Yohanes Endra Yuliani | MataMata.com
Yuyun Sukawati dan putranya, HAW (mengenakan topeng) yang berusia empat tahun mengadu ke KPAI karena menerima kekerasan dari sang suami, Fadjar Umbara, Rabu (7/4/2021). (Matamata.com/Ismail)

Matamata.com - Yuyun Sukawati diduga mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dari suaminya sendiri, Fajar Umbara selama dua tahun menikah. Rupanya, Yuyun sempat tidak direstui oleh ibunya sendiri sejak awal menikah.

"Jadi awal mula kami ketemu itu di saat aku berusia 16 tahun. Nah, saat itu, ya kami memang dekat dan sama-sama berkarier, sampai akhirnya Fajar ini sering ke rumah ketemu orangtua aku, kenal," kata Yuyun Sukawati ditemui di gedung Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021). 

"Terus lama kelamaan ya Fajar ini tuh deket sama orangtua aku dan sering ikut lah kerja dan tinggal baik di Cirebon atau di Jakarta," sambungnya.

Baca Juga:
Yuyun Sukawati Ungkap Fajar Umbara Pernah Mau Habisi Adiknya Sendiri

Yuyun Sukawati dan putranya, HAW (mengenakan topeng) yang berusia empat tahun mengadu ke KPAI karena menerima kekerasan dari sang suami, Fadjar Umbara, Rabu (7/4/2021). (Matamata.com/Ismail)

Hingga akhirnya, pemeran Santi dalam Sinetron Jin dan Jun itu dilamar dan menikah dengan kakak sutradara Anggy Umbara itu. Tak disangka, sikapnya saat berteman dan menikah berbeda jauh.

Yuyun mengaku, baru satu hari setelah pernikahan, ia langsung mengalami perlakuan kasar dari Fajar Umbara.

"Terus di depan mamah aku, dia tuh nendang pintu kamar anak aku sambil mengeluarkan kata-kata kasar. Kaget lah, di depan mami waktu itu," ujar Yuyun.

Baca Juga:
Yuyun Sukawati Sambangi Komnas Perempuan: Puncak dari Aib yang Ditutupi

Yuyun Sukawati dan Pengacara Lissa V. (MataMata.com/Yuliani)

Saat itu, ibunda Yuyun marah dan menegur Fajar Umbara. Hingga akhirnya, Yuyun disuruh memilih, tetap mempertahankan rumah tangganya atau tinggal bersama Ibunya.

"Mami bilang kok kamu baru sehari aja udah gitu sama anak saya, akhirnya saya disuruh ambil keputusan 'ini mumpung kamu baru nikah, kamu mau pilih mami ama anak atau tetep sama fajar', nah saya bingung waktu itu, makanya itu penyesalan seumur hidup saya," ungkap Yuyun Sukmawati.

Hal itu pun disesali oleh Yuyun hingga saat ini. Bahkan sampai akhir hayat ibunya, ia masih harus berjuang menghadapi sikap kasar suaminya.

Baca Juga:
Yuyun Sukawati Ajak Anak Pindah Apartemen, Ada Banyak Trauma!

"Saya nggak bisa maafin diri saya ke almarhum ibu saya dan anak saya. Saya pilih Fajar pada waktu itu tapi ternyata kalau tidak direstui, saya menderita sama Fajar, dengan hidup kekurangan dan akhirnya dia main tangan, itu sih yang saya sesali," jelasnya.

"Makanya sampai ibu aku meninggal, aku nyesal," pungkas Yuyun Sukawati. 

Yuyun Sukawati Ingin Segera Bercerai dari Fajar Umbara

Baca Juga:
Yuyun Sukawati Bongkar Tabiat Fadjar Umbara: Sering Ngegas dan Main Kasar

Yuyun Sukawati mengatakan bahwa ia tak mau lagi mempertahankan rumah tangganya. "Nggak, nggak (pertahanin lagi) Udah nggak udah, saya cukup sampai sini aja. Saya pengin bahagia, saya nikah juga buat bahagia, bukan buat di sakitin gitu aja," ungkap Yuyun Sukawati di Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021).

Niatan bercerai itu pun diakuinya sudah mantap dan akan disegerakan. Namun, saat ini ia fokus ke pengaduan anak dan meminta perlindungan dari Komnas Perempuan lebih dulu.

"Secepatnya lah segera (cerai) kalau bisa. Tapi kita konsen dulu sama ini kayak dari anak ya bisa segera direalisasikan dulu," sambungnya.

Pesinetron Yuyun Sukawati (MataMata.com/Alfian Winanto)

Yuyun mengaku telah menutup pintu damai dari sang suami. Sebab, selama dua tahun ini ia telah berulang kali meminta maaf dan kembali terjadi perlakuan kasarnya.

"Nggak, kayaknya udah (maafin) terus ya. Udah menutup gitu. Ya masa sih istilahnya aku udah cukup lah dua tahun gitu," tegas Yuyun.

Kedua belah pihak keluarga diakui belum diberitahunya soal niatan ini. Namun ia yakin didukung karena keluarganya sudah paham betul sikap dan perilaku Fajar Umbara.

"Nggak ada sih (omongan) nggak ada, aku nggak ada dari pihak keluarga juga tadi malam aja sempat ada yang telepon ke saya pihak keluarganya dia. Ya dia prihatin sama aku, sudah tau bagaimana karkaternya fajar seperti itu lah memang dari dulu," pungkasnya.

Load More