Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Eddie Van Halen. (Twitter/@WolfVanHalen)

Matamata.com - Kabar duka datang dari gitaris legendaris Eddie Van Halen. Ia dinyatakan meninggal dunia pada 6 Oktober 2020. Pria bernama lengkap Edward Lodewijk Van Halen ini wafat setelah berjuang melawan kanker tenggorokan selama satu dekade.

Putra Eddie Van Halen, Wolf Van Halen membagikan kabar duka itu di Twitternya pada Rabu (7/10/2020). "Aku tak percaya harus menulis ini. Tetapi ayahku, Edward Lodewijk Van Halen telah kalah dalam pertempuran panjang dan sulit melawan kanker pagi ini," tulis Wolf.

Eddie Van Halen [YouTube/CTV News]

Wolf tak bisa menutupi kesedihan atas kepergian sang ayah. Ia pun tak bisa memastikan apakah bisa pulih dari kondisinya saat ini. "Hatiku hancur dan aku tidak bisa berpikir bisa sembuh dari rasa kehilangan ini," imbuhnya.

Baca Juga:
Kenang Eddie Van Halen, Anggun C Sasmi: Gitaris Terhebat Sepanjang Masa

Wolf Van Halen pun menyebut ayahnya adalah sosok terbaik. Baginya setiap momen yang dihabiskan bersamanya, adalah kado terindah. "Aku sangat mencintaimu, Pop," tandasnya.

Untuk mengenang sosok legendaris Eddie Van Halen, berikut rangkuman dari profil musisi 65 tahun ini yang ternyata memiliki darah Indonesia.

1. Lahir dari ibu yang berasal dari Rangkasbitung

Baca Juga:
Trending Topik, Gitaris Legendaris Eddie Van Halen Meninggal Dunia

Eddie Van Halen merupakan anak dari Jan Van Halen dan Eugenia van Beers.

Pertemuan orangtuanya berawal saat Jan Van Halen yang melakukan perjalanan ke Indonesia di zaman penjajahan.

Lelaki asal Belanda itu bertemu dengan Eugenia, gadis kelahiran Rangkasbitung, Banten. Pertemuan itu terjadi saat Jan Van Halen yang piawai memainkan klarinet, saxophone dan piano tampil di acara musik.

Mereka akhirnya menikah dan tak lama setelah itu pindah dari Indonesia ke Belanda pada 1949.

2. Masa kecil Eddie Van Halen

Eddie Van Halen lahir di Amsterdam, Belanda pada 26 Januari 1955. Ia memiliki kakak bernama Alex Van Halen yang lebih tua dua tahun darinya.

Keluarga ini berada di Belanda selama 13 tahun, pada 1962, Jan Van Halen memboyong keluarganya ke Pasadena, California, Amerika Serikat.

3. Pelajaran musik Eddie Van Halen

Kakak beradik Alex dan Eddie Van Halen sama-sama mempelajari piano saat berusia 6 tahun. 

Tetapi kemudian keduanya memilih alat musik yang berbeda. Eddie dengan gitarnya, sementara Alex cenderung menyukai drum.

4. Bentuk band

kecintaan kakak beradik pada musik membuat keduanya membentuk band bernama Mammoth. Eddie sempat menjadi vokalis, namun kemudian mendapuk David Lee Roth sebagai penggantinya.

Perekrutan Michael Anthony sebagai bassist membuat grup band ini lengkap secara personel. Sehingga nama band mereka diubah menjadi Van Halen pada 1974.

5. Karier band Van Holen

Bersama Van Holen, Eddie meraih kesuksesan sejak debut. Ditandai dengan album perdana mereka yang berada di chart Billboard.

Piala Grammy Award pun didapatkan untuk kategori Best Hard Rock Performance pada 1992.

6. Pernikahan Eddie Van Halen

Eddie Van Halen bertemu dengan aktris Valerie Bertinelli di konser bandnya pada 1980.

Setahun setelahnya keduanya memutuskan menikah dan dikaruniai anak, Wolfgang Van Halen.

7. Kesehatan dan penyakit Eddie Van Halen

Eddie Van Halen didiagnosa kanker lidah. Ia menduga, kebiasan menggigit pick gitar berbahan logam menjadi salah satu penyebabnya.

Maka pada 2000 silam, Eddie Van Halen menjalani operasi dan dinyatakan sembuh pada 2002.

Tapi pada 2012, Eddie menjalani operasi darurat untuk divertikulitis (infeksi saluran pencernaan). Selain itu, ia pun juga berjuang melawan penyakit kanker tenggorokan.

Namun perjuangannya usai setelah Eddie Van Halen dinyatakan wafat di usia 65 tahun pada 6 Oktober 2020.

Itulah fakta Eddie Van Halen. (Rena Pangesti)

Load More