Yohanes Endra Irma Joanita | MataMata.com
Maudy Ayunda dan Nadiem Makarim. (Instagram/@maudyayunda, @nadiemmakarim)

Matamata.com - Maudy Ayunda baru saja berbincang dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Perbincangan keduanya pun mulai dari kegiatan sehari-hari hingga perihal pendidikan di Indonesia pada hari Jumat (27/11/2020).

Keduanya pun bercakap-cakap membahas hal seru soal pekerjaan Nadiem Makarim sebagai Menteri. Nggak disangka, Nadiem Makarim sampai menghela napas dengan pertanyaan Maudy Ayunda.

Maudy Ayunda dan Nadiem Makarim. (Instagram/@maudyayunda)

"Aku penasaran deh dari sebelum Mas Menteri menjabat jadi menteri, apa yang sekarang dari aktivitas keseharian yang paling mengejutkan, dari pekerjaan ini?" tanya Maudy Ayunda.

Baca Juga:
Ditanya Dian Sastro Kapan Sekolah Dibuka, Ini Jawaban Nadiem Makarim

"Huh.........pertanyaan yang bagus..." ujar Nadiem Makariem menghela napas panjang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun langsung memuji pertanyaan Maudy Ayunda kala itu. "Yang paling mengejutkan itu secara personal mungkin profil di publik ya," jawab Nadiem Makarim.

Nadiem Makarim (Suara.com/Ummi Saleh)

Bagi Nadiem Makarim, tampil di publik adalah salah satu hal yang baru bagi dirinya. Ia pun harus beradaptasi dengan jabatan terbarunya ini.

Baca Juga:
5 Potret Rayya Makarim, Kakak Nadiem Makarim yang Dicium Zack Lee

"Iya benar, banyak orang kenal saya waktu di Gojek tapi nggak seperti ini (disorot publik) gitu loh. Mungkin yang paling mengagetkan adalah sebenarnya adaptasi yang dibutuhkan secara personal untuk menjadi pejabat publik. Konsep hubungan dengan masyarakat, sosial media nggak bisa keluar ke jalanan, saya ke restoran apa-apa dicegat orang gitu." ungkap Nadiem.

Nadiem pun sempat kaget saat masuk ke Pemerintahan. Terlebih, ia pernah menjadi sosok biasa dan akhirnya berada di Pemerintahan.

Maudy Ayunda dan Nadiem Makarim. (Instagram/@maudyayunda)

"Kadang-kadang bawaannya kan skeptis ya sama pemerintah. Tapi waktu saya masuk ke Kemendikbud, saya belajar banyak banget orang-orang bagus di dalam Kemendikbud, dan bukan cuma bagus, orang-orang hebat gitu. Tapi banyak dari mereka yang mungkin belum dimerdekakan untuk mencapai hidup mereka," terang Nadiem Makarim.

Baca Juga:
Zack Lee Cium Kakak Nadiem Makarim, Netizen Ribut!

Nadiem Makarim pun menjadikan hal tersebut sebagai motivasi. Ia pun berusaha untuk memaksimalkan talent yang ada di Pemerintahan.

"Ternyata di dalam birokrasi kita, kadang orang luar, anak muda skeptis nih, tapi sebenarnya island of talent itu banyak sekali di pemerintah dan tinggal di buka kuncinya," ujar Nadiem.

Gaya berpakaian Nadiem Makarim disorot. (Instagram/@m.bahrunnajach)

Nadiem juga menyebutkan saat bertemu dengan guru-guru di daerah yang ternyata memiliki hati luar biasa dan pemikiran kritis untuk pembelajaran buat anak-anak. Nadiem Makarim pun sangat bersyukur akan hal tersebut.

Wah, pertanyaan Maudy Ayunda sampai bikin Nadiem Makarim menghela napas nih. Nadiem Makarim pun sampai antusias menjawab perihal hal mengejutkan yang ia tahu setelah jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Gimana nih menurutmu?

Load More