Baktora | MataMata.com
Debat Capres-Cawapres perdana tanpa meja atau podium dapat kritikan dari masyarakat dan pengguna media sosial. (YouTube/KPU RI)

Matamata.com - KPU akhirnya memutuskan untuk menyiapkan podium pada debat capres-cawapres kedua yang akan dihelat di JCC Senayan, Jumat (22/12/2023). Debat yang akan diikuti para kandidat cawapres ini bahkan diizinkan membawa pena dan kertas ketika adu gagasan.

Berbeda dengan debat capres yang sebelumnya dilaksanakan, ketiga capres memang tak disediakan meja. Namun ketiganya tetap menunjukkan performa fisik yang bagus dan fokus menyampaikan visi serta menjawab pertanyaan.

Lalu apa yang menyebabkan KPU memutuskan memasang podium di debat cawapres ini?. Apakah alasan kesehatan menjadi pertimbangan?.

Sejauh debat yang diikuti para kandidat pada agenda pertama tidak ada masalah besar ketiadaan podium atau meja. Para paslon masing-masing capres juga memberikan debat yang menarik, bahkan sindiran halus juga dilakukan masing-masing kandidat.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari mengatakan ada sejumlah evaluasi yang dilakukan jajarannya dengan tim kampanye masing-masing paslon. Evaluasi tersebut di antaranya sepakat untuk menggunakan podium.

"Catatan kemarin atau evaluasi sudah kami sepakati bersama, di antaranya semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat kedua nanti dan seterusnya, masing-masing sampai debat kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil," ujar Hasyim, Kamis (21/12/2023).

Adanya podium tentu memberi keleluasaan para kandidat ketika beradu argumen. Namun tak sedikit dari publik berharap podium yang disediakan adalah podium transparan.

Kendati begitu, KPU hanya menyediakan podium yang nantinya bisa digunakan kandidat untuk menulis atau mempersiapkan jawaban ketika dilontarkan pertanyaan.

Load More