Baktora | MataMata.com
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo. [Dok.Antara]

Matamata.com - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo sudah pemanasan sebelum debat capres yang nantinya dihelat pada 7 Januari 2024. Bahkan Ganjar sudah membicarakan 'senjata' yakni isu alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang nantinya akan dibahas dalam tema debat ketiga.

Hal ini tentu menjadi langkah cepat Ganjar Pranowo menjelang debat capres. Prabowo Subianto pun harus waspada dengan Ganjar yang lebih dulu sudah mengulik tema debat saat melakukan kampanye di Demak, Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo sendiri menyebutkan kebutuhan dasar alutsista yang dimiliki Indonesia, baik dari darat, laut dan udara perlu dipersiapkan dengan baik.

"Dan yang kita tanya adalah penggunanya, jangan sampai penggunanya tidak siap. Maka kalau kita mau bicara transisi alutsista, maka transisinya jangan kejauhan, karena peralatan alutsista makin hari makin modern," sebut Ganjar dikutip, Selasa (2/1/2024).

Bagi mantan Gubernur Jawa Tengah ini, produksi alutsista di dalam negeri sudah sangat baik. Namun ia tak memungkiri bahwa Indonesia masih memiliki komunikasi politik terhadap negara luar terkait alat pertahanan dan senjata.

"Kalau-lah kebutuhan itu tinggi kan lebih baik produksi juga ada dalam negeri, salah satu contoh. Tapi dari sisi politik luar negeri yang lain, memang ada yang kepentingannya langsung terkait dengan kondisi nasional kita," katanya.

Pembahasan Ganjar Pranowo ini tentu persiapan dalam adu gagasan di debat ketiga nanti. Prabowo Subianto, yang masih menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) juga diprediksi lebih mulus dalam menyampaikan gagasannya.

Kendati demikian, Prabowo diingatkan untuk tak melulu menampilkan hasil kerja yang sudah ia selesaikan. Ceruk kekurangan dalam alutsista sendiri dianggap masih belum sepenuhnya baik.

Load More