Baktora | MataMata.com
Tangkapan layar personel Satpol PP Garut menunjukkan gambar Gibran Rakabuming Raka yang dianggap sebagai pemimpin muda masa depan. (Twitter/@NenkMonica)

Matamata.com - Video sejumlah personel yang mengenakan seragam Satpol PP untuk memberi dukungannya kepada Gibran Rakabuming Raka viral di media sosial.

Video berdurasi 15 detik yang diketahui dibuat oleh Satpol PP Garut, Jata Barat ini menjadi kecaman publik menyusul ketidaknetralan menjelang Pemilu 2024.

Namun ada sejumlah fakta yang ternyata belum banyak diketahui khalayak. Bukan tanpa alasan para personel Satpol PP ini sengaja membuat video dukungannya terhadap Gibran, hal ini dijelaskan Kabid Sumber Daya Manusia Satpol PP Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan.

Viralnya video yang mengatasnamakan Satpol PP Garut, kata Tubagus sangat disayangkan. Apalagi, Kabupaten Garut sudah mendeklarasikan diri sebagai wilayah yang menjaga netralitas Pemilu 2024.

"Kami belum bisa memastikan kapan video itu dibuat. Bisa jadi sebelum pelaksanaan ikrar. Untuk pengambilan video diperkirakan di pos [Satpol PP] pusat kota," ujar Tubagus dikutip Antara, Rabu (3/1/2024).

Tubagus mengungkapkan bahwa status personel tersebut bukan ASN, baik sebagai PNS ataupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal itu juga diduga kuat para personel Satpol PP Garut yang ada di dalam video berani memberikan dukungan terhadap cawapres nomor urut 2.

Tak berhenti soal status para pemeran video tersebut, Tubagus juga akan menginvestigasi pembuat video. Mengingat bisa jadi ada peran partai yang ikut mendorong dibuatnya video tersebut.

"Kami juga akan investigasi siapa pembuat videonya, takutnya ada orang partai yang mengiming-imingi. Kami lakukan investigasi, kami pastikan Satpol PP netral," terang dia.

Load More