Yohanes Endra | MataMata.com
Meja komputer. (istimewa)

Matamata.com - Posisi duduk yang tepat selama bekerja merupakan hal penting. Bila tidak, bisa-bisa kamu akan lebih mudah merasakan nyeri pada bagian punggung, leher, dan otot pinggul. Tentunya, kalau dibiarkan begitu saja, kondisi ini akan semakin parah dan bisa menurunkan produktivitas kerja.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat duduk di kursi kerja supaya kesehatan tulang belakang terjaga.

1. Duduk tegak dalam jangka waktu lama

Baca Juga:
Sekantor sama Hamish Daud, Netizen Bongkar Penampakan Meja Kerja Suami Raisa: Perhatikan Foto Zalina

Meskipun dianjurkan untuk duduk tegak dengan sudut 90 derajat, posisi ini dapat membebani tulang belakang, leher, dan pinggul. Apalagi, kalau kamu duduk dalam waktu lama. Jadi, kamu perlu menyandarkan punggung hingga membentuk sudut 135 derajat sesekali untuk mengurangi tekanan berlebih di tulang belakang.

2. Mengatur ketinggian kursi kerja berdasarkan jarak kaki

Hindari menyesuaikan ketinggian kursi kerja berdasarkan kaki yang bertumpu pada lantai. Cara yang tepat adalah buat lengan bawah sejajar dengan meja dan biarkan siku membentuk sudut terbuka 90-100 derajat.

Baca Juga:
Viral Video Ria Ricis Satu Meja dengan Bunga Zainal, Tingkahnya Disorot: Wajar Bunga Kesal

Soalnya, posisi ini memungkinkan tubuh kamu jadi lebih rileks. Selain itu, kamu pun akan lebih mudah saat mengetik.

3. Ketinggian layar komputer yang tidak sesuai

Pastikan juga kamu memilih meja komputer yang ketinggiannya sesuai dengan tubuh. Soalnya, meletakkan layar monitor yang terlalu rendah atau tinggi bisa memberikan tegangan lebih pada leher dan mata.
Kemudian, beri jarak antara layar monitor dan mata sekitar 50-100 cm.

Baca Juga:
Detik-detik Ria Ricis Ketemu Bunga Zainal, Sosok di Meja Belakang Bersaksi: Jejak Digital Menjawab

4. Menjepit ponsel bahu

Kebiasaan memiringkan leher dan menjepit ponsel di bahu selagi menelpon saat bekerja akan membuat otot leher dan bahu menjadi stres. Akibatnya, kamu bisa terkena penyakit nyeri leher kronis. Lebih baik gunakan headset saat sedang telepon atau meeting online.

Itulah empat hal yang perlu kamu hindari saat bekerja. Pastikan juga kamu memakai kursi kerja ergonomis yang nyaman. Tenang, kamu bisa membeli berbagai meja komputer dan perlengkapan kerja hanya di ruparupa.com.

Di sini, kamu bisa mendapatkan perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, Krisbow, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, ATARU, Pet Kingdom, SELMA, Susen, Chatime, Ashley, EYE SOUL, dan masih banyak lagi.

Load More