Nur Khotimah | MataMata.com
Sinopsis Film Stand by Me. (IMDb)

Matamata.com - Puluhan tahun berlalu sejak rilis pada Agustus 1986, film Stand by Me akhirnya tayang di Netflix. Film yang diangkat dari novel The Body (1982) karya Stephen King ini disebut sebagai film drama remaja terbaik yang tak lekang oleh waktu. Bahkan Stephen King yang menulis versi novelnya melontarkan puja-puji pada film garapan Rob Reiner ini.

Kabar bahwa Stand by Me tayang di Netflix disambut antusias oleh pecinta film hingga ramia di Twitter. Tak sedikit yang menilai jika film tentang empat orang remaja yang menemukan jati diri lewat perjalanan yang ditempuh ini sebagai salah satu film terbaik. Seperti yang dicuitkan akun @TarizSolis yang mengulas tentang bagusnya film tersebut. Nah, biar nggak makin penasaran simak langsung sinopsis film Stand by Me (1986) yang akhirnya sudah bisa ditonton di Netflix berikut.

1. Sinopsis Stand by Me

Baca Juga:
Profil Pemain The Big 4, Film Netflix Dibintangi Abimana Aryasatya Hingga Putri Marino

Sinopsis Film Stand by Me. (IMDb)

Film ini menceritakan kisah perjalanan empat orang remaja berusia 12 tahun yaitu Gordie, Chris, Teddy, dan Vern. Latar yang diambil adalah di Castle Rock, Oregon tahun 1959. Mereka berempat mempunyai latar belakang yang cukup mirip, yaitu anak yang menyimpan luka di hati karena perlakuan keluarga dan masyarakat.

Gordie yang menjadi tokoh utama serta narator adalah anak yang kurang mendapat perhatian dari ayahnya serta ditinggal meninggal oleh kakak yang sangat disayanginya. Chris, anak broken home sementara lingkungan tempat tinggalnya memberinya stigma negatif padanya. Lalu ada Teddy yang tumbuh sebagai korban kekerasan dari ayahnya yang gila. Lalu terakhir ada Vern, bocah lugu yang selalu jadi korban kejahilan orang lain.

Empat sahabat ini memulai perjalanan musim panas setelah mendengar hilangnya mayat seorang anak laki-laki. Mereka pergi ke hutan untuk mencari anak yang hilang itu. Selama perjalanan yang ditempuh, keempatnya justru belajar tentang diri mereka sendiri. Mereka juga menemukan arti persahabatan serta tentang apa yang benar dan harus dibela. Gordie cs juga semakin mengenal kehidupan masing-masing yang ternyata penuh luka.

Baca Juga:
9 Rekomendasi Film Netflix Berlatar Sejarah, Wajib Banget Ditonton

Empat sekawan ini ingin menjadi yang pertama menemukan mayat si bocah dengan harapan bisa tenar. Sayangnya, bukan hanya mereka yang ingin menemukan mayat tadi. Sebab sekelompok remaja nakal yang diketuai Ace Merrill juga berupaya mencari mayat itu. Dalam pencarian tersebut, Gordie, Chris, Teddy, dan Vern justru berhasil menemukan kebenaran dan jati diri masing-masing.

2. Review Stand by Me

Sinopsis Film Stand by Me. (IMDb)

Sejak rilis perdana di Amerika Serikat pada tahun 1986, Stand by Me mendapat predikat sebagai drama remaja yang tidak pernah lekang oleh waktu. Review yang didapat oleh Stand by Me sangat positif dan menerima sertifikat Fresh dalam situs Rotten Tomatoes. Bahkan Stephen King penulis versi novelnya memberikan pujian selangit untuk versi filmnya. Begitu pula dengan Rob Reiner sang sutradara yang menyebut Stand by Me sebagai film favoritnya. Sedangkan di mata penonton, kisah empat orang sahabat ini sarat pesan filosofis dan penuh makna mendalam.

Baca Juga:
9 Film Netflix yang Diangkat dari Kisah Nyata, Penuh Pelajaran Hidup!

3. Daftar pemain Stand by Me

Sinopsis Film Stand by Me. (IMDb)

Pihak produksi mendapuk empat remaja berbakat sebagai pemeran utama Stand by Me. Karakter utamanya sekaligus narator adalah Gordie Lachance yang diperankan oleh Wil Wheaton. Chris Chambers diperankan oleh River Phoenix, lalu ada Corey Feldman yang memerankan sosok Teddy Duchamp. Kemudian Jerry O'Connell yang memainkan peran Vern Tessio dengan apik. Selain mereka berempat, beberapa aktor pendukung yang aktingnya tak kalah memukau adalah Kiefer Sutherland sebagai Ace Merrill, John Cusack sebagai Dennis LaChance, dan Casey Siemaszko sebagai Billy Tessio. Akting semua pemeran remaja sangat memukau dan dipuji natural.

4. Nominasi dan penghargaan

Sinopsis Film Stand by Me. (IMDb)

Kesuksesan Stand by Me tak hanya dari segi pendapatan yang meraup 52 juta USD dari anggaran produksi yang hanya 8 juta USD seperti dilansir dari The Numbers tapi juga dari banyaknya nominasi dan penghargaan yang diraih. Stand by Me menerima nominasi Skenario Adaptasi Terbaik dalam Academy Award 1987. Film ini juga meraih dua nominasi yaitu Film Drama Terbaik dan Sutradara Terbaik dalam ajang Golden Globe Award 1987. Serta berhasil membawa 6 penghargaan bergengsi yaitu BMI Film & TV Awards 1988, Heartland Film 1986, Kinema Junpo Awards 1988, National Board of Review, USA 1986, Online Film & Television Association 2022, dan Young Artist Awards 1987 untuk para pemain utamanya.

Setelah membaca sinopsis Stand by Me tadi jadi makin penasaran dengan alur filmnya, kan? Review positif dan banyaknya prestasi yang diraih membuat Stand by Me dianggap sebagai salah satu film terbaik yang wajib ditonton.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More