Yohanes Endra Rena Pangesti | MataMata.com
Raffi Ahmad bersama sang istri, Nagita Slavina. (MataMata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - YouTube Rewind 2020 rupanya menyisakan pertanyaan tersendiri di benak penonton. Hal itu adalah ketidakmunculan Raffi Ahmad. Padahal, artis ini termasuk YouTuber dengan belasan juta subscriber.

Chandra Liow sebagai inisiator YouTube Rewind 2020 menjawab rasa penasaran itu. Alasan tak menghadirkan Raffi karena terbentur protokol kesehatan yang ketat.

"Kita kan mau selebrasi creator yang jatohnya udah lama banget sampai sekarang. Ada nama kayak Raffi," kata Chandra Liow di kanal YouTube Tonight Show Net, dikutip Sabtu (23/1/2021).

Baca Juga:
Nagita Slavina Bicara Empat Mata pada Raffi Ahmad soal Poligami

"Tapi kita tuh kayak, guys, kita udah mepet syuting. Kalau undang Raffi, harus siap dengan protokol yang dibutuhkan," imbuh sang YouTuber ini.

Pertimbangan itu bukan tanpa sebab. Lantaran berkaca pada protokol yang ditetapkan Deddy Corbuzier, salah satu pengisi Youtube Rewind.

"Kayak om Deddy Corbuzier aja deh, dia butuh satu ruangan sendiri, terpisah dari orang lain," kata Chandra Liow.

Baca Juga:
Tak Ikut Beri Sumbangan Takut Undang Keramaian, Raffi Ahmad Sindir Siapa?

Jadi, protokol kesehatan bukan hanya dilakukan tim Chandra Liow, tapi juga dari pihak Deddy Corbuzier.

"Dia butuh, ada banyak protokol sendiri. Kita aja udah ada protokol sendiri, dia ada protokol juga," kata sutradara film Bucin ini.

Raffi Ahmad. [Matamata.com/Alfian Winanto]

"Jadi bayangin kalau itu ada di orang-orang lain, kita akan kesulitan," ujarnya lagi.

Baca Juga:
Mama Rieta Ingin Bungkus Makanan Sisa, Merengek ke Raffi Ahmad

Terlepas ketidakhadiran Raffi Ahmad, YouTube Rewind 2020 yang digarap Chandra Liow, Nessie Judge, Aulion, Andovi serta Jovial da Lopez meraih kesuksesan.

Video yang rilis 28 Desember 2020 itu disaksikan 26 juta penonton. Serta menjadi video terlama yang bertengger di posisi satu Trending YouTube.

"Trending 1 sejak 29 Desember sampai 8 Januari 2021. Terima kasih kalian semua yang sudah membuat hal ini menjadi kenyataan," tulis Chandra Liow di Instagram.

Baca Juga:
Kembaran Raffi Ahmad Diajak Melly Goeslaw Rekaman, Siap Debut?

Load More