Yohanes Endra | MataMata.com
Film Horor Lokal yang Diangkat dari Kisah Nyata. (Instagram/aghninyhaque)

Matamata.com - Saat ini para pecinta film bioskop tengah dihebohkan dengan film KKN di Desa Penari. Sebelum diangkat menjadi film, thread ceritanya saja sudah sempat viral. Salah satu alasan mengapa filmnya begitu diminati adalah karena diangkat dari kisah nyata.

Ditambah lagi, genre horor memang banyak disukai oleh pecinta film layar lebar. Tidak heran jika KKN di Desa Penari sampai tembus 5 juta penonton. Bahkan tak sedikit yang mengeluhkan belum kebagian tiket saking larisnya.

Tak kalah laris, ternyata sederet film horor lokal ini juga diangkat dari kisah nyata lho. Apa saja? Yuk simak daftarnya biar nggak penasaran.

Baca Juga:
7 Film Horor Indonesia Terlaris, Terbaru KKN Di Desa Penari Cetak Sejarah Baru

1. KKN di Desa Penari (2022)

Film Horor Lokal yang Diangkat dari Kisah Nyata(Instagram/@kknmovie)

Jadi film horor terlaris sepanjang masa, KKN di Desa Penari dirilis pada 30 April 2022 kemarin. Film yang tembus sampai 5 juta penonton tersebut diangkat dari kisah nyata. Cerita film ini diangkat dari pengalaman pribadi mahasiswa yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa di Jawa Timur.

Kisah mistis yang dialami oleh Nur, Bima, Ayu, Widya, Anton, dan Wahyu selama KKN tersebut pun masih menyisakan misteri. Selain itu, film arahan sutradara Awi Suryadi ini juga menyajikan berbagai scene yang pernah dialami oleh sebagian orang.

Baca Juga:
Sinopsis Cracked Film Horor Thailand Dibintangi Nichkhun 2PM

2. Gasing Tengkorak (2017)

Film Horor Lokal yang Diangkat dari Kisah Nyata(IMDb/Gasing Tengkorak)

Gasing Tengkorak merupakan film yang diangkat dari salah satu legenda lokal dari daerah Minangkabau. Film yang dibintangi oleh Nikita Willy tersebut mengisahkan tentang gasing yang digunakan untuk sarana santet. Sesuai dengan judul filmnya, gasing ini terbuat dari tengkorak orang yang sudah meninggal.

3. Jailangkung (2017)

Baca Juga:
Sinopsis Film Oma The Demonic, Film Horor Dibintangi Diah Permatasari

Film Horor Lokal yang Diangkat dari Kisah Nyata(Instagram/@jailangkungmovie)

Jailangkung merupakan sebuah permainan tradisional yang digunakan untuk memanggil atau berkomunikasi dengan makhluk halus. Bagi penduduk lokal, sepertinya kisah Jailangkung ini sudah tidak asing lagi. Tak sedikit pula film horor Indonesia yang menyuguhkan kisah tentang permainan lokal tersebut.

Salah satunya yaitu film garapan Rizal Mantovani dan Jose Poernomo yang dibintangi oleh Jeffri Nichole, Amanda Rawles, dan Hannah Al Rashid.

4. Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Baca Juga:
Sinopsis Seoul Ghost Story, Film Horor Korea Bertabur Bintang Idola yang Tayang Bulan Ini

Film Horor Lokal yang Diangkat dari Kisah Nyata(IMDb/Keluarga Tak Kasat Mata)

Sepertinya tahun 2017 memang tahun bagi film horor lokal. Salah satunya film Keluarga Tak Kasat Mata yang diangkat dari kisah nyata. Ceritanya diambil dari pengalaman mistis yang dialami oleh Genta (Deva Mahendra) yang bekerja di sebuah perusahaan periklanan di Yogyakarta.

Genta serta karyawan lain mulai mengalami kejadian aneh sejak lokasi kantor mereka berpindah. Bahkan sebelum difilmkan, pihak produksi sempat meminta izin pada makhluk tak kasat mata yang merupakan penunggu tempat tersebut.

5. KM 97 (2013)

Film Horor Lokal yang Diangkat dari Kisah Nyata(IMDb/KM 97)

Film KM 97 terinspirasi dari kisah hilangnya seorang anak di KM 97 Told Cipularang yang misterius. Jalan tol penghubung Kota Bandung dan Jakarta tersebut memang dikenal cukup angker dab kerap menyisakan pengalaman mistis bagi yang melewatinya.

Salah satunya cerita sebuah keluarga yang tengah berhenti di kilometer 97. Konon keluarga tersebut tidak menyadari jika anak kecil yang berada di mobil bukanlah anak mereka. Ternyata yang selama ini bersama mereka merupakan arwah anak lain yang menyamar.

6. Danur (2017)

Film Horor Lokal yang Diangkat dari Kisah Nyata(IMDb/Danur)

Satu lagi film garapan Awi Suryadi yang berhasil menjadi salah satu film horor terlaris pada 2017 tahun lalu. Film ini diangkat dari kisah Risa Saraswati yang merupakan seorang indigo. Risa memiliki beberapa teman tak kasat mata yang kisahnya ia bagikan lewat buku yang ia tulis.

Dalam film ini, wujud asli para sahabat Risa yang biasanya ia lihat sebagai anak-anak terungkap. Setelah mata batinnya dibuka, akhirnya Risa melihat wujud seram teman-temannya.

7. Rumah Gurita (2014)

Film Horor Lokal yang Diangkat dari Kisah Nyata(IMDb/Rumah Gurita)

Rumah Gurita mengisahkan tentang Selina yang memiliki kemampuan melihat makhluk halus. Pengalaman menyeramkan pun mulai dialaminya sejak pindah ke Bandung dan tinggal di rumah gurita.

Film garapan Jose Poernomo tersebut berdasarkan kisah nyata. Keberadaan rumah dengan patung gurita besar di atapnya dalam film inipun memang benar adanya dan berlokasi di Bandung.

8. Rumah Kentang (2012)

Film Horor Lokal yang Diangkat dari Kisah Nyata(IMDb/Rumah Kentang)

Film Rumah Kentang juga kabarnya diangkat dari kisah nyata yang terjadi di sebuah rumah di kawasan Dharmawangsa. Syuting filmnya pun dilakukan di rumah tersebut. Menurut penduduk setempat, rumah tersebut pernah menjadi saksi sebuah peristiwa tragis.

Film ini mengisahkan seorang anak kecil terjatuh ke dalam kuali yang sedang digunakan untuk merebus Kentang. Sejak kejadian ini, sering tercium aroma kentang ataupun suara anak kecil menangis di dari rumah tersebut.

9. Terowongan Casablanca (2007)

Film Horor Lokal yang Diangkat dari Kisah Nyata(IMDb/Terowongan Casablanca)

Film yang disutradarai oleh Nanang Istiabudi ini dibuat berdasarkan kisah nyata. Diperankan oleh Donny Arifin, film ini menceritakan tentang sebuah terowongan Casablanca di Jakarta yang angker.

Sering terlihat penampakan hantu kuntilanak yang kabarnya merupakan arwah dari seorang wanita yang meninggal karena dipaksa aborsi oleh kekasihnya.

Itulah sederet film horor yang berdasarkan kisah nyata, berani nonton sendirian?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More