Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Oppenheimer. (Instagram/oppenheimermovie)

Matamata.com - Oppenheimer telah menjadi film yang mendapat perhatian besar dari insan perfilman dunia. Pasalnya film yang diproduksi sudah mulai pada April lalu ini merupakan pertanda comebacknya Christopher Nolan sebagai sutradara usai keluar dari Warner Bros.

Sesuai judulnya, film yang akan rilis pada tahun depan ini merupakan biopik dari kehidupan seorang J. Robert Oppenheimer. Ia adalah fisikawan yang dijuluki sebagai bapak bom atom karena Oppenheimer adalah orang yang sudah menemukan bom atom.

Sudah banyak yang menantikan seperti apa kerennya kolaborasi dari tangan dingin Nolan dan Cillian Murphy yang didapuk jadi pemeran utama. Apalagi, Oppenheimer juga bertabur deretan aktor top peraih Oscar. Jadi tidak mengherankan jika proyek comeback Nolan mendapat antisipasi tinggi dari pecinta film. Sembari menunggu rilis tahun 2023 mendatang, intip dulu sejumlah fakta Oppenheimer yang pasti akan membuatmu makin nggak sabar untuk menontonnya.

Baca Juga:
Patungnya Terancam Dibakar, Shah Rukh Khan Ngeyel Promosi Film Pathaan di Final Piala Dunia 2022

1. Film pertama usai hengkang dari Warner Bros

Fakta Oppenheimer. (Instagram/oppenheimermovie)

Oppenheimer akan menjadi film pertama Christopher Nolan yang dibuat bersama dengan Universal Pictures usai hengkang dari Warner Bros. Seperti diketahui sepanjang kiprahnya sebagai sutradara, hampir semua karya Christopher Nolan dibuat bersama Warner Bros dan HBO. Oppenheimer sendiri akan jadi film panjang ke-12 yang digarap olehnya.

2. Oppenheimer diadaptasi dari buku peraih Pulitzer

Baca Juga:
Seruan Boikot Film Baru Shah Rukh Khan Ramai Muncul, Sutradara: Itu Orang Idot

Fakta Oppenheimer. (Instagram/oppenheimermovie)

Oppenheimer digarap dengan mengadaptasi buku berjudul American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer. Buku karya Martin Sherwin dan Kai Bird itu meraih penghargaan bergengsi yaitu Pulitzer pada tahun 2006. Untuk skenario filmnya, Christopher Nolan turun tangan sendiri untuk menulisnya.

3. Dibintangi lima pemenang Oscar

Fakta Oppenheimer. (Instagram/oppenheimermovie)

Selain menggaet aktor top yang sedang naik daun yaitu Cillian Murphy, Oppenheimer juga dibintangi lima aktor pemenang Oscar. Mereka adalah Matt Damon, Casey Affleck, Gary Oldman, Kenneth Branagh, dan Rami Malek. Tak hanya itu, Nolan juga menggandeng Robert Downey Jr., Florence Pugh, dan Tom Conti yang merupakan peraih nominasi Oscar. Ada juga Emily Blunt yang akan berperan sebagai istri dari Oppenheimer dan sejumlah artis papan atas lain.

Baca Juga:
4 Fakta The Match, Film Baru Lee Byung Hun dan Yoo Ah In yang Akan Tayang di Netflix

4. Gandeng istri jadi produser

Fakta Oppenheimer. (Instagram/oppenheimermovie)

Tak hanya bertabur bintang top Hollywood, fakta menarik lainnya adalah bahwa Christopher Nolan menggandeng Emma Thomas, istrinya sebagai produser. Hal ini semakin membuat penikmat film berharap Oppenheimer akan se-fantastis film garapan Nolan lainnya.

5. Jadi saingan utama Barbie

Baca Juga:
5 Film Natal Terbaik Ditonton Bareng Keluarga, Lengkap dengan Link Nonton Gratis

Fakta Oppenheimer. (Instagram/oppenheimermovie)

Tak hanya jadi film pertama usai keluar dari Warner Bros, Oppenheimer juga akan jadi saingan utama Barbie. Seperti diketahui Barbie yang didistribusikan Warner Bros memiliki jadwal tayang yang sama dengan Oppenheimer.

6. Anggaran biaya produksi capai 100 juta dolar

Fakta Oppenheimer. (Instagram/oppenheimermovie)

Oppenheimer diperkirakan menghabiskan biaya produksi mencapai 100 juta dolar atau setara dengan Rp1,4 triliun. Hal itu tak mengherankan jika melihat betapa spektakulernya jajaran pemain Oppenheimer. Dilansir dari Variety, tiga pemainnya yaitu Matt Damon, Robert Downey Jr, dan Emily Blunt mendapat bayaran 4 juta dolar. Mereka bertiga kabarnya sudah membuat kesepakatan backed. Artinya bila film ini sukses, ketiganya akan mendapat keuntungan yang besar pula.

7. Jadwal tayang

Fakta Oppenheimer. (Instagram/oppenheimermovie)

Film garapan Christopher Nolan sudah mulai diproduksi sejak April 2022 lalu dan jika tidak ada perubahan Oppenheimer akan tayang pada 21 Juli 2023 di bioskop. Oppenheimer juga direncanakan untuk rilis di platform digital dalam format IMAX.

Nah, itulah sederet fakta Oppenheimer film Christopher Nolan yang bertabur bintang top Hollywood. Jajaran pemain film biopik ini semakin membuat banyak orang tak sabar menonton aksi Cillian Murphy dkk. Kamu juga nungguin Oppenheimer tayang nggak nih?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More