14-16 tahun. Kala itu ia menyanyikan lagu Imagine milik John Lennon. Ketika umurnya 8 tahun, ia dan Kelly Rowland teman masa kecilnya menemui LaTavia Roberson dalam audisi untuk membentuk grup wanita. Akhirnya Beyonce bergabung dalam Girl's Tyme yang membawanya dilirik oleh produser musik R&B Arne Frager. Mereka ikut Star Search yang merupakan ajang pencarian bakat terbesar kala itu. Girl's Tyme gagal menjadi juara dan membuat ayah Beyonce berhenti dari pekerjaannya untuk fokus mengurus grup tersebut. Perjuangan panjang Beyonce berbuah manis saat grupnya yang kemudian berganti nama menjadi Destiny’s Child akhirnya menandatangani kontrak dengan Columbia Records yang akhirnya menyatukan kembali keluarga Beyonce.

Baca Juga:
8 Fakta Grammy Awards 2022, Boikot Artis Hingga Tribute

4. Prestasi

Profil Beyonce. (Instagram/beyonce)

Bersama dengan Destiny Child Beyonce membawa pulang 2 Grammy Awards lewat album The Writing's on the Wall (1999). Album tersebut juga sukses dengan terjual hingga lebih dari 8 juta kopi. Ketika Beyonce fokus sebagai penulis lagu dan solo karier, Destiny’s Child sempat berpisah. Walau demikian album solo perdananya Dangerously In Love mendapat respon positif. Terutama lagu duetnya dengan rapper Jay-Z yang bertajuk Crazy in Love yang sukses bercokol di puncak tangga lagu dunia. Akhirnya pada 2004, Destiny’s Child melakukan reuni dengan merilis Destiny Fulfilled. Album reuni itu terjual lebih dari 7 juta kopi di seluruh dunia. Sayang pada 2005, grup R&B yang mendunia itu bubar.

5. Cetak sejarah Grammy Awards

Profil Beyonce. (Instagram/beyonce)

Grammy Awards Grammy 2023 menjadi momen istimewa baginya karena membawa pulang 4 piala. Gelar yang diraihnya adalah Best R&B Song, Best Dance/Electronic Music Album, Best Dance/Electronic Recording, dan Best Traditional R&B Performance. Dengan 4 gelar terbarunya, Beyonce sukses mencatatkan rekor baru sebagai pemenang Grammy terbanyak yaitu 32 piala. Ia menggeser posisi Georg Solti, yang mengoleksi 31 piala Grammy.

6. Kehidupan pribadi

Profil Beyonce. (Instagram/beyonce)

Beyonce menikah dengan rekan duetnya Rapper Jay-Z pada tahun 2008. Setelah menikah, karier bernyanyinya justru kian cemerlang. Lewat pernikahan itu, Beyonce dan Jay-Z menjadi pasangan dengan penghasilan tertinggi di dunia hiburan. Lewat pernikahannya dengan Jay-Z, Beyonce dikaruniai tiga orang anak yakni Blue Ivy, serta si kembar Rumi dan Sir.

Itulah profil Beyonce yang telah membuktikan bahwa karier bermusiknya tidak pudar oleh waktu.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More