Baktora | MataMata.com
Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar saat beradu argumen saat debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Instagram/@cakiminow)

Matamata.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Muhaimin Iskandar di posisi tengah antara Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD selama debat keempat yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, pada Minggu (21/1/2024).

August Mellaz, anggota KPU RI, menyampaikan bahwa Muhaimin Iskandar akan menjadi cawapres pertama yang menyajikan visi dan misi dalam debat tersebut.

"Dalam debat keempat nanti, penyampaian visi dan misi akan dimulai dari pasangan calon nomor urut 1, dengan pasangan calon nomor urut 1 ditempatkan di tengah. Ini telah diatur sebelumnya," ungkap Mellaz dikutip, Jumat (14/1/2024).

Dia juga menjelaskan bahwa pada debat kelima yang diikuti Calon Presiden Pemilu 2024, yang akan berlangsung pada Minggu (4/2/2024), posisi capres akan kembali ke tata letak seperti debat pertama Pemilu 2024.

Pada debat perdana pada 12 Desember 2023 lalu, pasangan capres nomor urut 1 berada di sebelah kiri, nomor urut 2 di tengah, dan nomor urut 3 di sisi kanan.

"Dalam konteks panggung, penyampaian visi dan misi sesuai dengan pelaksanaan debat sejak debat pertama," tambahnya.

Sebelumnya, pada Senin (15/1/2024), Mellaz telah mengonfirmasi bahwa KPU akan menggunakan format debat yang sama seperti tiga debat capres-cawapres sebelumnya.

Durasi debat keempat juga akan tetap 150 menit, dengan 120 menit khusus debat, terdiri dari enam segmen.

Load More