Ilustrasi Gus Miftah dan Deddy Corbuzier. (Matamata.com/Ema Rohima)

Matamata.com - Hari Jumat (21/6/2019) publik digemparkan dengan YouTuber sekaligus host Deddy Corbuzier resmi menjadi mualaf. Perjalanan Deddy Corbuzier menjadi mualaf tentu tidak mudah.

Bahkan, prosesi pengucapan Deddy Corbuzier yang sempat akan disiarkan secara live terpaksa dibatalkan karena tidak mendapat persetujuan KPI.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Gus Miftah, guru spiritual sekaligus sahabat Deddy Corbuzier saat ditemui langsung oleh tim MataMata.com di Pondok Pesantren Ora Aji, Yogyakarta.

Baca Juga:
Deddy Corbuzier Sah Mualaf, Tommy Kurniawan: Semoga Bisa Istiqomah!

"Awalnya memang akan disiarkan langsung di Hitam Putih, namun terpaksa dibatalkan karena terbentur regulasi KPI," jelas Gus Miftah.

Gus Miftah dan Deddy Corbuzier. (YouTube)

Sebagai pribadi yang mengIslamkan Deddy Corbuzier, Gus Miftah mengaku jika Deddy Cobuzier sudah lama ingin mendalami agama Islam. Bahkan, hal tersebut sempat beberapa kali Deddy Cobuzier singgung saat membuat konten bersama di YouTube.

"Sejak delapan bulan yang lalu. Pertama kali kenal saya diundang ke Hitam Putih, sejak itu saya sering main rumahnya untuk bersilaturahmi atau mengisi konten bareng," ungkap Gus Miftah.

Baca Juga:
Sah Mualaf, Deddy Corbuzier Banjir Ucapan Selamat dari Artis

Selain itu, pendiri Pondok Pesantren Ora Aji ini juga menjelaskan jika Deddy Corbuzier sendiri adalah orang yang pintar dan rasional. Beberapa kali, Deddy Corbuzier juga sering menanyakan hal-hal tentang Islam yang tidak diketahuinya.

"Banyak orang beranggapan jika Islam adalah keras atau apa, tapi Deddy Corbuzier juga orang rasional jadi saya jelaskan apa itu Islam," kata Gus Miftah.

Menjadi sahabat dekat, Gus Miftah mengaku jika Deddy Corbuzier kerap mengajaknya berdebat seputar Islam. Mungkin alasan ini lah yang membuat Deddy merasa nyaman dan memilih Gus Miftah untuk membantunya menjadi mualaf.

Baca Juga:
Usai Mualaf, Apakah Deddy Corbuzier Langsung Disunat?

Deddy Corbuzier dipeluk Gus Miftah. (Instagram/@mastercorbuzier)

Bukan karena perempuan

Banyak publik menerka-nerka jika alasan Deddy Corbuzier mualaf karena ingin segera menikah. Saat ini, Deddy Corbuzier memang diketahui telah memiliki kekasih bernama Sabrina Chairunnisa yang beragama muslim.

Hal ini tentu membuat banyak orang beranggapan jika Deddy Corbuzier ingin segera menikah dengan kekasihnya. Namun, hal itu langsung dibantah oleh Deddy Corbuzier saat konferensi press setelah sah menjadi mualaf.

"Saya tidak akan mengubah agama saya karena perempuan, kalau suatu saat saya menikah dan agamanya sama itu sudah jalan Tuhan," ujar Deddy Corbuzier saat ditemui di Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta pada Jumat (21/6).

Lebih lanjut, Deddy Corbuzier juga menjelaskan jika dirinya bukanlah pribadi yang suka main-main terkait masalah agama. Bahkan, ia mengaku sedih ada sebagian orang yang menuduhnya untuk sekedar membuat konten YouTube.

Sabrina Chairunnisa dan Deddy Corbuzier. (YouTube/SabrinaChairunnisa)

Meskipun bersahabat dekat, Deddy Corbuzier juga membantah jika Gus Miftah memaksanya untuk masuk agama Islam.

"Saya ketemu orang yang tepat, tanpa memaksa, memberi ketenangan, membuang hal-hal negatif yang selama ini ada dalam image Islam," ucap Deddy Corbuzier.

"Lagi pula dia datang ke rumah saya malah bawa makanan, perlahan saya mulai merasa indah," terang Deddy Corbuzier.

Pro kontra keluarga

Keputusan Deddy Corbuzier menjadi mualaf tentu sudah dipertimbangkan matang-matang. Apalagi menyangkut soal masalah keluarga.

Meskipun berasal dari keluarga non-muslim, Deddy Corbuzier mengaku jika keluarganya sangatlah open minded tentang keyakinan baru yang akan dianutnya.

Deddy Corbuzier, Azka dan Kalina. (Instagram/@kalinaocktaranny)

Salah satunya adalah Azka, putra semata wayang Deddy Corbuzier. Bagi Azka, hal ini tentu bukanlah hal yang baru. Seperti diketahui sang ibu, Kalina Ocktaranny juga menganut agama Islam.

