Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Lagu Butter BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Matamata.com - Boyband terkenal asal Korea Selatan, BTS kembali merilis lagu terbarunya pada 21 Mei 2021 lalu. Lagu terbarunya tersebut berjudul Butter. Butter merupakan lagu BTS yang menggunakan bahasa Inggris kedua setelah lagu “Dynamite” yang dirilis tahun lalu. Lagu Butter yang dibawakan oleh BTS ini sukses mencetak sejarah dalam dunia Kpop karena telah memecahkan rekor di berbagai platform pada hari perilisannya. Setelah lagu ini dirilis juga banyak pengguna TikTok yang memakai lagu Butter ini di videonya, terlebih lagu ini dirilis bertepatan dengan dirilisnya McD BTS Meal di berbagai negara.

Lagu BTS yang berjudul Butter ini ditulis oleh sang leader, RM dengan beberapa musisi ternama Amerika Serikat, seperti Sebastian Garcia, Rob Grimaldi, Alex Bilowitz, Stephen Kirk, dan Jenna Andrews. Musisi Amerika Serikat yang turut menciptakan Butter juga ada yang pernah berperan dalam penciptaan lagu Dynamite. 

Fakta Lagu Butter BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

MV Butter ini mengusung tema era-90an yang menarik perhatian para penggemarnya atau yang biasa disebut ARMY. MV tersebut juga sukses menarik perhatian penggemar di beberapa negara. Lagu berjudul Butter ini juga disebut-sebut akan menjadi salah satu lagu yang diputar pada final perhelatan sepak bola Eropa, EURO 2020. Penasaran apa saja fakta menarik di balik lagu Butter BTS yang akan menjadi lagu pembuka Final Euro 2020 ini?

Baca Juga:
V BTS Kapok Masak Sendiri, Cuma karena Insiden Ini

1. Cetak Rekor di YouTube

Fakta Lagu Butter BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Lagu baru BTS yang berjudul Butter ini berhasil mencetak rekor di YouTube pada saat hari perilisannya. Pada saat dirilis, music video Butter ini mencapai jumlah 3,89 juta penonton pada. Tidak hanya itu, melansir dari Soompi, lagu berjudul Butter ini sukses mencapai jumlah penonton yang sangat banyak hari itu dengan total 200 juta penonton di YouTube.

Lagu Butter ini sukses mengalahkan rekor lagu Dynamite yang sebelumnya dirilis. Lagu Dynamite mencapai angka 200 juta penonton saat setelah dirilis selama 4 hari 12 jam. Sementara itu, Butter mencapai 200 juta penonton setelah dirilis selama 4 hari 1 jam. Bahkan, dalam hitungan menit pun MV Butter ditonton lebih dari 10 juta kali di YouTube. Menakjubkan! 

Baca Juga:
6 Penyanyi Kolaborasi dengan BTS: Ada yang Mau Ciptakan Lagu Baru

2. Cetak Sejarah di Billboard

Fakta Lagu Butter BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Selain mencetak rekor di YouTube, lagu Butter karya boyband yang banyak digandrungi oleh para penggemarnya di seluruh dunia ini juga sukses mencetak sejarah di Billboard. Lagu Butter ini berhasil menduduki puncak Hot 100 Billboard. Billboard Hot 100 merupakan peringkat lagu terpopuler di Amerika Serikat.

Lagu Butter berhasil menduduki puncak Billboard tersebut selama enam pekan. Melalui unggahannya di Instagram dua hari yang lalu, Billboard mengumumkan bahwa lagu Butter masih menduduki puncak Billboard Hot 100. Bahkan, ini merupakan pencetakan sejarah baru. Butter menjadi lagu Asia pertama yang debut di puncak Billboard dan mampu bertahan selama enam pekan berturut-turut di puncak Billboard.

Baca Juga:
7 Fakta Kolaborasi Ed Sheeran dan BTS, ARMY: Makin Tak Sabar!

3. Lagu Bahasa Inggris Kedua Milik BTS

Fakta Lagu Butter BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Setelah merilis lagu berbahasa Inggris berjudul Dynamite untuk pertama kali pada tahun 2020 silam, BTS kembali merilis lagu yang full berbahasa Inggris Lagu tersebut adalah lagu berjudul Butter yang sukses mencetak rekor di YouTube dan Billboard. 

Para member BTS turut berharap supaya lagu Butter ini juga mengikuti jejak kesuksesan lagu Dynamite. Pasalnya, lagu Dynamite dulu juga sukses di kancah internasional hingga masuk dalam nominasi Grammy Awards. Ternyata, lagu bahasa Inggris kedua dari boyband BTS yang berjudul Butter ini juga tidak kalah sukses dengan lagu Dynamite yang bisa sukses dan mencetak rekor. 

4. Tidak Berkaitan dengan Lagu Milik Queen

Fakta Lagu Butter BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Setelah dirilis, lagu Butter juga sempat menjadi perbincangan karena disebut-sebut mirip dengan lagu dari band Queen yang berjudul “Another One Bits The Dust”. 

RM, sang leader BTS lantas membantah pernyataan tersebut dengan menyatakan bahwa lagu Butter ini tidak ada kaitannya dengan lagu milik band legendaris itu.

5. Menjadi Lagu Pembuka Final Euro 2020

Fakta Lagu Butter BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Akhir-akhir ini lagu Butter kembali menghebohkan publik. Pasalnya, lagu Butter disebut-sebut sebagai salah satu lagu yang akan diputar dalam perhelatan final sepak bola Eropa tersebut yang akan digelar di Stadion Wembley, Inggris.

Kabar tersebut mencuat karena twitter UEFA EURO 2020 sempat membuat voting mengenai lagu-lagu yang akan diputar dalam final Euro 2020. Lagu Butter menjadi salah satu lagu yang menjadi kandidat dan akan diputar di final Euro 2020. Kabar ini sontak menghebohkan para ARMY dan para penggemar bola tentunya. Dalam voting online itu, lagu Butter memenangkan voting dengan mendapat suara sebanyak 46,6%.

Demikian fakta-fakta dari Lagu Butter yang disebut-sebut akan menjadi lagu pembuka perhelatan final EURO 2020.

Kontributor: Agatha Vidya Nariswari
Load More