Riki Chandra | MataMata.com
Ilustrasi pesawat terbakar. [Dok.Antara]

Matamata.com - Maskapai penerbangan Jepang, Japan Airlines Co (JAL) terbakar di Bandara Haneda, Tokyo, pada Selasa (2/1/2024). Pesawat mengalami insiden saat tiba dari Sapporo.

Penumpang pesawat Japan Airlines berjumlah 379 orang, termasuk 8 orang anak-anak. Semua penumpang berhasil menyelamatkan diri dari pesawat yang terbakar tanpa mengalami luka yang mengancam nyawa.

Kebakaran tersebut diduga terjadi karena tabrakan antara pesawat JAL dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang yang berpangkalan di bandara, begitu dilaporkan penjaga pantai.

menurut JAL, pesawat penumpang tersebut diduga bertabrakan dengan pesawat lain di landasan pacu atau fasilitas penghubung landasan pacu (taxiway) setelah mendarat.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang mengatakan sedang menyelidiki kejadian tersebut, dan menyatakan bahwa bandara Haneda telah menutup semua landasan pacu.

Penjaga Pantai Jepang (Japan Coast Guard/JCG) mengatakan bahwa pesawat mereka sedang membawa bantuan untuk daerah yang terdampak gempa.

Sementara itu, KBRI Tokyo sedang berkoordinasi dengan otoritas Jepang mengenai kemungkinan adanya penumpang WNI di dalam pesawat Japan Airlines Co (JAL), yang terbakar di Bandara Haneda pada Selasa sekitar pukul 17.55 waktu setempat.

“KBRI juga mengantisipasi kemungkinan adanya WNI yang stranded (tertahan) di Bandara Haneda karena adanya pembatalan sejumlah penerbangan,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha. (Antara)

Load More