Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Franka Franklin dan Nadiem Makarim (Kolase Instagram dan Suara.com)

Matamata.com - Nama Nadiem Makarim jadi sorotan saat dirinya termasuk dalam salah satu tokoh yang ikut dipanggil oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (21/10/2019) pagi ke Istana Kepresidenan.

Pendiri aplikasi Gojek ini kini sah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024. Bukan cuma dirinya, banyak orang yang juga mencari tahu mengenai sang istri, Franka Franklin.

Dikutip dari berbagai sumber, keduanya menikah pada 2014 lalu dan saat ini sudah dikaruniai seorang putri bernama Solara Franklin Makarim.

Baca Juga:
Usaha Perhiasan Bareng Seleb, 5 Foto Cantik dan Elegan Istri Nadiem Makarim

Nah, ingin tahu fakta menarik lain dari Franka Franklin? Yuk intip bareng!

1. Lulusan Luar Negeri

Franka Franklin, Istri Nadiem Makarim (Instagram/@happysalma)

Latar belakang pendidikan Franka Franklin tidak main-main. Dia diketahui merupakan lulusan universitas di tiga negara, lho.

Baca Juga:
Jokowi Sibuk Panggil Calon Menteri, Ahok BTP malah Pamer Foto Pengantin

Dia pernah menempuh pendidikan di Hogeschool Rotterdam, Belanda untuk jurusan International Business and Development, menekuni bidang fashion marketing di Raffles Design Institute Singapura dan Northumbria University, Inggris.

2. Jejak karier yang Cemerlang

Franka Franklin, Istri Nadiem Makarim (Instagram/@happysalma)

Setelah lulus dari Singapura, Franka pernah bergabung dengan outlet penjualan jam tangan mewah di Indonesia, Time International. Lepas dari perusahaan tersebut, Franka melanjutkan kariernya Kanmo Group yang berspesialisasi untuk brand anak-anak, seperti Mothercare dan Early Learning Centre (ELC).

Baca Juga:
Diisukan Jadi Menteri Jokowi-Ma'ruf, 6 Fakta Wishnutama

Selain itu, mengikuti jejak sang suami di bidang bisnis digital, Franka juga sempat menjabat sebagai vice president Merchandising & Business Development di Berrybenka.com. Ia bekerja selama kurang lebih tiga tahun. Dia bertanggungjawab memimpin seluruh divisi penjualan dan pembelian untuk Berrybenka dan Hijabenka di perusahaan itu.

3. Bisnis Perhiasan Tutola Jewellery Bersama Happy Salma

Franka Franklin, Istri Nadiem Makarim (Instagram/@happysalma)

Bersama artis Happy Salma dan Sri Luce Rusna, Franka merintis usaha perhiasan Tutola Design dan Tutola Bridal dengan menjabat sebagai Head of Bussiness Growth. Brand perhiasan yang berkonsep mengangkat nilai-nilai budaya Tanah Air ini sudah memiliki gerai di beberapa mall besar di Bali dan Jakarta.

4. Aktif Berkegiatan Sosial

Franka Franklin, istri Nadiem Makarim. (Instagram/@mamiehardo)

Tak cuma aktif di dunia bisnis, Franka juga diketahui pernah tergabung dalam organisasi sosial yang didirikan Anies Baswedan, Indonesia Mengajar pada tahun 2010. Pada saat itu ia bahkan sempat menjabat sebagai Specialist Communication Strategist, dengan tugas mencari sponsor dan calon pengajar dari seluruh Indonesia.

Ia memiliki keinginan untuk turut memajukan pendidikan, khususnya di kawasan terpencil Indonesia. Keren!

5. Ibu dan Istri yang Aktif

Franka Franklin, istri Nadiem Makarim. (Instagram/@mamiehardo)

Franka tak melupakannya perannya sebagai seorang ibu dan istri meski sibuk. Untuk anak semata wayangnya, ia dan sang suami terlihat keraap menghabiskan waktu bersama.

Salah satunya saat menggelar acara Tedak Sinten untuk Solara, yang digelar sebagai syukuran sang anak sudah bisa berjalan.

Keren ya fakta-fakta Franka Franklin ini? [Dinda Rachmawati]

Load More