Yohanes Endra | MataMata.com
Film Indonesia yang Tembus 1 Juta Penonton di Tahun 2022 (IMDb/Ivanna)

Matamata.com - Usai pandemi, berbagai bidang kini mulai menampakkan sinarnya kembali. Termasuk dunia perfilman yang hadir dengan berbagai karya yang semakin berkualitas. Hal ini terbukti dari peningkatan peminat terhadap film belakangan ini.

Buktinya per Juli, 2022 ini saja sudah ada sederet film yang tembus 1 juta penonton. Hal ini tentunya tidak terlepas dari meningkatnya antusia penonton sebagai salah satu tolak ukur untuk kualitas film yang ditayangkan di bioskop.

Setelah hampir dua tahun tak dapat menonton film di bioskop dengan bebas, kini para pecinta layar lebar mulai menunjukkan antusiasnya. Tak heran jika peminat film tanah air juga semakin bertambah usai keadaan pasca pandemi mulai membaik.

Baca Juga:
7 Film Indonesia Tayang Juli 2022, Ada Debut Fujianti Utami

Lantas, apa saja film Indonesia yang tembus 1 juta penonton di tahun 2022 ini? Yuk, simak daftarnya berikut ini:

1. KKN di Desa Penari

Film Indonesia yang Tembus 1 Juta Penonton di Tahun 2022 (IMDb/KKN di Desa Penari)

Di posisi pertama film yang tembus 1 juta penonton masih ditempati oleh KKN di Desa Penari. Sejak dirilis pada 19 Maret 2022, Film arahan sutradara Awi Suryadi ini telah ditonton lebih dari 9 juta kali di bioskop tanah air.

Baca Juga:
6 Film Indonesia Disutradarai Komika, 'Gara-Gara Warisan' Paling Baru

Saking suksesnya, film ini bahkan ditayangkan di negeri tetangga, Malaysia dan Singapura. Tidak heran jika penontonnya begitu banyak, pasalnya film ini sempat ditunda penayangannya selama beberapa tahun lantaran situasi pandemi.

2. Ngeri-Ngeri Sedap

Film Indonesia yang Tembus 1 Juta Penonton di Tahun 2022 (IMDb/Ngeri-Ngeri Sedap)

Film bergenre komedi, Ngeri-Ngeri Sedap juga berhasil masuk daftar film yang tembus 1 juta penonton. Film yang rilis 2 Juni 2022 tersebut telah ditonton sebanyak 2.857.995 penonton setelah 44 hari penayangan.

Baca Juga:
10 Film Indonesia Tayang Juni 2022, Satria Dewa Gatotkaca hingga My Sassy Girl

3. Kukira Kau Rumah

Film Indonesia yang Tembus 1 Juta Penonton di Tahun 2022 (IMDb/Kukira Kau Rumah)

Posisi ketiga ditempati oleh film debut Prilly Latuconsina sebagai produser, Kukira Kau Rumah. Film yang menandai debut Umay Shihab sebagai sutradara ini telah ditonton lebih dari 2,2 juta kali.

4. The Doll 3

Baca Juga:
8 Rekomendasi Film Indonesia Bertema Mudik, Cocok Ditonton Saat Libur Lebaran

Film Indonesia yang Tembus 1 Juta Penonton di Tahun 2022 (IMDb/The Doll 3)

Mendapatkan lebih dari 1,6 juta penonton, The Doll 3 menempati posisi ketiga sebagai film yang tembus 1 juta penonton. Tak hanya rilis di Indonesia, film horror yang dibintangi Jessica Mila dan Winky Wiryawan ini juga tayang di Malaysia, Kamboja, Singapura, dan Brunei Darussalam.

5. Ivanna

Film Indonesia yang Tembus 1 Juta Penonton di Tahun 2022 (IMDb/Ivanna)

Tembus 1 juta penonton hanya dalam waktu sepekan, Ivanna masuk jajaran film Indonesia yang cukup diminati tahun 2022 ini. Film adaptasi novel karya Risa Saraswati tersebut juga cukup menarik para penonton dari negara tetangga.

Penonton Film yang sedang tayang di bioskop ini juga diperkirakan akan terus bertambah. Berkaca dari film semesta Danur sebelumnya yang berhasil mencapai 2 juta lebih penonton.

6. Kuntilanak 3

Film Indonesia yang Tembus 1 Juta Penonton di Tahun 2022 (IMDb/Kuntilanak 3)

Berhasil menduduki posisi keenam, ada Kuntilanak 3 yang berhasil tembus 1 juta penonton setelah bertahan selama 14 hari di layar bioskop. Selain disambut antusias oleh penonton, film ini juga mendapat banyak respon positif dari para tokoh di Industri film tanah air.

Sementara ini, daftar film Indonesia yang tembus 1 juta penonton masih didominasi oleh genre horror. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More