Ridwan Remin (MataMata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Usai viral video menyinggung Betrand Peto lewat aksi stand up komedinya, Komika Ridwan Remin dilaporkan adik Ruben Onsu, Jordi Onsu. Laporan tersebut kekinian sudah dicabut.

Hal ini disampaikan Susanto selaku Ketua KPAI saat dijumpai di kantornya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021). Kapan Jordi Onsu mencabut laporannya tak dijelaskan secara detail, namun KPAI tetap memprosesnya. "Saya agak lupa tanggalnya terkait pencabutan (laporan)," ujar Susanto.

Baca Juga:
Ridwan Remin Ogah Minta Maaf ke Ruben Onsu: Orang Tersinggung Tidak Apa-Apa

"Tetapi sekali lagi KPAI bekerja tidak semata-mata berbasis pengaduan. Tapi juga berbasis hasil pengawasan," ujar Susanto menambahkan. 

Susanto bilang memang ada unsur pelecehan dalam materi komedi Ridwan Remin itu. Komika jebolan ajang pencarian bakat itu diduga menyinggung Betrand Peto yang statusnya masih di bawah umur. 

"Ya ada (menyinggung Betrand) kata-kata yang memang butuh kami luruskan lah. Tapi Mas Ridwan sudah sangat welcome, ke depan ingin memperbaiki. Saya kira ini tantangan sekaligus peluang untuk semua komedian dan para pekerja seni," tutur Susanto. 

Baca Juga:
Ridwan Remin Penuhi Panggilan KPAI soal Kasus Betrand Peto

Ridwan Remin (MataMata.com/Alfian Winanto)

Ridwan Remin sudah hadir dalam pemanggilan pihak KPAI hari ini ditegaskan oleh Susanto. Ridwan disebut sudah mengklarifikasi dan berniat memperbaiki materi komedinya ke depannya. 

"Ya prinsipnya begini, Mas Ridwan tadi menyampaikan ke kami input yang disampaikan KPAI beliau terima dengan baik. Dan ke depan masukan-masukan KPAI sangat diperhatikan untuk perbaikan," bebernya. 

Lebih lanjut, Susanto menjelaskan terkait adanya pelanggaran pada materi komedi Ridwan Remin. Terutama diksi yang merujuk ke anak yang dibicarakan, dalam hal ini Betrand Peto.

"Menghibur memang harus. Tapi bagaimana punya tanggung jawab memberikan perlindungan kepada anak, agar memilih kata-kata yang aman, diksi yang sehat dan tidak menggunakan kata-kata verbal. Apalagi bermuatan multitafsir yang merapat dengan hal yang tidak kita harapkan," ujarnya.

Ridwan Remin (MataMata.com/Alfian Winanto)

Masih banyak hal-hal yang perlu diklarifikasi dan didalami ditegaskan oleh Susanto. Sehingga, belum tahu ke depannya apakah kedua belah pihak akan dipertemukan atau bagaimana. "Kami masih terus telaah dan nanti akan kami lihat lebih jauh," imbuh Susanto.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ridwan Remin sempat mengunggah video stand up show di channel Youtubenya tahun 2019. Ada bagian ia membicarakan Betrand Peto dan Sarwendah Tan di salah satu bagiannya. Hal itu kemudian menjadi permasalahan hingga akhirnya membuat Jordi Onsu melaporkannya ke KPAI.

Load More