Nur Khotimah | MataMata.com
Artis Dijadikan Mata Kuliah. (Instagram/@bts.bighitofficial)

Matamata.com - Sebagai figur publik, menjadi sumber inspirasi tentunya jadi hal yang biasa. Tak sedikit pula yang karyanya memberikan pengaruh besar pada dunia baik di ranah budaya, sosial, maupun bidang lainnya.

Namun, bagaimana jika para artis tersebut tak hanya dinikmati karyanya, namun juga dijadikan mata kuliah? Perjalanan karier yang bagus hingga berpengaruh terhadap dunia membuat sederet nama pesohor ini sebagai mata kuliah, bahkan program studi.

Tentu saja hal tersebut bukan hal yang lumrah. Meski begitu, sederet artis ini namanya benar-benar dijadikan mata kuliah dalam sebuah Universitas, lho. Penasaran siapa saja artis dijadikan mata kuliah? Yuk, intip selengkapnya.

Baca Juga:
Denise Chariesta Skakmat Razman Arif Nasution Soal Tak Bayar Gaji Karyawan

1. The Beatles

Artis Dijadikan Mata Kuliah. (Instagram/@thebeatles)

The Beatles memang dikenal sebagai salah satu band legendaris dunia yang populer antara tahun 60-70an. Selain memiliki banyak penggemar, band satu ini juga memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia musik.

Saking legend-nya, Liverpool University menjadikan band asal Inggris tersebut sebagai salah satu Jurusan untuk program pendidikan master. Jurusan The Beatles: Music Industry and Heritage ini mengajarkan tentang musik, sejarah, lagu, bahkan keterkaitannya dengan budaya populer.

Baca Juga:
9 Potret Maternity Shoot Irish Bella di Usia Kehamilan 7 Bulan, Cantik Menawan Bagaikan Putri Kayangan

2. Lady Gaga

Artis Dijadikan Mata Kuliah. (Instagram/@ladygaga)

Dikenal sebagai artis dengan berbagai kontroversi sekaligus prestasi, Lady Gaga juga dijadikan mata kuliah di University of South Carolina. Kelas yang mempelajari tingkah laku Lady Gaga lewat Sosiologi tersebut diberi nama Lady Gaga and the Sociollgy of Fame.

3. Beyonce

Baca Juga:
Viral Dandanan Ayu Laksmi di Acara Rilis "Pengabdi Setan 2: Communion": Ibu Serem Banget!

Artis Dijadikan Mata Kuliah. (Instagram/@beyonce)

Penyanyi satu ini juga masuk daftar artis yang dijadikan mata kuliah di Rutger University, New Jersey, Amerika Serikat. Mata kuliah bernama Politicizing Beyoncee itu mempelajari eksplorasi gender serta politik seksual di Amerika Serikat.

Tak hanya Rutger University, Copenhagen University juga turut menjadikan Beyonce sebagai salah satu mata kuliahnya.

4. Miley Cyrus

Baca Juga:
Celine Evangelista Ngakak Saat Melihat Marshel Bermain Bersama Kedua Anaknya: Laki Humoris Lebih Menyenangkan

Artis Dijadikan Mata Kuliah. (Instagram/@mileycyrus)

Berkat transformasi drastisnya dari perempuan manis menjadi wanita yang lebih bebas, nama Miley Cyrus dijadikan mata kuliah di Skidmore College di New York. Mata kuliah tentang Miley Cyrus tersebut diberi nama The Sociology of Miley Cyrus: Race, Class, Gender, and Media.

5. BTS

Artis Dijadikan Mata Kuliah. (Instagram/@bts.bighitofficial)

Disukai berbagai kalangan masyarakat, BTS sukses memberikan banyak pengaruh terhadap kehidupan para penikmat karyanya. Berfokus pada analisis pengaruh BTS dalam berbagai sudut pandang, University of California membuka sebuah mata kuliah bernama Next Generation Leaders: BTS.

6. Elvis Presley

Artis Dijadikan Mata Kuliah. (Instagram/@elvis)

Tak hanya lewat musik, Elvis Presley juga banyak memberikan pengaruh terhadap budaya Amerika lewat perannya di film. Untuk mempelajari pengaruh tersebut, University of Lowa memiliki mata kuliah bernama American Popular Arts: Elvis as Anthology.

7. Taylor Swift

Artis Dijadikan Mata Kuliah. (Instagram/@taylorswift)

Clive Davis Institute New York University juga memiliki mata kuliah dengan mengambil nama artis, yakni Taylor Swift. Daya tarik musik Taylor Swift hingga perkembangan kariernya sebagai musisi merupakan hal yang dipelajari dalam mata kuliah tersebut.

Nah, itu dia sederet artis yang dijadikan mata kuliah di Universitas, bagaimana menurutmu?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More