Yohanes Endra | MataMata.com
Film horor tentang jailangkung (IMDb)

Matamata.com - "Jailangkung Sandekala" merupakan salah satu film horor Indonesia yang masih tayang di bioskop di bulan Oktober 2022. Sejak tayang 22 September 2022, "Jailangkung Sandekala" sudah disaksikan lebih dari 900 ribu penonton.

Film "Jailangkung: Sandekala" atau yang juga dikenal sebagai "Jailangkung 3" bukan satu-satunya film tentang Jailangkung. Permainan tradisional yang bersifat ritual supernatural dengan sebuah boneka tersebut juga ada di beberapa film horor lain. Apa saja?

Simak beberapa film horor tentang Jailangkung berikut ini.

Baca Juga:
8 Film Indonesia Tayang Oktober 2022, Sri Asih vs Dominasi Genre Horor

1. Jailangkung: Sandekala (2022)

Film horor tentang jailangkung (IMDb)

Sedang tayang di bioskop, Jailangkung: Sandekala mengisahkan tentang keluarga kecil yang liburan ke luar kota. Dalam liburan tersebut, keluarga Adrian dan Sandra mengunjungi danau wisata yang malah membawa petaka.

Kinan si bungsu menghilang secara misterius tepat saat matahari terbenam. Keluarga mencari ke dalam hutan setelah mendengar suara diduga Kinan. Namun di dalam hutan yang biasa disebut Sandekala itu, Kinan tidak ditemukan.

Baca Juga:
10 Film Horor Indonesia Bertema Pocong, Menakutkan tapi Seru!

Menurut cerita warga sekitar, anak-anak yang hilang di Sandekala ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Dalam pencarian Kinan, keluarganya menemukan boneka jailangkung.

Keluarga dalam film "Jailangkung: Sandekala" atau "Jailangkung 3" diperankan Dwi Sasono, Titi Kamal, Syifa Hadju, dan Muzakki Ramdhan. Sedangkan Kimo Stamboel berperan sebagai sutradara.

2. Jailangkung 2 (2018)

Baca Juga:
7 Film Horor Indonesia 2021, Ada Bisikan Jenazah Kepunyaan Aldi Taher

Film horor tentang jailangkung (IMDb)

Film "Jailangkung 2" dibintangi Amanda Rawles, Jefri Nichol, Lukman Sardi, Naufal Samudra, Gabriella Quinlyn, dan Hannah Al Rashid. "Jailangkung 2" melanjutkan cerita film pertama "Jailangkung" tentang Bella yang melawan setan pencelaka keluarganya.

Cerita diawali dengan Tasya yang melihat video lama sang ayah. Dalam video tersebut, Tasya melihat sang ayah menggunakan jailangkung untuk berkomunikasi dengan arwah ibunya. Tasya lantas merakit jailangkung untuk tujuan sama yang menyebabkan awal petaka bagi keluarganya.

"Jailangkung 2" yang disutradarai Jose Poernomo dan Rizal Mantovani kini dapat disaksikan di Netflix dan Prime Video.

Baca Juga:
Sinopsis Jailangkung: Sandekala, Teror Menakutkan di Tengah Liburan Keluarga

3. Jailangkung (2017)

Film horor tentang jailangkung (IMDb)

Sama seperti "Jailangkung 2", "Jailangkung" mengisahkan Bella dan adik-adiknya. Karena ayahnya tak kunjung bangun setelah tiba dari Alaskramat, Bella menyelidikinya bareng Rama yang yang tertarik pada hal metafisika.

Saat itulah Bella mengetahui sang ayah yang bernama Ferdi berkomunikasi dengan mendiang istrinya menggunakan jailangkung. Sedangkan yang membuat Ferdi, selanjutnya Tasya adik Bella, menjadi tak sadarkan diri adalah makhluk gaib bernama Matianak.

4. Jelangkung (2001)

Film horor tentang jailangkung (IMDb)

Film tentang jailangkung pertama berjudul "Jelangkung" rilis pada 2001. Sayangnya belum ada platform streaming yang menayangkan ulang film peraih berbagai penghargaan tersebut. Dengan judul internasional "The Uninvited", lagi-lagi Jose Poernomo dan Rizal Mantovani bertindak sebagai sutradara.

"Jelangkung" mengisahkan empat sekawan dari Jakarta yang ingin bertemu makhluk halus sehingga mengunjungi tempat-tempat angker. Saat mengunjungi tempat angker di Jawa Barat dan tidak menemukan penampakan, salah satu dari mereka yang bernama Soni melakukan ritual jelangkung. Rentetan peristiwa aneh ternyata mengikuti empat sekawan itu sampai Jakarta.

Itu dia sederet film horor tentang Jelangkung. Sudah nonton semua guys?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More