Baktora | MataMata.com
Foto hoaks yang menarasikan tentara Hamas Palestina menyerah yang ternyata hanya warga sipil Palestina yang ditangkap. (Twitter/@jacksonhinklle)

Matamata.com - Kelompok Hamas Palestina membantah tudingan Israel yang menyatakan bahwa pejuang Hamas di Jabalia, Jalur Gaza utara, telah menyerah kepada tentara Israel.

Hal itu sempat ramai di media sosial, di mana Israel membuat narasi yang mengklaim, bahwa foto dan video orang-orang yang ditangkap merupakan tentara Hamas Palestina yang menyerah.

Rekaman dan potret yang dipublikasikan oleh media Israel menunjukkan individu-individu setengah telanjang dengan mata tertutup dan tangan terikat sebelum diinterogasi.

Menanggapi ramainya foto tersebut, Anggota kelompok Hamas, Izzat al-Rishq, menegaskan bahwa pejuang Hamas tidak menyerah.

"Israel penuh dengan kebohongan. Orang-orang yang terlihat dalam foto-foto tersebut sebenarnya adalah warga sipil yang tidak berdaya setelah ditangkap, dan senjata-senjata yang terlihat sengaja ditempatkan di samping mereka," sebutnya dikutip, Senin (11/12/2023).

Ia menambahkan bahwa foto-foto tersebut merupakan bagian dari narasi yang dibuat oleh Israel untuk menyatakan klaim kemenangan atas perlawanan mereka. Kendati begitu Hamas tetap teguh bahwa klaim tersebut tidak akan menipu siapa pun.

Seperti diberitakan sebelumnya, perang Israel-Palestina yang meluas di Jalur Gaza menyorot perhatian publik, termasuk warga Indonesia. Perang tersebut juga membuat narasi negatif di media sosial yang menyebutkan Israel berhasil mengalahkan tentara-tentara Hamas.

Selain itu, sorotan terhadap kejahatan Israel juga sengaja diputarbalikkan oleh oknum pengguna internet dari kubu Israel.

Load More