Yohanes Endra | MataMata.com
Film Tentang Kartini dan Wanita Inspiratif. (IMDb)

Matamata.com - Perayaan Hari Kartini bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menonton film tentang Kartini dan wanita inspiratif karya sineas tanah air. Ada cukup banyak film bertema Kartini dan juga perjuangan kaum perempuan.

Peringatan Hari Kartini dengan menonton film inspiratif tentang perjuangan kaum perempuan bisa memantik semangat agar terus berjuang. Film-film ini pun dibintangi oleh aktris papan atas Indonesia yang kualitas aktingnya sudah diakui mumpuni. Seperti Dian Sastrowardoyo, Tara Basro, Bunga Citra Lestari, hingga Christine Hakim.

Lantas apa saja film tentang Kartini dan wanita inspiratif yang bisa ditonton di momen ini peringatan Hari Kartini? Simak yuk rekomendasinya berikut ini.                                       

Baca Juga:
7 Gaya Anak Artis Rayakan Hari Kartini, Imut Menggemaskan Pakai Kebaya

1. Yuni (2021)

Film Tentang Kartini dan Wanita Inspiratif. (IMDb)

Film Yuni merupakan film yang mengangkat kisah klasik tentang perjuangan perempuan untuk bisa mengenyam pendidikan. Dibintangi oleh Arawinda Kirana sebagai Yuni yang ingin kuliah tetapi terhalang dogma dari masyarakat. Ia tinggal di lingkungan yang umum dengan pernikahan remaja. Jadi ia pun sudah dituntut untuk segera menikah, tetapi ia punya mimpi besar untuk bisa kuliah. Yuni telah menolak dua orang pria yang ingin melamarnya. Akibatnya ia mendapat stigma negatif hingga disebut tidak akan bisa menikah jika satu kali lagi menolak lamaran. Meski mendapat desakan dan cercaan dari masyarakat, Yuni tetap teguh pada keinginannya untuk bisa meraih mimpi.

2. Sokola Rimba (2021)

Baca Juga:
Sinopsis Film Kartini, Kisah Perjuangan untuk Menyetarakan Hak Perempuan

Film Tentang Kartini dan Wanita Inspiratif. (IMDb)

Dibintangi Prisia Nasution, Sokola Rimba adalah film yang diangkat dari kisah nyata Butet Manurung. Seorang pengajar bagi Suku Anak Dalam di hutan Jambi. Perjuangan Butet untuk memberikan hak pendidikan bagi warga mendapat tentangan karena tidak sesuai dengan hukum adat. Walau ditentang namun, Butet tetap berjuang untuk bisa memberikan pendidikan. Perjuangan Butet tidak mudah karena ia harus berhadapan dengan berbagai mitos dan kepercayaan yang diyakini masyarakat. sehingga kesadaran untuk belajar sangat susah ditumbuhkan.

3. 3 Srikandi (2016)

Film Tentang Kartini dan Wanita Inspiratif. (IMDb)

Film 3 Srikandi juga diangkat dari kisah nyata tentang perjuangan tiga orang atlet panahan Indonesia di Olimpiade Seoul 1988. Mereka adalah Nurfitriana yang diperankan Bunga Citra Lestari, Lilies Handayani, diperankan Chelsea Islan, dan Kusuma Wardhani, diperankan Tara Basro. Ketiganya berjuang sekuat tenaga untuk bisa mengharumkan nama bangsa. Perjuangan ketiganya tidak mudah apalagi mereka adalah atlet perempuan.

Baca Juga:
So Sweet! Daniel Mananta Puji Istri di Hari Kartini

4.Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Film Tentang Kartini dan Wanita Inspiratif. (IMDb)

Film yang terinspirasi dari kisah motivator sukses Merry Riana sangat inspiratif. Berkisah tentang seorang gadis keturunan Tionghoa yang menjadi korban 1998 bernama Merry Riana. Ia dan keluarganya harus mengalami kebangkrutan karena kondisi pada tahun itu. Ia pun mengungsi ke Singapura sendirian sementara orang tua tetap di Indonesia karena uang mereka hanya cukup untuk membeli satu tiket pesawat. Film ini menceritakan kisah perjuangan Merry selama hidup di negeri orang. Ia bekerja sambil kuliah dan akhirnya bisa meraih kesuksesan.

5. Kartini: Princess of Java (2017)

Baca Juga:
Kalina Ocktaranny Peringati Hari Kartini, Malah Dicibir: Sayang Dapet Vicky

Film Tentang Kartini dan Wanita Inspiratif. (IMDb)

Dibintangi Dian Sastrowardoyo, Ayushita, Acha Septriasa, juga Christine Hakim, film ini mengangkat kisah perjuangan Kartini. Film ini mengisahkan perjuangan Kartini untuk merintis sekolah bagi kaum miskin di Jepara. Pola pikirnya yang maju ini didapatkannya setelah ia melihat ibu kandungnya, Ngasirah yang tersisihkan dan teraniaya di rumahnya sendiri. Ia ingin memperbaiki nasib orang miskin dan perempuan.

Itulah beberapa rekomendasi film tentang Kartini dan wanita inspiratif yang mengangkat kisah perjuangan kaum perempuan. Hingga saat ini perjuangan bagi kesetaraan nasib untuk kaum perempuan pun masih terus dikampanyekan. Momen Hari Kartini sekaligus menjadi pemantik semangat untuk terus memperjuangkan hak kemanusiaan dan hak perempuan.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More