Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Lutfi Agizal dan Dokter Tirta (Kolase Instagram)

Matamata.com - Lutfi Agizal belakangan tengah menuai sorotan karena sibuk mengurus kata 'Anjay' yang dianggap memiliki arti kasar dan tak pantas. Aduan Lutfi Agizal mengenai anak kecil yang menggunakan istilah Anjay ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI juga bikin heboh publik.

Semakin berlanjut ketika Kekinian Komnas PA mengeluarkan rilis untuk menghentikan penggunaan istilah "Anjay" mulai Sabtu (29/8/2020). Pasalnya, penggunaan istilah "Anjay" yang tidak tepat bisa dituding sebagai bentuk kekerasan verbal.

Aktor Lutfi Agizal [MataMata.com/Alfian Winanto]

Namun, Komnas PA menjelaskan bahwa penggunaan kata "Anjay perlu dilihat dari berbagai sudut pandang, tempat dan maknanya. Jika penggunaan kata "Anjay" sebagai bentuk pujian, kekaguman atau tidak memicu amarah subjek, maka itu dianggap hal biasa.

Sedangkan, penggunaan kata "Anjay" untuk merendahkan martabat seseorang bisa dikategorikan sebagai bentuk kekerasan verbal. Dalam kasus seperti itu, seseorang yang melontarkan kata "Anjay" bisa terkena tindak pidana.

Lutfi sendiri sudah memposting pendapatnya mengenai Komnas PA yang menghentikan penggunaan kata Anjay. Lewat Instagram pribadinya dia mengunggah ulang postingan Komnas PA dan mengucapkan Alhamdulillah.

Lutfi Agizal (Instagram/@lutfiagizal)

"Alhamdulillah semoga semakin banyak yang peduli untuk generasi kita selanjutnya. Ini kisahku memperjungkan demi anak bangsa kita. Yukk kita sama-sama peduli akan generation kita selanjutnya. Lebih baik mencegah bukan ? Toh ini juga demi bangsa kita. #Savenextgeneration !" tulis Lutfi pada captionnya beberapa waktu lalu.

Postingan Lutfi itu dibanjiri komentar netizen dan para publik figur, termasuk Dokter Tirta. Dokter Tirta tampaknya baru mengetahui Lutfi begitu sibuk mengurus pemakaian kata Anjay selama ini. Menurut Dokter, masih banyak hal lain yang lebih penting yang harus diurusin jadi tindakan Lutfi menurutnya berlebihan.

"Oh baru baca akhirnya. Ternyata mengenai tulisan anjay. Nek aku : okeh urusan laen yang lebih urgent . Anjay. Janc***. As*. Itu kata-kata yang jujur saya sering ucapin bareng kawan saya. Dan setauku aku belajar sejak sd itu. Tapi di depan anak-anakku aku ra bakal nyangkem kae," tulis Dokter Tirta Pedas di kolom komentar Lutfi Agizal.

Load More