Baktora | MataMata.com
Tangkapan foto Budiman Sudjatmiko mengangkat tangan sebagai bentuk perlawanan saat masa orba (kiri), dan aksi angkat tangannya di debat capres sebagai bentuk persatuan (kanan), (Twitter/@rizal_akbar0910)

Matamata.com - Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko menjadi sorotan saat menghadiri debat capres-cawapres, Selasa (12/12/2023) lalu. Bukan tanpa alasan, Budiman sengaja mengangkat tangan untuk merespon pernyataan Prabowo Subianto soal pelanggaran HAM.

Aksi angkat tangannya tersebut dibanding-bandingkan mengingat Budiman Sudjatmiko adalah aktivis 98' yang lantang melawan Orde Baru yang dipimpin Soeharto. Sementara pada debat capres-cawapres kemarin taji sang aktivis dianggap tak lagi tajam.

Menyusul dengan hal tersebut, Budiman Sudjatmiko angkat bicara. Menurut dia saat ini dan dulu sangat berbeda kondisi, aksi angkat tangan yang ia lakukan adalah bentuk hasil perjuangan dan merekatkan persatuan.

"Kalau 25 tahun lalu, otot kami [aktivis 98'] digunakan untuk melawan. Hari ini kita bersatu, untuk berkawan," terang Budiman Sudjatmiko, Kamis (14/12/2023).

Budiman bahkan menyebut perjuangan masyarakat setiap 25 tahun akan berbeda. Hal itu didorong juga dengan prioritas negara dalam berkembang. Maka dari itu, Budiman menyebut bahwa saat ini fokus yang harus dilakukan Indonesia adalah persatuan untuk keadilan.

"Sekarang kami bersatu untuk kemajuan dan keadilan Indonesia, karena tantangan kali ini juga sudah beda," tambah mantan kader PDI Perjuangan ini.

Sejumlah aktivis yang bergerak di belakangnya memang tak sedikit yang berlabuh dalam mendukung Prabowo-Gibran. Namun Budiman menegaskan bahwa kehadiran para aktivis jangan menjadi pajangan saja, tapi bisa berfungsi dan memberikan kontribusi.

"Jangan jadi lukisan setelah bergabung dengan Pak Prabowo hari ini yang dipajang selama lima tahunan, jadi harus punya fungsi membersihkan ruang kotor," sebut dia.

Load More