"Sambil main game, Azka cuma bilang oke. Dia malah nggak nanya apa-apa. Kayaknya lebih pentingin gamenya daripada saya," ungkap Deddy Corbuzier.

"Azka ini juga sudah kenal Islam lewat ibunya. Dia sudah hidup di lingkungan Islam sejak lama," imbuh Deddy Corbuzier.

Ia juga kembali menjelaskan jika bagi Azka perbedaan adalah sesuatu yang indah dan tidak ada hal yang perlu diributkan.

Sabrina Chairunnisa temani Deddy Corbuzier. (Instagram/@sabrinachairunnisa)

Sabrina Chairunnisa bersyukur

Sebagai kekasih Deddy Corbuzier, Sabrina nampak cantik saat menemani kekasihnya mengucapkan syahadat di Pondok Pesantren Ora Aji milik Gus Miftah di Sleman, Yogyakarta.

Kenakan busana muslimah berwarna putih dan berkerudung, Sabrina nampak santai menjawab pertanyaan wartawan menyoal keyakinan baru Deddy Corbuzier.

"Alhamdulilah," kata Sabrina sambil menampilkan ekspresi bahagia.

Namun, hingga kini Sabrina memilih bungkam saat ditanya tentang rencana pernikahannya dengan Deddy Corbuzier. Apalagi kini keduanya sudah tidak terbentur masalah agama.

Sedangkan untuk mantan istrinya, Kalina kabarnya telah mengetahui lama jika Deddy Corbuzier ingin berpindah keyakinan. Ia juga membantah jika Sabrina adalah alasan Deddy untuk menjadi mualaf.

"Pasti akan menikahi Sabrina, namun bukan karena itu alasannya," ungkap Kalina saat di wawancarai MataMata.com di Jakarta. 

Dukungan mengalir terus kepada Deddy Corbuzier setelah menjadi mualaf. Dilansir dari akun Instagramnya. Hal ini nampak dalam unggahan Deddy Corbuzier saat detik-detik saat mengucapkan syahadat.

"Alhamdulilah," ucap Deddy Corubuzier.

Tak berselang lama, unggahan itu langsung ramai dibanjiri komentar dari para artis.

"Masya Allah Alhamdulilah," komentar salah satu sahabatnya Anji eks Drive.

"Jadi inget pernah ngaji di Hitam Putih. Alhamdulilah empat tahun kemudian jadi muslim. Om Haji Deddy," kata Wirda Mansur.

"Alhamdulilah aaahhhh kaya pengen peluk sekarang juga. Orang seperti Mas Deddy pasti nggak mudah memilih, kalau bukan dari dirinya sendiri yang mencari kebenarannya," kata Baim Wong.

Deddy Corbuzier saat dibimbing oleh Gus Miftah membacakan syahadat. [Matamata.com/Firna]

Belum persiapkan nama Islam

Walaupun sudah sah menjadi muslim, Deddy Corbuzier akui belum mempersiapkan nama yang lebih Islami.

"Nama Islam? Ini pertanyaan lucu, karena kami tidak memikirkan hal itu," ujar Deddy Corbuzier.

"Saya belajar dan ingin mendalami ilmunya. Kalau nama nomor 2, kalau ganti nama nanti saya jadi berita lagi," tambah Deddy Corbuzier.

Lebih lanjut, Gus Miftah juga menambahkan jika tidak ada kewajiban bagi seseorang yang baru saja memeluk Islam untuk ganti nama.

"Masuk Islam tidak mesti ganti nama, tidak masalah. Jadi tidak ada syarat orang masuk Islam mesti ganti nama," pungkas Gus Miftah.

Selepas sah menjadi muslim, Deddy Corbuzier berencana akan mengunjungi beberapa tokoh dan ulama-ulama besar di Indonesia. Bahkan, beberapa jam setelah melakukan syahadat Gus Miftah langsung mengajak Deddy Corbuzier untuk bertemu Ma'ruf Amin.

Selain itu, Gus Miftah juga berencana untuk menemui Habib Lutfhi Bin Yahya dari Pekalongan untuk bersilaturahmi.

Bukan hanya itu saja, salah satu asisten Gus Miftah juga membocorkan jika rencananya, ia akan mengajak Deddy Corbuzier untuk menemaninya berdakwah di beberapa tempat biasa Gus Miftah berdakwah.

Deddy Corbuzier salat berjamaah di rumah Ma'ruf Amin. (Suara.com)

"Ya sepertinya setelah ini, Gus Miftah akan mengajak Deddy Corbuzier keliling dakwah seperti ke lokalisasi dan lain-lain," ungkap Ustaz Baihaqi saat diwawancari MataMata.com secara langsung di Ponpes Ora Aji, Jumat (21/6).

Load More