Nur Khotimah | MataMata.com
Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram)

Matamata.com - Acara Istana Berkebaya yang digelar Istana Kepresidenan pada Minggu (6/8/2023) sukses menyedot perhatian. Pasalnya bukan cuma model maupun artis yang catwalk sepanjang 200 meter mengenakan kebaya, para menteri wanita di kabinet Indonesia Maju di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo pun turut serta.

Seperti apa gaya menteri di Istana Berkebaya, baik di catwalk maupun hadir sebagai penonton? Simak potret-potretnya berikut ini.

1. Sri Mulyani melenggang di catwalk Istana Berkebaya dengan kebaya encim khas Betawi. Kerudung merah yang disampirkan pada rambut membuat penampilan Menteri Keuangan ini jadi Betawi abis!

Baca Juga:
Sinopsis Crime Puzzle, Drama Thriller yang Dibintangi Yoon Kye Sang dan Go Ah Sung

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@smindrawati)

2. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pun mengenakan kebaya encim Betawi kembaran dengan Sri Mulyani. Bedanya, Retno membawa payung kertas warna putih sebagai aksesoris saat catwalk.

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@retno_marsudi)

3. Sedangkan Bintang Puspayoga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia membawa kipas lipat yang warnanya senada dengan kebayanya.

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@bintang.puspayoga)

4. Ida Fauziyah yang merupakan Menteri Tenaga Kerja tampak cantik dengan jilbab warna merah muda. Dalam acara Istana Berkebaya, para menteri wanita ternyata sengaja kompakan pakai kebaya encim yang sama nih!

Baca Juga:
CEK FAKTA: Diduga Cemburu Buta, Putri Anne Resmikan Laporkan Arya Saloka ke Polisi

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@idafauziyahnu)

5. Angela Tanoesoedibjo yang merupakan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun pakai kebaya encim serupa. Angela mewakili Sandiaga Uno yang tak bisa hadir di acara Istana Berkebaya.

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@angelatanoesoedibjo)

6. Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengenakan baju sadariah yang merupakan pakaian adat Betawi untuk laki-laki.

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@budikaryas)

7. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim pun mengenakan baju sadariah dengan sarung warna merah yang disampirkan pada bahunya, serta peci hitam.

Baca Juga:
Syahnaz dan Jeje Govinda Mesra-mesraan, Jessica Iskandar Nyindir soal Gimmick

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@nadiemmakarim)

8. Budi Arie Setiadi selaku Menteri Komunikasi dan Informatika yang datang ke acara Istana Berkebaya bersama sang istri bak pasangan Betawi asli saat foto bareng Presiden Jokowi dan Ibu Iriana.

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@budiariesetiadi)

9. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang akan mencalonkan diri sebagai Presiden di Pemilu 2024 pun menghadiri Istana Berkebaya dengan mengenakan busana sadariah.

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@prabowo)

10. Fyi, busana sadariah sebenarnya baju koko putih, hanya saja dipadukan dengan berbagai aksesoris seperti sarung yang disampirkan di bahu. Penampilan Mahfud MD dengan baju sadariah makin kece dengan tambahan sunglasses hitam.

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@nadiemmakarim)

11. Seperti inilah kebersamaan para menteri laki-laki kabinet Indonesia Maju yang jadi penonton catwalk di acara Istana Berkebaya. Ada Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga tuh!

Gaya Menteri di Istana Berkebaya (Instagram/@nadiemmakarim)

Itu dia berbagai gaya menteri di Istana Berkebaya yang kompak abis pakai baju adat Betawi. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More