Rendy Adrikni Sadikin | MataMata.com
Khalid Basalamah. (Youtube/Khalid Basalamah Official)

Matamata.com - Duka menggelayuti ustaz kondang Khalid Basalamah. Kiai Haji Zeed Abdullah Basalamah, ayah Ustaz Khalid Basalamah meninggal pada Jumat (7/8/2020) usai terpapar virus corona alias Covid-19.

Diketahui, ayah Ustaz Khalid Basalamah meninggal di RSUP Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Tak menunggu lama, jenazah langsung dimakamkan malam harinya sesuai protokol penanganan Covid-19.

Pengakuan soal meninggalnya sang ayah diunggah melalui jejaring sosial Instagram. Dalam video itu, Ustaz Khalid Basalamah mengakui sang ayah meninggal dalam kondisi terinfeksi Covid-19.

Baca Juga:
Turut Berduka Cita, Ayah Rachel Vennya Meninggal Dunia

Ustaz Khalid Basalamah menyoroti meninggalnya sang ayah di hari Jumat. Di video itu, Ustaz Khalid Basalamah mengatakan keutamaan meninggal di hari Jumat akan selamat dari siksa kubur. 

"Ayah kami meninggal juga di hari Jumat dan kita tahu sama-sama hari Jumat adalah hari yang mulia dan salah satu keutamaannya kalau meninggal hari Jumat akan selamat dari siksa kubur," ujar Ustaz Khalid Basalamah. 

Selain itu, Ustaz Khalid Basalamah mengamini sang ayah meninggal dalam kondisi terinfeksi Covid-19. Yang artinya, kata Ustaz Khalid Basalamah, sang ayah meninggal dalam kondisi syahid.

Baca Juga:
Kesulitan Perankan Protagonis, Tsania Marwa: Jadi Orang Baik Susah Ya

"Kemudian juga meninggal dalam keadaan Covid maka ini juga insyaallah pendapat ulama umumnya mati syahid, semoga Allah mengabulkan dari beliau. Amiin," ujar Khalid Basalamah, berdoa.

Dalam video itu, Ustaz Khalid mengaku tidak bisa mengantarkan jenazah sang ayah hingga ke liang lahat. Karena prosedur Covid-19, dia pun cuma bisa mengantarkan jenazah hingga gerbang pemakaman.

"Tapi Alhamdulillah sebagai orang beriman kita bersyukur kepada Allah SWT atas semua takdirnya jadi kita menerima semua cobaan baik takdir yang baik maupun buruk karena itu adalah rukum iman kita. Sebagaimana kita bersyukur akan nikmat maka kita juga bersabar akan cobaan," sambung Ustaz Khalid.

Baca Juga:
Takut Anak Kena Karma Perbuatan Nakalnya, Raffi Ahmad Nangis

Kendati begitu, Ustaz Khalid Basalamah mengaku bersyukur. Sebab, pemakaman sang ayah bisa dilangsungkan dengan mudah dan cepat. Pasalnya hal itu juga merupakan salah satu sunah nabi.

"Alhamdulillah Allah juga memudahkan kita malam ini sesuai sunah nabi SAW termasuk penghormatan kepada jenazah untuk segera memakamkannya. Alhamdulillah setelah saya bicara prosedurnya memang harus segera dimakamkan," ujar Ustaz Khalid Basalamah.

Baca Juga:
Posting Potret Sakral Dibaptis, Marsha Aruan: Aku Siap Relakan Masa Laluku

Load More